3 Ciri Seorang Muslim Yang Berkualitas

3 Ciri Seorang Muslim Yang Berkualitas

Sahabat, dalam QS Al Imran ayat 134, ada tiga Kualitas Kebaikan yang Allah cintai di dalam diri manusia, jika memilikinya akan dijamin mendapat cinta-Nya. Tiga hal ini bisa jadi mudah untuk dikatakan dan sulit untuk dikerjakan, lantas dengan mengharap ridhonya, mengapa kita tidak mencoba melakukannya.

Berikut adalah tiga kebaikan yang bisa menunjukan kita sebagai muslim yang berkualitas.

  1. Menyedekahkan harta di waktu lapang dan sempit

Seorang muslim yang tangguh ia meyakini bahwa sesungguhnya Allah maha kaya dan hanya dzta-Nya lah yang memberikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup termasuk manusia. Dengan keyakinan tersebut ia senantiasa menyedekahkan harta kekayaannya pada saat-saat yang mudah maupun pada masa yang sulit.

Dengan keyakinannya juga ia tidak takut miskin, kekuranga bahkan kelaparan. Ia terus membelanjakan seluruh hartanya di jalan Allah. Allah pun menyebut orang tersebut sebagai hamba yang penuh dengan kebaikan.

  1. Menahan marah

Marah terkadang bisa menjadi salah satu orang mengekspresikan segala bentuk kecewa, kesal, sakit hati atau apapun itu. namun menahan amarah adalah salah satu kebaikan yang sangat dicintai oleh Allah.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan cinta dari Allah maka ketika marah, telanlah kemarahan itu demi Allah. Dia akan mencintai kita sebagai balasannya. Kita akan melihat rahmat sebelum hari berakhir.

Berikut adalah tips menahan amarah berdasarkan sabda nabi saw.

“Bila salah satu di antara kalian marah saat berdiri, maka duduklah. Jika marahnya telah hilang (maka sudah cukup). “Namun, jika tidak lenyap pula maka berbaringlah.” (HR. Abu Daud, no. 4782. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

  1. Memaafkan orang lain

Allah mencintai orang-orang yang memaafkan orang lain. Dan ingat jika pengampunan itu selalu diulang satu kali, dua kali, tiga kali untuk hal yang sama, kita harus mulai bertanya pada diri sendiri:

“Akankah Allah memaafkan dia, jika saya tidak memaafkan mereka? “Apakah aku terlalu sering memaafkan orang ini karena aku bisa jadi hanya mendukung kejahatan yang mereka lakukan?” Semoga kita dijauhkan dari perasaan dendam ya sahabat.

Menjadi Hamba Yang Dicintai Dengan Menunaikan Sedekah            

Banyak sekali “keutamaan dari sedekah”, terlebih ketika dalam keadaan sulit. Salah satu yang paling utama dari keutamaannya ialah mendapatkan cinta-Nya. Sebab ketika kita mendapatkan cinta-Nya, kita akan lebih dekat dengan-Nya, setiap do’a yang dipanjatkan tidak ada kata lain selain dikabulkan.

Ketika seorang hamba mendapatkan cinta dari-Nya, maka tak lain kehidupannya akan diliputi berbagai keberkahan dan kemudahan, dijauhkan dan dilindungi dari marabahaya, dilindungi dari berbagai perbuatan yang merugikan serta senantiasa diberi petunjuk untuk mengisi setiap detik kehidupannya dengan berbagai kebaikan.

Sahabat, hidup ini akan mudah ketika kita telah menapatkan cinta-Nya. mari kita undang cinta-Nya dengan menunaikan sedekah, terlebih dimasa-masa yang sulit seperti saat ini, sedekah merupakan cara terbaik untuk bersama-sama keluar dari kesulitan yang menimpa semuanya. Lantas sudahkah bersedekah hari ini?

Sedikit atau banyaknya tidaklah menjadi penilaian utama, yang terpenting adalah keikhlasan dalam diri kita, sebab ketika diri ini sudah mampu ikhlas dan yakin akan karunia Allah, sebab semakin yakin dan semakin ikhlas jumlah yang dikeluarkannyapun akan semakin besar.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur memberikan kesempatan kepada sahabat semua untuk bersama-sama mengundang cinta-Nya dengan bersedekah. Adapun sedekah yang terkumpul di yayasan natinya akan disalurkan untuk santunan yatim dan dhuafa’, beasiswa pendidikan, beasiswa tahfidz, pembangunan sekolah dan masjid, pemberdayaan kaum dhuafa’ dan lain sebagainya.

Yuk, tunaikan sedekahmu hari ini di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan menghubungi kami atau langsung transfer ke rekening yayasan. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi sahabat semua. Aamiin