You are currently viewing Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Rahmatanlilalamin.or.id – Gempa bumi adalah kejadian bencana alam yang terjadi karena adanya getaran atau guncangan di permukaan bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan kerak atau lempengan bumi serta bisa juga terjadi karena adanya kejadian letusan gunung api.

Kejadian gempa bumi pada umumnya terjadi secara tiba-tiba, tidak ada satu pun orang yang menginginkan terjadinya gempa bumi. Selain menimbulkan kepanikan, gempa bumi juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan dan korban jiwa.

Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi

Bacaan doa saat gempa bumi

Umat Islam diajurkan untuk senantiasa berdoa dan memperbanyak waktu untuk mengingat Allah dalam berbagai kondisi termasuk saat terjadinya gempa bumi.

Pada saat kejadian gempa bumi, seorang Muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah untuk memohon kebaikan dan perlindungan dari-Nya.

Ada pun lafadz doa yang dianjurkan saat peristiwa gempa adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا   مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya.”

Hikmah Kejadian Gempa Bumi

Segala kejadian yang terjadi di muka bumi ini bukanlah sebuah kebetulan, akan tetapi semua yang terjadi pada kita di muka bumi ini berada di bawah kekusaan Allah, termasuk kejadin gempa bumi.

Kejadian bencana merupakan salah satu bentuk ujian yang harus kita hadapi dengan sabar, ikhlas, dan gotong royong. Jika kita mampu sabar, ikhlas, dan gotong royong dalam mengatasinya insyaallah berbagai dampak yang terjadi dapat segera teratasi.

Meskipun menimbulkan banyak kerusakan dan korban jiwa, kita juga harus meyakini bahwa dalam kejadian tersebut terdapat hikmah atau pelajaran yang dapat di ambil. Berikut adalah beberapa hikmah dari kejadian gempa bumi yang dapat kita ambil.

1. Sebagai teguran dari Allah agar senantiasa mengingat-Nya dalam keadaan apapun.

2. Dapat meningkatkan keimanan kepada Allah.

3. Bentuk kasih sayang dari Allah.

4. Mengajarkan pentingnya rasa optimis.

5. Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

6. Musibah dapat menjadi penggugur dosa.

7. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan bumi sebagai tempat tinggal.

Demikianlah uraian mengenai bacaan doa saat terjadi gempa bumi serta hikmah di balik kejadian gempa bumi. Semoga kita bisa mengamalkannya doa tersebut serta senantiasa mengingat Allah SWT dalam kondisi apapun.

Sahabat, kamu juga dapat membantu para korban gempa bumi dengan berbagai cara seperti menjadi relawan, bantuan logistik dan berdonasi melalui platform Indonesia Berbagi untuk para korban gempa bumi.

Leave a Reply