You are currently viewing Ayah Bunda, Lakukan Cara Ini Agar Anak Rajin Ngaji

Ayah Bunda, Lakukan Cara Ini Agar Anak Rajin Ngaji

Cara Agar Anak Rajin Ngaji – Ayah Bunda, mengajak dan mengajarkan anak agar rajin ngaji bukanlah perkara yang mudah untuk dikerjakan. Terlebih, kondisi orang tua yang harus menyibukan diri dengan pekerjaan di luar rumah.

Meski demikian, mengaji harus menjadi kebiasaan yang ditanamkan pada anak sejak dini. Orang tua memiliki peran yang amat penting guna mengajak dan menjelaskan bahwa membaca Al-Quran merupakan ibadah yang luar biasa pahalanya.

Cara Agar Anak Rajin Ngaji
Kegiatan doa bersama Mitra Pemberdayaan Yatim di Jati Nunggal

Mungkin tidak sedikit juga anak yang beranggapan bahwa membaca Al-Quran adalah perkara yang sulit, terlebih Al-Quran sendiri di tulis dengan tulisan Arab. Dalam hal ini, orang tua perlu menjelaskan pada anak bahwa bahasa dalam Al-Quran adalah bahasa yang mudah dimengerti.

Anak yang rajin membaca Al-Quran menjadi salah satu tanda dari anak shaleh. Seperti yang kita ketahui bahwa anak shaleh merupakan aset berharga bagi para orang tua, terlebih jika anak tersebut senantiasa mendoakan keduanya maka akan menjadi kebaikan yang tak pernah putus meski orang tuanya telah meninggal.

Ayah bunda, agar anak rajin membaca Al-Quran ada beberapa cara yang bisa ayah bunda lakukan agar anak rajin ngaji atau membaca Al-Quran sebagai berikut.

1. Biasakan anak mendengar ayat-ayat Al-Quran sejak dini

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi anak shaleh dan rajin mengaji, adapun langkah pertama yang bisa dilakukan agar anak rajin mengaji ialah dengan membiasakan anak untuk mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Dalam hal ini, agar anak mampu mendengarkan bacaan ayat Al-Quran, ayah  bunda bisa membacanya secara langsung di dekat anak ataupun memutar muratal Al-Quran menggunakan media yang ada.

Pada awalnya mungkin anak akan biasa saja, namun lambat laun ia akan terbiasa mendengarnya bahkan secara perlahan anak akan menghafalnya.

2. Berikann anak penjelasan mengenai kewajiban untuk belajar ngaji

Mengajarkan anak agar terbiasa membaca Al-Quran dan rajin dalam membacanya merupakan salan satu syiar islam yang harus ditunaikan oleh orang tua. Dengan demikian, berikanlah anak penjelasan mengenai pentingnya belajar mengaji.

Ayah bunda dapat memberikan pemahaman pada anak bahwa mengaji atau membaca Al-Quran merupakan perbuatan yang dimuliakan oleh sang Pencipta. Dalam Al-Quran terdapat banyak perkara yang penting dalam hidup ini, mulai dari segala perintah-Nya hingga larangan-larangan-Nya.

Cara Agar Anak Rajin Ngaji
Kegiatan ngaji di Asrama Yatim Cibubur.

3. Kenalkan anak huruf hijaiyah

Setalah membiasakan anak untuk mendengar bacaan ayat Al-Quran serta memberikannya pemahaman, ayah bunda dapat mengenalkan anak huruf-huruf hijaiyah. Dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak, ayah bunda bisa menggunakan cara yang asik agar anak tidak merasa bosan. Selain itu, ayah bunda juga bisa menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak mampu mengingat huruf-huruf hijaiyah yang telah diajarkan.

Baca Juga : Hidup Mulia Bersama Al-Quran

4. Berikan anak buku Iqra

Sebelum mengenalkan Al-Quran secara langsung kepada anak, ajarilah anak cara membaca Al-Quran dengan latihan-latihan yang ada pada buku Iqra. Pada iqra terdapat beberapa jilid dari 1-6, pada masing-masing jilid terdiri dari kesulitan yang berbeda sehingga diharapkan mampu menjadikan anak terbiasa dalam membaca Al-Quran.

Dalam mengajarkan Iqra, kesabaran ayah bunda menjadi salah satu tebusannya. Ciptakanlah motivasi-motivasi pada anak agar ia terbiasa dan cenderung menyukai aktivitas mengaji.

5. Mengajak anak belajar di TPA atau tempat belajar Al-Quran lainnya

Setelah anak memiliki pemahaman dasar mengenai Al-Quran dan cara membacanya yang baik dan benar, ajaklah anak untuk belajar di TPA atau tempat belajar Quran lainnya. Harapannya dengan belajar ditempat tersebut anak merasa memiliki banyak teman sehingga ia semakin bersemangat dan rajin dalam mengaji.

Leave a Reply