3 Cara Mendidik Anak yang Baik

3 Cara Mendidik Anak yang Baik

Anak merupkan karunia terindah yang diberikan oleh Allah swt. kepada sepasang suami-istri. Keberadaan anak dalam suatu keluarga menjadikan keluarga itu terasa lebih hidup, harmonis dan menyenangkan. Dalam islam anak digambarkan sebagai perhiasan hidup dan kesenangan di dunia, Anak juga merupakan amanah besar bagi kedua orang tua yang kelak akan dipertanggungjawabkannya di akhirat.

Orang tua wajib memerlihara, mendidik, menjaga, dan menyantuni anak-anak mereka dengan penuh rasa tanggung jawab dan kasih sayang. Dalam hal ini, islam menjadikan orang tua sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya, khususnya pendidikan keislamannya. Sebagai generasi penerus bagi orang tua dan umat pada umumnya, orang tua harus memastikan bahwa seorang anak harus terbina dengan baik sejak kecil agar kelak anak tersebut menjadi manusia yang berakhlak mulia, memiliki karakter dan bermanfaat bagi semuanya.

Berhasil mendidik anak dengan baik merupakan impian semua orang tua. Dengan demikian orang tua harus memahami beberapa hal terpenting dalam mendidik anak seperti memberikan dan menjadi teladan yang baik bagi mereka. Hal itu dikarenakan setiap manusia melakukan sesuatu pasti berdasarkan contoh dari orang lain dan lingkungannya. Untuk itu penting bagi orang tua agar menjadi tauladan yang baik bagi anak-anaknya sehingga sang anak bisa meniru dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menjadi teladan bagi anak, ada beberapa cara untuk mendidik anak dengan baik sebagai berikut.

1. Menanamkan pemahan tentang agama sejak dini

Pemahaman agama merupakan hal paling mendasar yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Bagi seorang muslim, maka sudah menjadi kewajibannya untuk mengenal dan memahami agama islam dengan baik. Dalam menanamkan pemahaman agama kepada anak, hal pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menanamkan tauhid dan akidah.

Selanjutnya orang tua juga dapat memberikan pemahaman-pemahaman lain kepada anak secara bertahap seperti cara shalat, wudhu, mengaji, menceritakan sirah para nabi dan melatih anak untuk menghafal beberapa do’a-do’a pendek.

2. Mencontohkan dan membiasakan anak untuk berperilaku baik

Orang tua merupakan teladan terdekat bagi seorang anak. Dengan demikian orang tua hendaknya mengikuti teladan terbaik yakni Nabi Muhammad Saw. sehingga banyak hal-hal baik yang bisa dicontohkan kepada seorang anak seperti halnya sedekah kepada fakir miskin, suka menolong, pemberani, sabar, rendah hari, dan menghormati orang lain.

Begitupun dengan kebiasaan lain, orang tua dapat juga mencontohkan kepada anak tentng kebiasaan sehari-hari seperti shalat tepat waktu, berdo’a sebelum melakukan sesuatu, mengucapkan salam, meminta maaf dan beragam akhlak mulia lainnya.

3. Membangun komunikasi yang baik dengan anak

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci paling penting dalam keberhasilan mendidik anak. Salah satu ciri dari komunikasi yang baik adalah dengan adanya keterbukaan antara keduanya, dimana keterbukaan ini mencerminkan adanya rasa saling percaya satu sama lain sehingga dapat membantu dalam proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi masing-masing pihak khususnya anak.

Selanjutnya dalam membangun komunikasi yang baik dengan anak, orang tua harus memberikan rasa nyaman dihati anak ketika anak sedang bercerita. Berikanlah respon positif yang tidak memiliki kesan menggurui atau memerintah, namun lebih kepada perasaan bahwa orang tua sangat memahami mereka.

Berikan juga anak perhatian yang cukup dan sentuhan sebagai bentuk kasih sayang orang tua kepada anak sehingga sang anak merasakan rasa cinta dan kasih sayang orang tuanya setiap saat.