4 Bekal Menjelang Ramadhan

4 Bekal Menjelang Ramadhan

Bekal Menjelang Ramadhan – Sahabat, tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, kurang dari sebulan kita akan kembali berjumpa dengan bulan yang sangat kita rindukan yakni Bulan Ramadhan. Semoga Allah mencukupkan usia kita sehingga dapat mengisi bulan yang penuh berkah itu dengan maksimal.

Bulan Ramadhan adalah bulan diwajibkannya seluruh muslim untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dalam hal ini, Allah swt berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 183 sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa wajib diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS Al Baqarah: 183)

Jika diibaratkan sebagai sebuah sistem, Ramadhan terdiri dari tiga bagian, pertama inputnya ialah iman, kedua prosesnya adalah puasa dan ketiga output atau hasilnya adalah taqwa. Karena itu, kita harus mempersiapkan empat bekal menjelang Ramadhan dibawah ini.

1. Keimanan

Beribadah dibulan Ramadhan merupakan sebuah panggilan iman dalam diri kita. Dengan demikian, dalam mempersiapkan ramadhan ini yang harus pertama kali dibenahi adalah keimanan yang ada dalam diri kita.

Diantara cara untuk membenahi keimanan ialah dengan cara memperbanyak ibadah kepada Allah, menyempurnakan ibadah wajib dan melengkapinya dengan ibadah sunnah. Selanjutnya kita juga bisa memperbanyak taubat dan istighar, memperbanyak waktu untuk memanjatkan do’a, memperbanyak puasa, sedekah dan lain sebagainya.

Sebelum Ramadhan tiba marilah kita terus benahi iman kita agar mampu menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan. Allah akan mengampuni dosa-dosa seorang hamba yang mengerjakan ibadah puasa dengan dasar keimanan.

Rasulullah SAW. Bersabda : “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR Bukhari dan Muslim)

2. Keikhlasan

Setiap ibadah yang kita kerjakan pada dasarnya harus didasari dengan hati yang ikhlas. Tak terkecuali menjalankan berbagai rangkaian ibadah puasa dibulan Ramadhan, kita semua harus menjalankannya dengan hati yang ikhlas.

Dengan demikian, sebelum ramadhan kita mari luruskan kembali niat kita dalam menjalankan ibadah semata-mata hanya mengharap keridhaan Allah Subhanahu Wata’ala.

3. Bekal Ilmu

Kualitas ibadah seseorang dibulan Ramadhan akan sebanding dengan keilmuan yang ia miliki. Semakin tinggi kualitas keilmuannya maka kualitas ibadahnya juga akan semakin baik. Sebab itu, orang yang berilmu akan jauh lebih baik kualitasnya dibandingkan orang yang menunaikan ibadah tanpa ilmu.

Karena itu, sebelum bulan Ramadhan tiba, persiapkanlah bekal ilmu beribadah dibulan Ramadhan, seperti puasa, shalat tarawih, zakat dan lain sebagainya. Ketika seseorang beribadah dengan ilmu, selain menunaikan berbagai rangkaian ibadah dengan kualitas yang baik, ia juga dapat mengambil hikmah dari apa yang ia kerjakannya.

4. Istiqamah

Pada awal bulan Ramadhan, setiap orang pasti bersemangat menjalankan berbagai ibadah dibulan Ramadhan. Mulai dari tilawah, shalat sunnah, sedekah, dzikir dan lain sebagainya. Namun, setelah beberapa hari menjalankan ibadah dibulan Ramadhan semangat itu mulai menurun dan bahkan tak menjalankannya sama sekali.

Dengan demikian, selain beberapa bekal diatas, istiqamah juga menjadi salah satu bekal yang teramat penting dalam menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

Adapun cara untuk menyiapkan diri agar istiqamah dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan diantaranya membiasakan puasa sunnah, shalat malam dan amalan lainnya sebelum Ramadhan tiba sehingga kita tidak mengalami kesulitan selama ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, ketika kita mampu beristiqamah, setelah Ramadhan berakhir kita akan terus menjalankan ibadah sunnah secara konsisten.

Leave a Reply