Berbagai Manfaat Minum Infused Water Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Minum Infused Water Bagi Kesehatan

Infused water belakangan ini banyak dibincangkan sebagian masyarakat terutama bagi mereka yang sedang atau ingin menjalani program diet. Sebagai salah satu minuman pelengkap gaya hidup, Infused Water ini ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya Infused Water di Klaim dapat menurunkan berat badan, membantu proses detox tubuh, hingga meningkatkan kesehatran tubuh secara menyeluruh. Lantas apa sih infused water itu?
Infused water adalah Campuran air mineral dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, atau rempah-rempah. Sahabat bisa membuat minuman yang satu ini dirumah dengan bahan seperti sayuran, buah, herbal atau rempah-rempah sesuai dengan selera yang sahabat sukai.
Selanjutnya, campuran bahan-bahan itu disimpan dalam sebotol air minireal dan didinginkan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari buah menyatu dengan air. , Selanjutnya potongan buah atau sayuran yang digunakan akan menjadi lembek setelah didiamkan dalam waktu yang cukup lama.
Dalam mengkonsumsi infused water ini, bagi beberapa orang ada yang mengkonsumi dengan cara membuang bahan-bahan buah atau sayuran yang direndam dalam air tersebut karena dirasa kurang enak ketika dimakan. Dikarenakan sebagian besar orang mengonsumsi air saja dari campuran buah atau sayuran tersebut, banyak orang menyebut infused water sebagai minuman rasa buah atau minuman sari buah.
Terlepas dari bagaimana cara mengonsumsinya, infused water ini di klaim sebagai salah satu minuman menyehatkan yang kaya akan manfaat, berikut adalah manfaat infused water beserta faktanya.

Yayasan Anak Yatim di Jakarta
Lemon merupakan buah yang sering digunakan untuk infused water


Menurunkan berat badan

Salah satu buah yang sering digunakan dalam membuat infused water adalah buah Lempon, dimana buah Lemon ini merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet. Bahklan buah lemon juga digadang-gadang sebagai makanan “pengurus” badan.
Tak heran jika berbagai campuran buah Lemon kini dipahami banyak orang sebagai ramuan yang baik untuk diet, salah satunya dijadikan sebagai infused water. Air lemon dipercaya bisa menurunkan berat badan karena buah satu ini dipercaya mengandung pektin yakni jenis serat yang bisa memberikan rasa kenyang dan tahan lama.
Meskipun pada faktanya kandungan pektin yang ada dalam lemon tidak sebanyak yang dikira sehingga dipercayai mampu menurunkan berat badan. Seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healty Living Program Jason Ewoldt, RDN, LD menyetujui anggapan bahwa Lemon adalah buah rendah kalori dan baik untuk mengontrol kalori bagi seseorang yang berniat untuk

menurunkan berat badan.
Meskipun dianggap memiliki senyawa tersebut, bukan berarti buah yang satu ini mampu menurunkan berat badan kita secara otomatis, jika diibaratkan satu buah lemon dengan ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat. Jika diperas atau dipotong-potong untuk diolah menjadi minuman, kandungan seratpun bisa lebih sedikit lagi. Meskipun demikian, dibandingkan dengan kopi atau teh, air lemon memang bisa jadi pilihan minuman yang jauh lebih sehat.
Mencegah Penuaan Kulit

Pada dasarnya buah-buahan yang sering digunakan dalam infused water biasanya buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Alasan inilah yang menjadi penyebab orang-orang memilih buah jeruk, lemon, stroberi, kiwi, apel dan lain sebagainya untuk campuran infused water.
Berbagai buah dan sayur yang kaya antioksidan dan vitamin C termasuk buah-buah yang menjadi campuran infused water memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghambat penuaan kulit. Selanjutnya kedua senyawa tersebut juga terbukti dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit.
Akan tetapi, buah-buhan tidak secara otomatis bisa mencegah atau menghentikan penuaan kulit, untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, sahabat juga harus mencukupi kebutuhan gizi yang lainnya.
Membuang racun dalam tubuh

Salah satu manfaat dari infused water yang tak kalah fenomenal ialah banyak yang mempercayai bahwa infused water ini bermanfaat untuk detoksifikasi alias membuang racun yang menumpuk dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.
Meskipun pada dasarnya, tubuh kita memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh, dimana peran ini dimiliki oleh organ ginjal dan hati yang berperan penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh baik itu melalui keringatm urin maupun feses.
Nah untuk membantu merangsang mekanisme tersebut supaya berjalan lancar, sahabat semua disarankan untuk memperbanyak minum air putih juga makan lebih banyak sayur dan buah. Selanjutnya jaga juga kesehatan ginjal dan hati kita, sebab dengan begitu tubuh kita akan secara alami membersihkan semua racun didalam tubuh.