You are currently viewing 8 Skill Ini Wajib dimiliki Pekerja di Era Modern

8 Skill Ini Wajib dimiliki Pekerja di Era Modern

Skill Pekerjaan yang Wajib Dimiliki – Persaingan dunia kerja yang sangat ketat menuntut semuanya untuk memiliki skill yang mumpuni agar mampu bersaing. Skill ini menjadi penting dalam dunia kerja khususnya bagi para fresh graduade guna dapat meraih pekerjaan impian.

Mungkin tidak sedikit yang bertanya apa saja skill pekerjaan yang wajib dimiliki oleh pekerja?

Bagi sahabat yang akan terjun ke dunia pekerjaan, setidaknya ada delapan skill pekerjaan yang wajib dimiliki. Skill tersebut biasanya disebut sebagai employability skill atau soft skill. Soft skill menjadi penting karena dapat menjadikan sahabat semua menonjol dalam melaksanakan pekerjaan.

Meskipun minim pengalaman, dengan memiliki dan terus meningkatkan soft skill yang dimiliki agar mampu menarik perhatian perusahaan.

Kira-kira apa saja skill tersebut? Yuk simak 8 skill pekerjaan yang wajib dimiliki oleh pekerja modern sebagai berikut.

1. Etika

Dalam dunia kerja, etika memiliki pengertian yang luas. Dalam hal ini, etika merangkum kemampuan pekerja dalam kedisiplinan kerja hingga interaksi dengan rekan kerja yang lainnya. Perusahaan biasanya menginginkan setiap pekerja atau pegawainya mengerti dan mengikuti seluurh aturan perusahaan, jujur, disiplin, dan dapat dipercaya. Etika juga erat kaitannya dengan profesionalisme kerja dan tanggung jawab.

Skill Pekerjaan yang Wajib Dimiliki

2. Komunikasi yang Baik dan Efektif

Keterampilan komunikasi menjadi salah satu penilaian penting perusahaan terhadap pekerjanya. Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif menjadi faktor terpenting dalam menunjang kesuksesan pekerja. Meskipun sahabat memiliki segudang keterampilan yang dapat menunjang pekerjaan sahabat, semuanya belum lengkap tanpa adanya keterampilan berkomunikasi yang baik.

Perlu diingat bahwasannya keterampilan komunikasi yang baik dan efektif secara personal mampu memuluskan semua tugas,seperti mengungkapkan ide, negoisasi, ataupun presentasi.

3. Kemampuan Berorganisasi dan Manajemen Diri

Keterampilan dalam berorganisasi dapat membantu kita menangani tanggung jawab dengan lebih baik. Kemudian keterampilan manajemen akan membuat segalanya lebih tertata, hal ini memungkinkan sahabat bekerja sesuai dengan deadline yang dibuat oleh diri sendiri ataupun pimpinan. Kedua keterampilan ini memunglinan sahabat bekerja lebih disiplin, mencapai target, memprioritaskan tugas-tugas secara efektif dan mencari solusi dari sauatu masalah sebelum menjadi besar.

Skill Pekerjaan yang Wajib Dimiliki

4. Keterampilan Negoisasi

Keterampilan dalam bernegoisasi sangat berguna dalam berbagai posisi dalam perusahaan. Sahabat dapat menggunakan keterampilan ini untuk tujuan-tujuan tertentu seperti mendapatkan klien baru atau mencapai kesepakatan dengan partner yang potensial.

5. Berdaya Pikir Kritis

Berpikir kritis merupakan proses penyelesaian masalah yang memungkinkan sahabat menemukan dan mengatasi kelemahan atau kesalahan dalam lingkungan kerja sahabat. Hal ini memungkinkan terciptanya solusi yang kreatif untuk setiap masalah yang ada.

Memiliki daya pikir yang kritis memungkinkan sahabat mampu mengakui, menganalisis, menyelesaikan masalah tanpa banyak pengaruh dari luar dan selalu mencari perbaikan untuk ditambahkan ke dalam sistem.

Baca Juga : Bekerja, Aktivitas Sehari-Hari Penghapus Dosa

6. Kerja Sama Tim

Memiliki kemampuan kerja sama tim menjadi hak yang sangat penting dalam menunjang karir. Hal itu dikarenakan banyaknya karyawan yang mampu bekerja secara individu dengan baik akan tetapi merasa kesulitan ketika harus bekerja dalam tim. Hal seperti ini menjadi hambatan tersendiri dalam kinerja tim, untuk itu kemampuan kerja sama tim harus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Skill Pekerjaan yang Wajib Dimiliki

7. Percaya Diri

Mungkin sebagian orang memahami percaya diri sebagai sebuah sifat, akan tetapi hal itu bisa diperoleh, diasah dan dikembangkan sebagai sebuah keterampilan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, sahabat bisa memulainya dengan memulai latihan dalam beberapa bidang yang diinginan. Semakin sering melakukan sesuatu yang diminati tersebut, maka semakin percaya diri sahabat dalam melakukannya.

8. Menguasai Teknologi

Ditengah kemajuan ilmu pengetahuan saat ini, teknologi merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam hal pekerjaan. Kemampuan teknologi terdiri dari berbagai aspek, mulai dari mampu menggunakan perangkat komputer/laptop, mengoperasikan microsoft office , hingga kemampuan mengedit gambar, video, atau coding menjadi nilai tambah bagi sahabat dalam bekerja.

Leave a Reply