You are currently viewing 6 Manfaat Investasi di Usia Muda ini Wajib Diketahui

6 Manfaat Investasi di Usia Muda ini Wajib Diketahui

Manfaat Investasi di Usia Muda – Sahabat, usia muda merupakan waktu untuk terus bekerja keras dan mencari berbagai bekal untuk kehidupan di usia tua. Baik berupa ilmu ataupun materi berupa aset bekal untuk hari tua harus disiapkan dari usia muda.

Dari segi ilmu, kita bisa mencari dan terus menambah wawasan baik dengan membaca buku, ikut kajian, seminar, dan lain sebagainya. Adapun dari segi materi berupa aset dan harta kekayaan lainnya, kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung dan menambah berbagai aset yang bermanfaat.

Selain menyisihkan uang untuk menabung, investasi juga dapat dijadikan sebagai cara jitu bagi sahabat untuk mengamankan kondisi finansial. Meski sebagian masih banyak anak muda yang masih abai dan memandang sebelah mata investasi yang tersedia, berinvestasi sejak usia muda memiliki manfaat untuk menyelamatkan kondisi keuangan di hari tua.

Manfaat Investasi di Usia Muda
Manfaat Investasi di Usia Muda .

Selain menyelamatkan kondisi keuangan di hari tua, masih banyak manfaat investasi di usia muda, apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Membantu dalam menyusun skala prioritas

Mengatur atau menyusun skala prioritas merupakan bagian yang agak sulit dilakukan saat usia muda. Dalam hal ini, investasi bisa membantu dalam mengatur skala prioritas, menyisihkan beberapa persen pendapat untuk berinvestasi secara tidak langsung menyadarkan kita bahwa investasi lebih penting daripada menghamburkan uang.

Dengan demikian, investasi dapat menjadikan kita lebih mendahulukan kebutuhan yang lebih penting dan mendesak.

2. Menghindari sifat boros

Investasi bisa jadi cara sederhana untuk menghindari sifat boros dan menghamburkan uang. Setelah menerima gaji bulanan, dengan berinvestasi kamu akan meninggalkan kebiasaan boros seperti membeli barang yang tidak perlu atau bergaya hidup mewah yang menjadikan uang gajianmu tak memiliki manfaat.

3. Memiliki dana tak terduga

Dengan menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi, sahabat bisa memiliki dana tak terduga atau dana cadangan sendiri. Misalanya, sahabat membeli beberapa gram emas untuk berinvestasi, kemudian dalam beberapa tahuh ke depat sahabat membutuhkan dana mendadak, nah sahabat bisa menjual emas yang dimiliki dan juga memiliki keuntungan dari sana.

4. Mampu mengatur keuangan sendiri

Tak hanya menjadi solusi untuk menjaga keuangan agar tetap aman, investasi juga sebenarnya mengajarkan kita banyak hal, salah satunya adalah belajar mengatur keuangan sendiri. Misalkan sahabat memiliki keinginan untuk berinvestasi saat gajian, dan pada saat yang bersamaan sahabat akan berpikir keras agar seluruh kebutuhan pokok terpenuhi tanpa menunda niat untuk berinvestasi.

Manfaat Investasi di Usia Muda
Berinvestasi jadikanmu mampu mengatur keuangan sendiri.

5. Mengamankan gaji bulananmu

Berinvestasi secara tidak langsung mengamankan gaji bulananmu dari pengeluaran yang tidak perlu. Artinya, dengan berinvestasi sama halnya kita belajar berhemat dan mengatur cash flow secara bersamaan. Pada akhirnya, kita tak lagi membuang uang untuk membeli ini itu yang tidak perlu sehingga keuanganmu akan berjalan sebagaimana mestinya.

6. Menyiapkan masa depan yang lebih matang

Seperti dituliskan di awal artikel ini, salah satu cara jitu untuk menyiapkan masa depan yang lebih matang ilah dengan berinvestasi. Jika dengan menabung sahabat hanya mampu menyimpan uang dalam jumlah yang banyak, lain halnya dengan investasi.

Baca Juga : Jangan Boros, Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian

Dengan berinvestasi, uangmu akan diputar dan sahabat bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Hal demikianlah yang menjadikan masa depanmu lebih aman.

Dalam beninvestasi, selain memperhatikan manfaatnya anak muda juga harus memahami resiko dari investasi itu sendiri. Bagi sahabat yang baru memulai, agar investasinya aman dan tidak terlalu memiliki resiko yang besar, maka sahabat bisa menjajal investasi seperti emas, obligasi, reksadana, dan investasi yang aman lainnya.

Leave a Reply