You are currently viewing 10 Ayat Al-Quran Tentang Zakat yang Bergandengan dengan Perintah Shalat

10 Ayat Al-Quran Tentang Zakat yang Bergandengan dengan Perintah Shalat

Zakat memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan umat Islam karena merupakan salah satu rukun Islam. Hal itu kemudian menjadikan zakat tidak boleh dianggap remeh oleh siapapun karena ia merupakan pilar pokok bagi kehidupan seorang Muslim.

Setidaknya terdapat 26 ayat yang berbicara tentang zakat dalam Al-Quran, yang mana dalam ayat-ayat tersebut perintah zakat sering bergandengan dengan perintah shalat. Hal ini menjadi tanda adanya kaitan yang begitu erat antara pelaksanaan shalat dan berzakat.

Sejajarnya dua perintah yang menjadi rukun Islam ini menjadi tanda bahwa keduanya memiliki urgensi yang sama dalam kehidupan seorang Muslim. Tentu saja shalat menjadi perintah yang utama setelah itu baru perintah untuk berzakat.

Ayat Al-Quran Tentang Zakat

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran tentang zakat yang bergandengan dengan perintah shalat.

1. QS. Al-Baqarah Ayat 43

“Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah ayat 43)

2. QS. Al-Baqarah Ayat 110

“Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah ayat 110)

3. QS. Al-Maidah Ayat 55

“Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, seraya tunduk (kepada Allah).” (QS. Al-Maidah ayat 55)

4. QS. At-Taubah Ayat 11

Dan jika mereka bertobat, melaksanakan salat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. (QS. At-Taubah Ayat 11)

5. QS. An-Nisa’ ayat 77

“Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, ”Tahanlah tanganmu (dari berperang), laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.” (QS. An-Nisa ayat 77)

6. QS. An-Nisa’ ayat 162

“Tetapi orang-orang yang ilmunya mendalam di antara mereka, dan orang-orang yang beriman, mereka beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad), dan kepada (kitab-kitab) yang diturunkan sebelummu, begitu pula mereka yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat dan beriman kepada Allah dan hari kemudian. Kepada mereka akan Kami berikan pahala yang besar.” (QS. An-Nisa ayat 162)

7. QS. At-Taubah ayat 5

“Apabila telah habis bulan-bulan haram, maka perangilah orang-orang musyrik di mana saja kamu temui, tangkaplah dan kepunglah mereka, dan awasilah di tempat pengintaian. Jika mereka bertobat dan melaksanakan salat serta menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka.” (QS. At-Taubah ayat 5)

8. QS. At-Taubah ayat 18

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. At-Taubah ayat 18).

9. QS. At-Taubah ayat 71

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya” (QS. At-Taubah ayat 71).

10. QS. Maryam ayat 31

Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.” (QS. Maryam ayat 31).

Demikianlah 10 ayat Al-Quran tentang berzakat yang bergandengan dengan shalat. Semoga kita dapat mengamalkan zakat itu sendiri serta menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Selain 10 ayat di atas masih terdapat beberapa ayat lain tentang  perintah berzakat yang bergandengan dengan perintah shalat.

Mari pahami lebih dalam lagi mengenai perintah zakat mulai dari hukum, jenis, hingga keutamaannya dalam website resmi Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Kamu juga dapat menunaikan zakat mal melalui platform Indonesia berbagi yang dikelola oleh kami.

Siap berzakat? Klik tombol di bawah ini sekarang.

Leave a Reply