You are currently viewing 6 Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

6 Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan – Sahabat, Alhamdulillah musim hujan telah tiba. Hujan merupakan anugerah dan nikmat yang diberikan Allah kepada manusia. Sebagai nikmat yang wajib disyukuri, hujan juga mengandung banyak manfaat bagi seluruh makhluk-Nya di muka bumi ini.

Dengan rintik-rintik air yang turun dari langit, pemandangan jadi sejuk dan suasana jadi lebih tenang. Sebuah keindahan bagi hamba-hamba Allah yang selalu bertafakur dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan padanya.

Saat musim hujan tiba, tentunya kita harus menyiapkan berbagai hal agar hujan tak jadi alasan bagi kita tidak beraktivitas. Sedia payung sebelum hujan mungkin menjadi istilah yang sangat sering kita dengar saat musim penghujan. Namun, di tengah kondisi yang kita hadapi saat ini, ada imunitas yang harus sangat kita jaga agar tubuh ini tetap sehat dan bugar.

Agar imunitas tetap terjaga dan bisa tetap beraktivitas di musim hujan, yuk lakukan enam tips jaga imunitas saat musim hujan berikut ini.

1. Bawa payung dan jas hujan sendiri

Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, pastikan payung dan jas hujan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib sahabat bawa ketika beraktivitas di luar rumah. Payung dan jas hujan menjadi perlengkapan sederhana yang sangat kita perlukan saat kita terjebak hujan dalam perjalanan.

Dengan membawa payung dan jas hujan, sahabat menjadi tidak perlu berteduh menunggu hujan reda dan aktivitas dapat berjalan tanpa harus ada yang tertunda. Akan tetapi, jika kondisi badan kurang sehat, pastikan sahabat jangan memaksakan untuk hujan-hujanan dan carilah tempat yang aman untuk berteduh.

2. Jangan lupa bawa masker dan baju ganti

Jaga imun saat hujan

Masker menjadi perlindungan wajib di tengah kondisi pandemi yang sama-sama kita hadapi saat ini. Menghadapi musim penghujan, pastikan sahabat selalu membawa masker ganti sebagai cadangan disaat masker yang dikenakan basah atau terkena air hujan.

Tak hanya masker, sahabat juga bisa membawa pakaian ganti untuk jaga-jaga jika pakaian yang dikenakan basa kuyup terkena air hujan. Tentunya sahabat pasti memahami jika pakaian yang basah terkena air hujan sangat tidak nyaman untuk dikenakan.

3. Jaga pola makan sehat

Jaga imun saat hujan

Musim hujan memang sangat cocok untuk mencicipi makanan-makanan yang hangat seperti mie instan. Meskipun terasa cocok untuk makanan seperti mie instan, pastikan sahabat juga memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan minum vitamin.

Pola makan yang sehat menjadi salah satu faktor yang menjadikan imunitas tubuh kita tetap terjaga. Nah, agar imunitas tetap terjaga di musim penghujan, jagalah pola makan sehat dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Jangan lupa gerakan tubuh dengan berolahraga

Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Musim hujan memang sangat mendukung bagi kita untuk terus rebahan. Rebahan memang menyenangkan, akan tetapi jangan keasikan dan berlebihan. Pastikan sahabat menjalankan olahraga secara rutin agar kesehatan tetap terjaga. Olahraga juga tak meski mengharuskan kita hujan-hujanan, dalam hal ini sahabat bisa melakukan olahraga sederhana di dalam rumah.

5. Istirahat yang cukup

Agar aktivitas esok hari tetap lancar dan imunitas tetap terjaga, pastikan sahabat beristirahat dengan cukup. Terlebih di musim penghujan yang banyak sekali bakteri yang mudah menyebar dan menular, menjaga istirahat yang cukup penting sekali agar tubuh tetap bugar.

Baca Juga : Doa Saat Hujan Lebat

6. Jangan lupa berdoa

Jaga imun saat hujan

Selain menjaga kesehatan dengan segenap ikhtiar yang kita lakukan, jangan lupa untuk terus memanjatkan doa agar kita terlindung dari berbagai penyakit. Adapun contoh doa yang dapat dipanjatkan agar terhindari dari berbagai macam penyakit adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, berilah aku dan keluargaku kesehatan dan terlindung dari berbagai macam penyakit. Aamiin ya rabbal alamin.”

Leave a Reply