You are currently viewing 8 Cara Mengatur Keuangan dengan Baik dan Optimal

8 Cara Mengatur Keuangan dengan Baik dan Optimal

Cara mengatur keuangan dengan baik merupakan sebuah peta jalan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mencapai kemerdekaan finansial.


Rahmatanlilalamin.or.id – Setiap orang terutama generasi millenial dapat dipastikan memiliki keinginan untuk mencapai kualitas finansial yang independen  atau kemerdekaan finansial di masa depan.

Memiliki kemerdekaan finansial di masa depan tak hanya cukup dengan niat dan keinginan saja. Seseorang perlu memiliki cara yang tepat untuk mewujudkannya.

Adapun salah satu cara mewujudkannya ialah dengan menerapkan cara mengelola keuangan yang baik dan optimal.

Dalam hal ini, setiap orang memiliki cara-caranya tersendiri untuk mengelola keuangan. Hal ini disesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup masing-masing yang jelas berbeda.

Cara Mengatur Keuangan yang Baik dan Benar

Untuk mencapai kemerdekaan finansial di masa yang akan datang, tentunya bukanlah perkara yang mudah. Hal itu tak lain karena setiap hari kita dihadapkan dengan pengeluaran dan berbagai kebutuhan.

Meskipun bukan perkara yang mudah, untuk mewujudkan kemerdekaan finansial kamu mungkin dapat menerapkan beberapa cara mengelola keuangan berikut ini sebagai landasan awal.

Dalam menerapkannya, kamu juga dapat mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya, hal ini bertujuan agar kamu dapat menemukan metode atau cara yang tepat dalam mengatur keuangan.

Berikut adalah 8 cara mengatur keuangan yang baik dan benar untuk mewujudkan kemerdekaan finansial.

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik dan Benar

1. Membuat Anggaran Keuangan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan ialah dengan membuat rencana anggaran keuangan, baik untuk diri sendiri maupun dalam ruang lingkup yang bernama keluarga.

Rencana anggaran keuangan dibutuhkan sebagai acuan dalam segala perhitungan keuanganmu. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, hingga kebutuhan untuk berinvestasi serta akses terhadap layanan kesehatan.

Selain itu, dengan membuat rencana anggaran keuangan kamu dapat menentukan aspek apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan. Hal ini berguna agar setiap pengeluaran yang kamu keluarkan tetap sesuai dengan apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan.

Kemudian dampak yang kamu rasakan nantinya ketika mampu menerapkan dan merealisasikan anggaran keuangan, kamu dapat lebih disipilin lagi dalam menentukan prioritas keuanganmu. Terakhir, rencana anggaran keuangan ini berguna untuk menentukan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan per bulannya.

2. Mulai Belajar untuk Menabung

Menabung hingga saat ini merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh. Terlebih jika saat ini kamu sedang mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih baik.

Namun demikian, menabung bukanlah sesuatu yang ringan dan mudah, ada berbagai ujian dan beberapa hal yang harus korbankan. Untuk melakukannya, kamu harus memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Sebab, dalam menabung kamu harus rela untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk tidak bisa digunakan dalam waktu dekat. Namun, salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar sukses menyisihkan uang untuk menabung ialah dengan cara mengubah gaya hidup secara perlahan.

3. Sebisa Mungkin Hindari Berutang

Dalam kondisi apapun, berutang bukanlah sebuah solusi yang tepat bagi kamu yang sedang berjuang untuk mencapai kemerdekaan finansial. Hal ini dikarenakan dengan berutang kamu harus mengalokasikan penghasilan yang kamu miliki untuk membayar tagihan setiap bulannya.

Untuk mencapai kemerdekaan finansial dan mampu mengatur keuangan dengan baik, mulai saat ini tanamkan dalam diri agar berupaya untuk tidak berutang sedikitpun. Selanjutnya, kamu juga dapat mencoba untuk membayar semua utang yang kamu miliki.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Menurut Sahabat Nabi Salman Al Farizi

4. Buatlah Dana Darurat

Dana darurat adalah anggaran dana yang penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansialmu. Dana darurat menjadi penting untuk kamu miliki sebab ada banyak kejadian mungkin di depan yang tidak dapat kita prediksi, dan untuk mengatasinya kita memerlukan dana darurat.

Dilain sisi, dana darurat juga menjadi salah satu penangkal yang dapat kamu terapkan agar tidak berutang saat kamu terjebak dalam kondisi yang darurat. Jadi, mulai saat ini kamu dapat memulai untuk menerapkan dana darurat sebagai salah satu cara mengelola keuanganmu.

5. Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Pengeluaran dan pemasukan penting untuk kamu catat secara rinci baik setiap hari maupun setiap bulan. Hal ini berguna agar kamu bisa mulai mengeliminasi pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kemudian hari.

Kemudian, dengan melakukan eliminasi terhadap beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu, kamu dapat dengan mudah untuk menyisihkan lebih dana tabungan atau investasi. Semakin besar dana tabungan dan investasi yang kamu sisihkan setiap bulannya, maka hal itu akan memudahkanmu untuk merealisasikan masa depan yang lebih baik.

6. Terapkan Skala Prioritas Keuangan

Skala prioritas penting untuk kamu terapkan agar mampu mengatur keuangan dengan baik dan benar. Hal ini dapat memudahkanmu dalam memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Selanjutnya, dalam menerapkan skala prioritas keuangan, kamu dapat menambahkan skala prioritas berdasarkan jangkauan waktu. Dalam hal ini kamu dapat membagi-bagi anggaran kamu sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, bulanan, hingga masa depan yang lebih panjang lagi.

Dengan mempersiapkan anggaran jangka panjang dalam skala prioritas keuanganmu, kamu dapat memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memiliki rasa aman serta independent dalam aspek finansial di masa depan.

7. Mulai berinvestasi

Investasi juga memiliki peran yang cukup penting dalam mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan kuat. Caranya ialah dengan mengalokasikan dan ke dalam sebuah instrument investasi dan kemudian seiring berjalannya waktu, keuntungan perlahan akan kamu dapatkan.

Dengan demikian, dalam mengatur keuangan pastikan ada alokasi anggaran untuk investasi, berapapun itu. Sebab, investasi menjadi penunjang finansial yang sehat yang mana dengan kondisi tersebut kamu akan dengan mudah merealisasikan kehidupan ideal di masa depan tanpa rasa khawatir.

8. Miliki Bayangan dan Rencana Kehidupan di Masa Depan

Selain beberapa wawasan dan ilmu dasar pengelolaan keuangan yang benar, memiliki bayangan dan rencana masa depan juga termasuk dalam cara mengatur keuangan yang benar.

Hal iti dikarenakan dengan memiliki bayangan dan rencana kehidupan di masa depan dapat menjadi motivasi bagi kamu untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat dan lebih disiplin dalam mengelolanya.

Baca Juga: Tips Atas Krisis Keuangan Keluarga

Lebih dari itu, semakin matang rencana yang kamu miliki di masa depan, maka akan semakin mudah kamu dalam merealisasikannya.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan dengan baik dan benar yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu. Ingat, bahwa uang bukanlah segalanya, akan tetapi dengan memiliki uang kamu dapat melakukan segala hal.

Leave a Reply