You are currently viewing Alasan Kenapa Muharam Disebut Sebagai Bulan Mulia

Alasan Kenapa Muharam Disebut Sebagai Bulan Mulia

Rahmatanlilalamin.or.id – Diantara dua belas bulan yang ada dalam Kalender Islam (Hijriyah) terdapat empat bulan haram yang dimulaikan Allah yakni bulan Muharam, Rajab, Dzulqodah, dan bulan Dzulhijah.

Pada keempat bulan tersebut umat Islam dianjurkan untuk menghindari peperangan dan pertumpahan darah kecuali diperangi terlebih dahulu dan juga dilarang untuk menganiaya diri sendiri dengan perbuatan dosa. Allah SWT berfirman dalam QS. At-Taubah ayat 36 sebagai berikut.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

Artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Muharam sebagai salah satu bulan yang diharamkan merupakan bulan pertama dalam Kalender Islam sehingga umat Islam memperingati 1 Muharam sebagai tahun baru Islam.

Dengan keutamaan yang ada didalamnya, bulan Muharam disebut sebagai Syahrullah (bulan Allah) yang menjukan keagungan dan kemulaian bulan tersebut.

Alasan Kenapa Muharam Disebut Sebagai Bulan Mulia

Bulan Muharam sebagai bulan pertama dalam kalender Islam disebut sebagai bulan mulia. Berdasarkan keutamaan dan anjuran-anjuran yang ada dalam bulan tersebut, berikut adalah beberapa alasan kenapa bulan Muharam disebut sebagai bulan mulia.

1. Dilarang melakukan pembunuhan

Alasan pertama dinamakan bulan Muharam ialah berasal dari kata haram yang kemudian diantara maknanya ialah larangan. Hal ini menegaskan pada bulan ini umat Islam dilarang untuk melakukan peperangan atau pertumpahan darah.

Larangan tersebut menandakan bahwa pada bulan ini tidak boleh ada seorang pun yang membunuh manusia lainnya.

2. Dilarang melakukan maksiat

Alasan kedua kenapa Muharam disebut sebagai bulan mulia ialah karena pada bulan ini umat Islam dilarang untuk menganiaya dirinya sendiri dengan perbuatan maksiat dan dosa. Meskipun pada dasarnya perbuatan maksiat dilarang setiap saat termasuk bulan lain, larangan tersebut amat ditegaskan pada bulan Muharam ini, sebab bulan Muharam adalah bulan Allah (Syahrullah).

Baca Juga : Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharam

3. Pantang untuk tidak beramal baik

Alasan selanjutnya ialah karena pada bulan ini merupakan momen bagi umat Islam untuk menghiasi kesehariannya dengan amalan-amalan yang baik seperti berpuasa sunah, sedekah, silaturahmi, dan lain sebagainya.


Tunaikan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Tekan tombol berikut ini untuk menunaikan donasi terbaikmu.

Leave a Reply