You are currently viewing 4 Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal dalam Al-Quran

4 Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal dalam Al-Quran

Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal – Sahabat, meskipun setiap orang akan mengalaminya, kematian merupakan salah satu perkara yang dirahasiakan oleh Allah SWT. Saat ajal telah tiba, tidak ada satupun orang yang mampu untuk menolak ataupun minta untuk ditangguhkan walau hanya sesaat.

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya, tidak ada satupun yang dapat mendahuluinya dan tidak pula mengundurkannya. Ajal dan kematian bagi manusia adalah pengingat agar kelak ia dapat menemuinya dalam keadaan khusnul khatimah atau dalam keadaan baik.

Hidup yang dijalani saat ini sifatnya sementara dan sangatlah singkat. Dengan demikian, setiap orang dianjurkan untuk mengisi waktu yang singkat ini dengan amal-amal baik agar tidak menyesal di hari kemudian.

Dalam beberapa ayat Al-Quran disebutkan beberapa penyesalan orang yang sudah meninggal. Apa saja yang disesali orang yang sudah meninggal? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Penyesalan karena tidak taat

Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal

Tujuan dari penciptaan manusia dan jin ialah hanya untuk beribadah kepada Allah. Dalam hal ini ibadah bisa dimaknai sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada Rabb-nya. Taat juga dapat dimaknai dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Perintal Allah sudah pasti adalah perintah untuk mengerjakan kebaikan dan larangannya ialah perintah untuk meninggalkan segala perbuatan buruk dan dosa.

Manusia dianjurkan untuk taat terhadap perintah dan larangan-Nya. Adapun bagi yang mengingkari setiap perintah dan melanggar larangan-Nya, maka di akhirat kelak mereka akan menyesali perbuatannya di muka bumi ini. Allah SWT berfirman :

“Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikan dalam neraka, mereka berkata, Alangkah baiknya andaikan kami taat kepada Allah dan tata (pula) kepada Rasul.” (QS Al Ahzab:66)

2. Penyesalan saat menerima catatan amal

Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal

Dari mulai usia baligh setiap insan akan memiliki catatan amal kebaikannya sendiri-sendiri. Catatan amal tentunya menjadi cerminan dari amal yang dikerjakan oleh seseorang. Jika seseorang mengisinya dengan amal baik, maka baik juga catatan amalnya dan juga sebaliknya.

Kurangnya amal baik atau banyaknya amal buruk tentunya akan berdampak pada catatan amal masing-masing. Hal itu menjadi alasan bagi kita untuk terus melakukan banyak amal kebaikan pada setiap detik kehidupan yang dilalui. Buruknya catatan amal akan menjadi salah satu penyesalan seseoorang setelah meninggal kelak. Allah SWT berfirman :

“Adapun bagi orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata ‘Duhai alangkah baiknya andaikan tidak diberikan kepadaku kitabku (ini).'” (QS Al-Haqqah : 25)

3. Penyesalan karena lalai membaca dan mengamalkan Al-Quran

Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi seorang muslim, barang siapa yang mengamalkan dan mengaplikasikan seluruh isinya dalam kehidupan sehari-hari, maka ia akan selamat dan memperoleh kehidupan yang baik. Selanjutnya, banyak sekali keutamaan dari membaca Al-Quran yang dapat dirasakan seseorang ketika ia membacanya.

Diantara keutamaannya ialah memiliki pahala yang berlipat ganda ketika di baca. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa setiap huruf yang dibaca dalam Al-Quran akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan.

Baca Juga : Empat Amalan Penarik Rezeki

Sebagai pedoman bagi kehidupan seorang muslim, tentunya setiap muslim dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Lalai dalam membaca dan mengamalkan Al-Quran akan mengantarkan seseorang pada penyesalan setelah ia meninggal. Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya dia telah menyesatkanku dari Al-Quran ketika Al-Quran itu telah datang kepadaku.” (QS Al-Furqan:29)

4. Penyesalan karena kurang bersedekah

Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal

Sedekah merupakan amal utama bagi seorang muslim, sedekah yang ditunaikan akan menjadi pemberat timbangan kebaikan di hari perhitungan kelak. Tak hanya itu, keutaman sedekah juga dapat dirasakan langsung di muka bumi ini oleh penunainya. Diantara keutamaan sedekah ialah menjadikan hidup lebih tenang dan bahagia serta menjadi pembuka pintu-pintu rezeki.

Setelah meninggal dunia, ada sebagian orang yang menyesal dan memohon kepada Allah agar ditunda kematiannya walau hanya sesaat saja sehingga ia mampu untuk menunaikan sedekah. Allah SWT berfirman:

“Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al-Munafiqun: 10)

Sahabat, menyesal tentunya selalu berada di akhir, agar tidak menyesal di hari akhirat nanti yuk sama-sama kita perbaiki diri kita dan mengerjakan banyak kebaikan. Diantara kebaikan yang bisa sahabat tunaikan ialah berbagi dan bersedekah mengeluarkan sebagian kecil dari harta yang dimiliki. Yuk tunaikan kebaikanmu sekarang dengan mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Leave a Reply