You are currently viewing Amalan Ini Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji

Amalan Ini Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji

Amalan Setara Haji –  Untuk kedua kalinya umat islam di tanah air harus menerima kabar yang kurang menyenangkan. Beberapa waktu lalu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan  bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia untuk tahun 1422 H/2021 M.

Berdasarkan keterangan yang disampaikannya, di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang masih melanda dunia, kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.

Mendengar informasi ini, mungkin ada sebagian yang kecewa ataupun pasrah. Hal itu bisa jadi karena ibadah haji memang sebuah ibadah yang selalu diidam-idamkan oleh setiap muslim. Setiap muslim pasti menginginkan dirinya menjadi tamu-Nya di Baitullah serta dapat melihat Ka’bah dari dekat dan menyentuhnya. Melihat Ka’bah secara langsung dapat menimbulkan rasa haru dalam diri insan yang beriman.

Akan tetapi, Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW menyatakan, pergi haji adalah bagi orang yang mampu. Kata mampu disini bukan hanya mencakup perkara finansial saja, akan tetapi perkara-perkara lain yang lebih luas yakni kesehatan fisik dan mental.

Batal untuk pergi haji tentunya menjadi perkara yang cukup menyedihkan. Terlebih saat ini untuk menunaikan ibadah haji, umat islam harus antri bertahun-tahun lamanya. Meski ibadah haji tahun ini batal, kesempatan meraih taqwa masih sangat terbuka lebar. Dalam hal ini, Rasulullah menunjukan beberapa amalan yang insyaallah pahalanya diganjar setara dengan ibadah haji. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Berbakti Pada Orang Tua

Amalan Setara Haji

Berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang mulia. Lebih dari itu, berbakti pada orang tua insyaallah akan diganjar dengan pahala setara pergi ke Baitullah. Rasulullah SAW bersabda, “Bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Jika engkau berbuat baik kepadanya, statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam al-Ausath).

Kemudian bagaimana dengan seorang yatim atau piatu? Untuk seorang yatim atau piatu bukti baktinya dapat ditunjukan dengan kebiasaan mendo’akan kebaikan bagi orang tuanya. Sebab, salah satu amalan yang tak putus dan akan terus mengalirkan pahala ialah doa dari anak yang shaleh.

Duduk di Majelis Dzikir atau Ilmu

Amalan Setara Haji

Seorang yang pergi dari rumah untuk menuntut ilmu khususnya ilmu-ilmu agama ia akan memperoleh pahala setara berhaji ke tanah suci.

Dari Abu Umamah RA, diketahui bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang berangkat ke masjid, sedangkan yang diinginkannya hanyalah belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam al-Kabir).

Memperbanyak Dzikir

Amalan Setara Haji

Berdzikir merupakan salah satu amalan shaleh yang bisa dikerjakan oleh setiap muslim dimanapun dan kapanpun. Berdzikir juga dapat menjadikan seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Dalam hal ini seorang muslim yang mampu berdzikir akan diberikan ganjaran setara dengan orang yang melaksanakan ibadah haji, umrah, jihad ataupun bersedekah.

Ada kaum miskin menghadap Nabi SAW. Mereka berkata, “Orang-orang kaya itu pergi membawa derajat yang tinggi dan kenikmatan yang kekal. Mereka shalat, seperti kami shalat. Mereka puasa, seperti kami berpuasa. Namun, mereka memiliki kelebihan harta sehingga bisa berhaji, berumrah, berjihad serta bersedekah.”

Rasulullah bersabda, “Maukah kalian aku ajarkan suatu amalan yang dengannya kalian akan mengejar orang yang mendahului kalian itu dan dengannya pula dapat terdepan dari mereka? Kalian bertasbih, bertahmid, dan bertakbir di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali.” Seorang sahabat bertanya tentang bacaan zikir. Nabi menjelaskan, “Ucapkanlah subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar, sampai 33 kali.” (HR Bukhari).

Baca Juga : Nilai Penting yang Terkandung dalam Ibadah Qurban

Diatas adalah beberapa amalan yang bisa sahabat kerjakan untuk meraih pahala setara dengan ibadah haji. Disamping itu, mari kita doakan semoga pandemi ini segera berakhir sehingga pengadaan ibadah haji dan umroh bisa berjalan normal kembali seperti sedia kala.

Selain ibadah haji, pada bulan Dzulhijah juga seluruh umat muslim khususnya mereka yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban. Dimana ibadah qurban ini merupakan amalan terbaik dan dicintai Allah pada hari raya Idul Adha.

Sahabat bisa menunaikan ibadah qurban tahun ini bersama yatim dan dhuafa’ di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Untuk tunaikan qurban Idul Adha tahun ini, sahabat bisa mengaksesinya disini.

Leave a Reply