Anjuran Menjaga Kesehatan Bagi Seorang Muslim

Anjuran Menjaga Kesehatan Bagi Seorang Muslim

Sehat merupakan kondisi fisik dimana semua fungsi tubuh berjalan dengan baik dan optimal. Untuk tetap sehat tentunya semua orang harus menjaga kesehatan, sebab ada istilah bahwa menjaga akan jauh lebih baik daripada kita harus mengobati.

Sahabat, ketika sakit datang menghampiri tubuh, bukan hanya harus mengobati sakit yang kita alami, melainkan kita juga harus kehilangan berbagai kenikmatan baik itu makan dan minum, berkumpul bersama keluarga, bekerja dan bahkan kenikmatan dalam beribadahpun akan hilang ketika tubuh ini berada dalam keadaan sakit.

Sebagai agama yang sempurna, islam telah menetapkan berbagai prinsip-prinsip dalam menjaga kesehatan tubuh. Adapun diantara cara islam menjaga kesehatan ialah dari mulai menjaga kebersihan dengan cara menjalankan wudhu dan mandi rutin bagi setiap muslim.

Tidak ada sesuatu yang berharga dalam hidup ini kecuali kesehatan. Karena itu, hendaklah hamba Allah bersyukur atas nikmat sehat yang telah diberikan olehnya dan senantiasa berikhtiar untuk menjaganya agar bisa beribadah kepada-Nya dengan penuh kekhusyuan.

Waktu sehat adalah waktu yang sangat berharga, sebab itu lakukanlah banyak amal shaleh sebelum kesehatan yang dimiliki diambil dan diganti dengan sakit. Kesehatan juga merupakan sesuatu yang sering menipu seorang hamba, sebab itu kita harus senantiasa bersyukur atas kesehatan yang diberikannya dan tidak bersikap kufur. Nabi saw. bersabda :

Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Menjaga Kesehatan Jasmani

Islam sangat menganjurkan kepada pemeluknya untuk  tetap “menjaga kesehatan”, terutama kesehatan jasmani. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwasannya menjaga jauh lebih baik daripada kita harus mengobati. Untuk itu sejak dini diupayakan agar tetap sehat, sebab menjaga kesehatan sewaktu sehat akan lebih baik daripada meminum obat saat sakit. Berikut adalah cara yang  bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Mengatur Pola Makan dan Minum

Ilmu kesehatan atau gizi menyebutkan bahwa makanan adalah unsur terpenting dalam menjaga kesehatan. Adapun makanan dan minuman yang boleh dimakan oleh kaum muslimin ialah makanan yang halalan dan thayyiban. Dalam Al-Quran juga Allah swt berpesan agar manusia menjaga atau memperhatikan apa yang dimakannya dalam QS. Ab-basa : 24. “maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”.

2. Menjaga Keseimbangan Aktivitas dan Istirahat

Islam menekankan keteraturan dalam mengatur ritme hidup dengan cara menganjurkan umatnya untuk menyeimbangkan antara aktivitas dan istirahat seperti tidur dan istirahat yang cukup disamping harus menjalankan kewajiban seorang hamba yakni menjalankan ibadah dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Masing-masing anggota tubuh memiliki hak yang mesti dipenuhi. Sebab itu, islam memberikan tuntunan agar mengatur waktu untuk istirahat bagi jasmani. Bekerja sebagai ikhtiar mencukupi kebutuhan diri dan keluarga merupakan suatu hal teramat penting, namun kesehatan juga sangat penting untuk dijaga, dengan demikian seimbangkanlah antara waktu istirahat dan waktu aktivitas kita.

3. Membiasakan Diri Berolahraga

Kegiatan olahraga merupakan aktivitas terpenting dalam menjaga kesehatan, Tujuan utama dari olahrgapun yakni untuk meningkatkan kesehatan jasmani dengan me ningkatkan daya tahan tubuh, tenaga otot, keseimbangan emosional, efisiensi dari fungsi-fungsi alat tubuh dan daya ekspresif serta daya kreatif.

Berolahrga secara teratur dan cukup dapat meningkatkan dan memperbaiki kesegaran jasmani, menguatkan dan menyehatkan tubnuh. Dimana dengan kesehatan dan kebugaran jasmani seseorang akan mampu menjalankan aktivitasnya dengan baik.

4. Menjaga Kebersihan

Islam sangat memperhatikan kebersihan dan menyerukan kepada pemeluknya untuk tetap menjaganya. Selain itu, kebersihan juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam ilmu kesehatan. Dalam pandangan islam, kebersihan dikenal dengan istilah Thaharah, dimana Thaharah adalah salah satu bentuk upaya preventif yang berguna untuk menghindari penyebaran berbagai kuman, bakteri dan virus.