You are currently viewing Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan
(Foto: Pexels)

Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan

Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan – Ramadhan yang dinanti akan segera datang kembali, tiada bulan secerah bulam ini, tiada bulan semulia bulan ini, dan tiasa bulan sebaik bulan ini.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan maghfirah. Sebelum Ramadhan yang dinanti tiba, mari sucikan diri dengan saling memaafkan, tebalkan iman dengan ibadah yang dibanyakan, serta kuatkan badan dengan menjalankan puasa sunnah sebagai latihan.

Ramadhan merupakan tamu agung yang sangat dirindukan umat, ia selalu ditunggu datangnya, dan selalu disemarakan kehadirannya dengan berbagai kesibukan umat untuk lebih dekat kepada Rabb-nya.

Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan
Menyambut Ramadhan dengan bahagia dan suka cita. (Foto: Pexels)

Selain itu, Ramadhan merupakan bulan penuh pahala, ia mampu mengubah amalan biasa menjadi luas biasa dengan lipatan pagala dari-Nya, pada bulan ini juga terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Magnet Ramadhan sangat luar biasa, ia mampu menarik hamba-hamba-Nya untuk mudah dan ringan kakik dalam melangkah menuju tempat ibadah, yang mana pada bulan-bulan lain di bulan Ramadhan kaki ini berat dan susah untuk melangkah ke tempat ibadah.

Sebagai bulan yang penuh berkah dan maghfirah, seorang muslim hendaklah memiliki perasaan bahagia dalam menyambut bulan Ramadhan. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah dalam haditsnya berikut ini.

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad)

Bahagia dalam menyambut bulan Ramadhan dapat dijadikan sebagai tanda keimanan seorang muslim, yang mana dengan perasaan bahagia tersebut seorang muslim dapat mempersiapkan segalanya dengan lebih baik dan senang karena dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan.

Sebaliknya, jika seorang muslim tidak ada perasaan bahagia sama sekali saat Ramadhan tiba, hendaklah ia merasa khawatir karena bisa jadi ia lupat dari banyaknya kebaikan di bulan Ramadhan.

Doa Menyambut bulan Ramadhan

Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan
Doa menyambut bulan Ramadhan. (Foto: Pixabay)

Membaca doa dalam menyambut bulan Ramadhan merupakan tanda cinta dan bahagianya seorang muslim dalam menyambut bulan Ramadhan.

Pada bulan Ramadhan, umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh serta dianjurkan untuk memperbanyak amalan lainnya seperti tilawah, sedekah, itikaf, dzikir, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, saat hilal awal Ramadhan tiba, hendaklah seorang muslim memanjatkan doa berikut ini.

للَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

“Ya Allah, jadikanlah ini bulan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

Selanjutnya, sebagian ulama juga menganjurkan untuk memanjatkan doa berikut.

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ متقبلا

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadhan dan jadikanlah amal-amalku yang diterima.”

Baca Juga: Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Sahabat, mari sambut dan jadikan Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan tahun sebelumnya. Semoga seluruh doa dan persiapan kita dalam menyambut Ramadhan menjadikan kita lebih siap dan maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Leave a Reply