4 Cara Mengekspresikan Rasa Cinta Kepada Nabi

4 Cara Mengekspresikan Rasa Cinta Kepada Nabi

Kita dipertemukan kembali dengan bulan Rabiul Awal, yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad saw. Sebagai seorang muslim selain memperingati hari kelahirannya kita juga harus meneladani akhlaknya dan kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rasa cinta kepada nabi sudah sepatutnya dimiliki oleh setiap muslim. Seiring dengan peringatan hari kelahiran nabi yang jatuh beberapa saat yang lalu, kita seharusnya merenungkan sebagai seorang yang mengaku mencintai nabi, apa saja yang telah kita lakukan sebagai bukti kecintaan kita nabi.

Dalam mewujudkan rasa cinta kepada nabi, tentunya kita harus melihat apakah yang kita kerjakan itu menambah kecintaan kita kepadanya atau malah menjauhkan diri dari syari’at yang diajarkannya. Berikut adalah beberapa cara mengekspresikan cinta kepada nabi saw. :

Pertama, Memperbanyak shalawat dalam setiap keadaan. Bershalawat merupakan salah satu cara mengekspresikan rasa cinta kita kepada nabi saw. yang sangat mudah untuk dikerjakan, bahkan setiap saat kita bisa melakukannya. Shalawat sendiri memiliki keutamaan yakni meningkatkan cinta kita kepada nabi saw., melancarkan rezeki, melapangkan hati dan keutamaan lainnya.

Allah swt. berfirman : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS al-Ahzab [33]: 56).

Kedua, Mendawamkan sunnah nabi saw. setiap hari. Mengamalkan sunnah nabi merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kecintaan terhadap nabi saw. kita bisa mulai dari mendawamkan shalat sunnah tahajjud, dhuha, tilawah, puasa sunnah, sedekah dan lain sebagainya.

Mengamalkan sunnah nabi saw. tentunya tidak akan merugikan diri kita, bahkan sebaliknya banyak keutamaan yang kita dapat dari mengamalkan sunnah nabi, salah satu contohnya yakni ketika kita melaksanakan shalat tahajjud, kita megetahui bahwa waktu tahajjud adalah waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan do’a. Selain itu mengamalkan sunnah nabi juga dapat menjaga kesehatan kita, baik kesehatan mental maupun kesehatan badan.

Ketiga, Mendakwahkan ajarannya kepada seluruh umat manusia. Dakwah atau menyeru orang lain menuju kebenaran merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dalam berdakwah tentunya kita tidak harus menunggu sempurna terlebih dahulu, sebab dengan berdakwah pada hakikatnya akan membawa kita pada kesempurnaan.

Rasulullah saw. menyerukan kepada umatnya, “Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat”, tentunya hal tersebut menunjukan bahwa tugas mendakwahkan ajaran nabi adalah tugas seluruh umat muslim disamping kewajibannya untuk terus belajar dan memperbaiki diri guna menjadi muslim yang kaffah.

Keempat, Menceritakan sirah atau perjalanan kehidupan nabi. Menceritakan sirah atau perjalanan dakwah nabi saw. akan menumbuhkan rasa cinta kita kepadanya. Selain itu, belajar sirah dan menceritakannya kepada orang lain akan menjadikan kita lebih mengenal nabi saw., Sehingga dengan mengenal beliau kita akan mengambil hikmah dan pelajaran yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sahabat, didalam diri nabi terdapat akhlak yang mulia serta budi pekerti yang luhur. Kita bisa mengambil banyak pelajaran darinya. Sebagai manusia yang paling sempurna akhlaknya  beliau adalah satu-satunya figur manusia yang pantas dijadikan idola bagi kita semua. Allah SWT berfirman : “Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al Ahzab : 21).

Sahabat, semoga kita bisa mengamalkan keempat hal diatas sebagai wujud ekspresi rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw., semoga juga dengan mengamalkan keempat hal diatas dan juga memperingati hari lahir beliau, menjadikan akhlak kita lebih baik, menumbuhkan cinta terhadapnya dan semakin mendekatkan kita dengan Allah swt. Aamiin.