You are currently viewing Ketahui 10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Sebaiknya Kamu Kerjakan, Apa Saja?

Ketahui 10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Sebaiknya Kamu Kerjakan, Apa Saja?

Rahmatanlilalamin.or.id – Umat Islam memiliki dua hari besar yakni hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha yang dirayakan setiap tahun. Dan insyaallah beberapa saat lagi kita akan disampaikan pada hari raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari.

Idul Adha selain identik dengan ibadah haji dan penyembelihan hewan qurban bagi sebagian muslim yang melaksanakannya, ternyata ada beberapa amalan sunnah Idul Adha lain yang dapat dikerjakan oleh umat Islam.

Amalan tersebut telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan jika dilaksanakan dengan baik tentu akan mendapatkan banyak keutamaan.

10 Amalan Sunnah Idul Adha

Amalan Sunnah Idul Adha

Perayaan hari raya Idul Adha yang hanya dilakukan satu tahun sekali menjadikannya sebagai momen terbaik bagimu untuk mengerjakan banyak amalan sunnah disamping amalan yang paling dianjurkan yakni qurban.

Berikut adalah 10 amalan sunnah Idul Adha yang dapat kamu kerjakan dengan sebaik-baiknya untuk meraih keutamaan pada hari tersebut.

1. Mengumandangkan Takbir

Amalan sunnah Idul Adha yang pertama ialah mengumandangkan takbir pada malam hari raya baik di mesjid, mushola ataupun di rumah-rumah.  Mengumandangkan takbir sendiri dianjurkan sejak terbenamnya matahari sampai Imam naik mimbar untuk khutbah pada saat shalat Ied dan berakhir pada hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijah.

2. Mandi Sebelum Shalat Ied

Amalan sunnah berikutnya ialah mandi besar dahulu sebelum melaksanakan shalat Ied. Hal ini dapat dikerjakan mulai dari pertengahan malam, sebelum waktu subuh dan yang paling utama adalah sesudah waktu subuh tepatnya sebelum berangkat ke lapangan atau mesjid untuk shalat Ied.

3. Mengenakan Pakaian Terbaik Saat Shalat Ied

Dianjurkan bagi kamu yang hendak melaksanakan shalat Ied untuk mengenakan pakaian terbaik, maksudnya pakaian yang paling bagus yang dimiliki.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menyampaikan perintah kepada umat Islam untuk memakai pakaian terbaik di hari raya. Daru Ali bin Abi Thalib RA berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya” (HR. Hakim)

4. Memakai Minyak Wangi

Memakai minyak wangi menjadi sunnah yang dapat kamu lakukan saat melaksanakan shalat Idul Adha. Tentunya dalam memakai minyak wangi dianjurkan agar secukupnya supaya tidak mengganggu orang lain yang berada di sekitar kita.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya dan memakai minyak wangi” (HR. Hakim)

5. Berjalan Kaki ke Mesjid atau Lapangan Tempat Shalat Ied

Jika jarak rumah ke masjid atau lapangan tempat shalat Ied terjangkau, sebaiknya kamu berjalan kaki ke tempat tersebut untuk meraih salah satu sunnah yang dicontohkan Rasulullah.

Hal itu seperti yang disebutkan dalam hadits nabi berikut ini. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya dan memakai minyak wangi” (HR. Hakim)

6. Memilih Jalan Berbeda Saat Pulang

Memilih jalan yang berbeda saat pulang shalat Ied menjadi salah satu sunnah yang dapat dikerjakan pada hari raya Idul Adha. Dalam sebuah hadits disampaikan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Id, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.“ (HR. Al Bukhari).

Selain merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan, memilih jalan berbeda saat pulang shalat ied jiga memiliki berbagai hikmah yang dapat kita ambil.

Misalnya dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan orang banyak, melihat kondisi sekitar yang mungkin jarang diketahui, dan membuka jalan kebaikan lain seperti menolong orang yang membutuhkan dan tidak terjangkau bantuan.

7. Berangkat Lebih Awal

Menyegerakan atau berangkat lebih awal untuk melaksanakan shalat ied dapat kita lakukan agar lebih tenang dan tidak terburu-buru.

Selain itu, hikmah berangkat lebih awal ialah membuka peluang atau kesempatan bagi kita untuk lebih banyak mengumandangkan takbir dan berdzikir sehingga mendapatkan keutamaan yang lebih.

8. Menahan Makan dan Minum Sebelum Shalat Ied

Pada hari raya Idul Adha umat Islam disunnahkan untuk menahan makan dan minum sebelum melaksanakan shalat Ied di masjid atau lapangan. Selanjutnya, setelah shalat Ied selesai dianjurkan untuk segera makan dan minum.

9. Mendengarkan Khutbah

Hukum mendengarkan khutbah saat shalat Ied adalah sunnah,Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya kami berkhotbah, barang siapa yang mendengarkannya maka duduklah dan barang siapa yang ingin pergi maka pergilah.” (H.R. Abu Dawud, An Nasai Dan Ibnu Majah)

10. Mengajak Wanita Haid dan Anak-Anak mendengarkan Khutbah

Rasulullah SAW memerintahkan wanita atau anak-anak untuk mendengarkan khutbah di pinggi lapangan tempat shalat bagi yang sedang berhalangan (haid).

Ummu Athiyyah RA, Ia berkata :“Kami diperintahkan untuk keluar (ketika hari raya), maka kamipun mengajak keluar para wanita haid, para gadis, dan wanita pingitan. Adapun para wanita haid, mereka menyaksikan kegiatan kaum muslimin dan khutbah mereka, dan menjauhi tempat shalat,” (HR. Bukhari 981, Muslim 890).

Dengan landasan hadits diatas, para ulama memperbolehkan perempuan yang sedang haid untuk ikut menyimak khutbah yang disampaikan dalam rangkaian shalat Ied. Tujuannya agar mereka dapat mengambil hikmah dari nasihat-nasihat baik yang terdapat dalam khutbah tersebut.

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah yang Pahalanya Terus Mengalir

Demikianlah beberapa amalan sunnah di hari raya Idul Adha yang dapat kamu kerjakan, kira-kira sahabat yatim lebih sering mengerjakan yang mana? Semoga kita semua mampu melaksanakan berbagai sunnah pada hari raya Idul Adha dan meraih keutamaan-keutamaannya.

Idul Adha sebentar lagi akan tiba, bagi kamu yang belum daftar bisa daftar segera dengan menekan tombol ‘Bismillah Qurban’ di bawah ini.

Leave a Reply