You are currently viewing Ayah Bunda, Ini Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring

Ayah Bunda, Ini Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring

Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring – Belajar daring merupakan langkah yang diambil dunia pendidikan selama pandemi Covid-19. Langkah tersebut dilakukan guna menghindarkan seluruh tenaga pendidikan khusunya anak dari  bahaya Covid-19.

Kurang lebih satu setengah tahun anak-anak menjalani sekolah dengan sistem daring tanpa tatap muka dan bersosialisasi langsung bersama guru dan teman-temannya di sekolah. Berbeda dengan sekolah pada masa normal, sekolah daring tentunya jauh lebih melelahkan dan membosankan.

Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring | Yayasan Rahmatan Lil-Alamin
Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring

Rasa lelah dan bosan terkadang menghinggapi anak selama mengikuti belajar daring. Sebagai orang tua, tentunya hal tersebut menjadi pekerjaan rumah tersendiri agar anak tetap semangat dan fokus mengikuti pembelajaran. Berikut adalah tips bagi ayah bunda agar anak tidak merasa bosan saat belajar daring.

1. Dampingilah saat belajar daring berlangsung

Dalam mengikuti pembelajaran secara daring, anak tentunya memerlukan bimbingan dan pendampingan dari orang tua. Mendampingi disini tak selamanya hadir disamping saat pembelajaran berlangsung, ayah  bunda juga dapat mendampingi anak dengan cara mengajaknya berdiskusi, mengulangi instruksi guru ataupun mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama.

Dalam pembelajaran daring ini, kehadiran orang tua dapat berperan sebagai tempat bertanya bagi anak jika mengalami kesulitan dalam sebuah mata pelajaran. Selain itu, orang tua juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak.

2. Pastikan perlengkapan belajar sesuai dengan kebutuhan anak

Dalam memilih perlengkapan belajar seperti pensil, alat tulis, buku tulis, tempat minum, lampu belajar sampai meja belajar pastikan semuanya sesuai dengan kesukaan anak. Ajaklah anak memilih warna dan karakter favorit sesuai dengan keinginannya. Misalkan dalam memilih tempat pensil dengan warna dan karakter kartun kesukaan anak.

3. Lengkapi dan ubahlah ruangan belajar secara berkala

Dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, ruang belajar anak menjadi faktor penting dalam meraihnya. Jika ayah bunda memiliki ruang lebih di rumah, tidak salahnya ruangan tersebut didedikasikan untuk ruang belajar anak. Terlebih jika ruangan itu berada jauh dari hal yang menganggu efektivitas belajar seperti kasur, televisi, dan lain sebagainya.

Lebih dari itu, ayah bunda juga dapat mengubah tata letak ruang bersama anak dan disesuaikan dengan warna kesukaannya. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu faktor penyemangat belajar anak dan meningkatkan rasa memiliki terhadap fasilitas belajar yang diberikan untuknya.

Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Daring | Yayasan Rahmatan Lil-Alamin
Luangkan waktu untuk bermain bersama anak.

4. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak

Setiap anak memiliki hak dan kebutuhan untuk bermain. Dalam hal ini orang tua dapat menjadi teman sekaligus pendamping bagi anak dalam bermain sesuai usianya. Selain menyenangkan, bermain dapat menjadi waktu untuk anak dalam mengasah kreativitas serta membangun watak atau karakter sosial dalam dirinya.

Baca Juga : Doa Untuk Anak Shaleh

5. Ajak anak bercerita

Salah satu cara agar anak tidak bosan mengikuti pembelajaran secara daring ialah dengan mengajaknya bercerita atau berkisah. Ceritakanlah pada anak kisah-kisah menarik yang dapat menjadikan anak terus semangat dalam belajar. Kisah dalam hal ini dapat menjadikan anak memiliki sosok yang diidolakan serta keinginan untuk menjadi orang yang sama. Ayah bunda dapat mengisahkan para pejuang islam, pejuang kemerdekaan dan kisah-kisah penuh hikmah lainnya.

Leave a Reply