Banyak Orang Yang Menghindarinya, Ini Manfaat Berkeringat

Banyak Orang Yang Menghindarinya, Ini Manfaat Berkeringat

Sebagian orang ada yang dengan sengaja mencari keringat atau berusaha agar keluar keringat dari dalam tubuhnya untuk menyehatkan tubu, Namun ada sebagian yang merasa takut ketika ia harus berkeringat, baik karena takut haus, capek dan bahkan sebagian ada yang takuit berkeringat karena takut bau apek (bau gak enak).

Selain itu juga, ada ada beberapa orang yang sama sekali tak mau berkeringat, walau sedang tidak di bulan puasa. Jalan sedikitpun sudah malas, terlebih ketika harus keluar dari kenyamanan ruangan ber-AC.

Padahal jika ditinjau dari ilmu kesehatan, berkeringat memiliki bermacam manfaat bagi tubuh kita. Nah, apa aja sih manfaat berkeringat bagi kesehatan? Simak artikel ini sampai selesai yak, berikut adalah manfaat berkeringat bagi kesehatan tubuh kita.

Membuang racun dari tubuh

Berkeringat ternyata dapat membersihkan racun atau zat berbahaya didalam tubuh kita seperti alkohol, kolestrol, dan garam dari tubuh. Sebuah penelitian menaytakan bahwa 30 persen racun dari tubuh keluar dari keringat. Jika Ginjal membutuhkan waktu selalam 24 jam untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, akan tetapi berbeda dengan ginjal, berkeringat dapat menghilangkan racun dalam waktu yang relatif cepat.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung akan bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh kita dengan demikian berkeringat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

Mempercantik Kulit

Berkeringat sangat baik untuk kesehatan kulit, sebab berkeringat dapat membersihkan pori-pori sehingga membuat kulit lebih cerah dan halus. Selain itu keringat juga mengandung sejumlah anti biotik yang dapat melawan bakteri yang ditemakan secara alami pada kulit kita. Nah bagi sahabat yang menginginkan kulit yang cantik, selain melakukan perawatan juga dapat melakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan banyak keringat.

Membakar Kalori

Wah ternyata berkeringat bisa membakar kalori dalam tubuh kita, artinya berkeringat bisa menurukan berat badan kita dong? Betul sekali, berkeringat dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh kita larut dalam air dan keluar dari tubuh melalui keringat yang dikeluarkan. Berkeringat selama satu jam dapat membakar kalori sebanyak 300 kalori perjam.

Menghilangkan Stres

Ketika sahabat sedang stress atau sedang berada dalam suasana hati yang relatif buruk, Menggerakan anggota tubuh sehingga berkeringat ternyata dapat menurunkan rasa stress kita. jadi secara tidak langsung berkeringat dapat menurunkan stress dan meningkatkan suasan hati menjadi lebih baik.

Mengeluarkan keringat dengan cara meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek yang positif bagi tubuh kita. Sebab Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dikeluarkan oleh tubuh kita saat bergerak atau berolahraga secara alamiah dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stress.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, berolahraga dan melakukan kegiatan lain yang dapat mengeluarkan keringat sangat bermanfaat bagi tubuh kita, sebab selain menjaga kesehatan berkeringat juga dapat menghilangkan stres dari dalam diri kita.

Yuk, mulai sekarang kita tidak perlu takut lagi ketika harus berkeringat, sebab dengan berkeringat tubuh kita akan jauh lebih sehat dibanding menjauhi diri dari berkeringat atau hanya berdiam diri saja. Dalam mengeluarkan keringat sahabat bisa berolahraga atau juga bisa berjemur dipagi menjelang siang hari, hal itu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.