Adaptasi Kebiasaan Baru, Saatnya Hidup Lebih Sehat

Adaptasi Kebiasaan Baru, Saatnya Hidup Lebih Sehat

Adaptasi Kebiasaan Baru merupakan salah satau cara untuk beradaptasi dengan virus corona atau covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah sejak Juni 2020. Sejak itu juga, sejumlah sektor yang sebelumnya ditutup karena pandemi Covid-19 berangsur dibuka.

Pada dasarnya Adaptasi Kebiasaan Baru ini dicanangkan dengan tujuan agar masyarakat dapat beraktivitas kembali dengan pola penyesuaian yang berlaku ditengah pandemi covid-19. Sehingga pada era Adaptasi ini masyarakat harus mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Diantara budaya hidup sehat yang bisa dilakukan di dalam masa Adaptasi ini ialah dengan berolahraga secara teratur guna meningkatkan imunitas ditengah pandemi ini. Dimana imunitas tubuh sangatlah penting untuk tetap dijaga dan terus ditingkatkan dimasa pandemi ini, sehingga dengan imunitas tubuh yang kuat, sedikit sekali kemungkinan untuk terpapar virus tersebut.

Pandemic Covid-19 yang mulai mewabah di Indonesia sejak awal tahun ini sangat berdampak pada sektor perekonomian masyarakat ditandai dengan menurunnya daya beli masyarakat serta menurunnya konsumsi di masyarakat. Selain itu, pandemi ini juga menyebabkan peningkatan terhadap pembelian makanan siap saji ditengah masyarakat, sehingga konsumis sayur berkurang.

Selanjutnya, dengan kondisi yang mengharuskan masyarakat berdiam diri dan melakukan hampir seluruh aktivitasnya di rumah membuat masyaraat cenderung memilih makanan yang kurang sehat. Bekerja di rumah dan pembelajaran daring menyebabkan keluarga lebih banyak menyajikan makanan ringan serta makanan dalam kemasan yang berpotensi besar untuk meningkatkan berat badan.

Selain itu, dengan berada di rumah dalam waktu yang cukup lama atau juga bisa seharian menyebabkan kurangnya konsumsi air putih. Dimana air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Makanan dan minuman merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan, terlebih ditengah pandemic ini. Untuk itu dalam menghadapi era adaptasi baru  ini, kita semua dianjurkan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh, disamping harus menjalankan protokol kesehatan di era adaptasi baru ini.

Para pakar kesehatan masyarakat mengingatkan kepada seluruh masyarakat  untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru ini. Meski sejumlah sektor telah dibuka, bukan berarti Covid-19 telah usai. Masyarakat harus semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindari dari pen ularan Covid-19.

Sebelumnya pemerintah telah melakukan bebagai cara untuk mengedukasi masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk memulai era adaptasi kebiasaan baru, sehingga ketika masyarakat disiplin maka akan menimbulkan kenyamanan bersama, baik dengan berkurangnya angka penyebaran virus maupun kenyamanan dalam melaksanakan seluruh aktivitasnya, terlebih ketika berada di luar rumah.

Adapun himbauan atau edukasi yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan berhasil tanpa ada realisasi dari individu-individu dalam masyarakat. Dalam hal ini Masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menggunakan masker, jaga jarak dan selalu menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan istirahat yang cukup.

Yuk jalani era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini dengan penuh kedisiplinan, baik itu dalam menjalankan protokol kesehatan ataupun dalam menjaga asupan makanan. Semoga dengan disiplinnya sahabat semua menjadi salah satu faktor dari cepatnya pandemic ini berakhir.