You are currently viewing Bersedekah di Pagi Hari Membuka Pintu Rezeki

Bersedekah di Pagi Hari Membuka Pintu Rezeki

Sedekah di Pagi Hari – Sikap kedermawanan yang ada dalam diri seseorang merupakan bagian integral kepribadian dalam dirinya ketika orang tersebut bersedia meneladani sikap yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Sikap dermawan tak akan bergeming oleh situasi kejiwaan seseorang, misalnya dalam keadaan suka maupyn duka.

Jika diibaratkan, kedermawanan ialah seperti kembang yang menyebarkan wanginya. Keharumannya menerobos cuaca yang sedang hujan lebat atau dalam keadaan panas terik.

Sedekah di pagi hari | Sedekah Subuh

Kedermawanan seorang manusia pada dasarnya bersumber dari rahmat Allah. Seseorang yang Allah limpahkan rahmatnya akan dengan senang hati untuk mendermakan harta yang berada dibawah kepemilikannya. Hal itu dikarenakan ia sadar bahwa harta yang dikeluarkan bukan sebuah pengeluaran melainkan penjemput keberkahan.

Sedekah di waktu pagi adalah salah satu waktu yang paling dianjurkan bagi seorang muslim untuk mendermakan harta yang dimilikinya. Tahukah sahabat, mengapa sebaiknya kita melakukan sedekah sejak pagi hari? Nah, berikut adalah alasan mengapa sedekah sebaiknya dilakukan di pagi hari, semoga alasan ini semakin memotivasi kita untuk merutinkan sedekah di setiap pagi.

1. Malaikat akan datang mendo’akan orang yang sedekah di pagi hari

Mendapat do’a atau dido’akan oleh teman sendiri saja kita semua sudah merasa senang sekali, hal itu karena bisa jadi do’a tersebut sangat memungkinkan untuk cepat dikabulkan dibandingkan do’a kita sendiri. Berbahagialah bagi orang yang bersedekah di pagi hari, karena salah satu keutamaan dari sedekah di pagi hari adalah mendapatkan do’a dari malaikat. Hal ini berdasarkan sabda nabi berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

Hadits di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu pagi adalah amalan yang mulia. Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insyaa Allah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, salah satunya sedekah saat subuh.

Sedekah di pagi hari | Sedekah Subuh
Sedekah akan mendatangkan perasaan bahagia dan dapat meningkatkan semangat dalam beraktivitas

2. Menjadi Moody Booster di Pagi Hari

Secara psikologis, bersedekah akan menjadikan hati pelakunya lebih bahagia sehingga dapat menjadi moody booster yang dapat menambah semangta dalam beraktivitas. Adapun jika sedekah dilakukan dipagi hari insyaallah dapat menimbulkan rasa semangat untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

3. Memudahkan Berbagai Urusan di Hari Itu

Pada dasarnya setiap orang yang mendermakan hartanya memiliki tujuan untuk meringankan orang lain yang berada dalam kesulitan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang ingin doa terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah dia membantu mengatasi kesulitan orang lain.”

Baca Juga : Tiga Tanda Hidup Bahagia

Sahabat, bersedekah artinya kita telah membantu mengatasi kesulitan orang lain, yang tadinya tidak memiliki uang untuk makan, jadi punya uang untuk membeli makan. Banyak sekali manfaat yang dirasakan dari menunaikan sedekah, baik bagi pelakunya maupun orang yang menerima manfaatnya secara langsung. Diantara manfaat yang didapatkan ialah dimudahkannya urusan-urusan disepanjang hari.

Sahabat, Sesungguhnya Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba tersebut bersedia menolong sesamanya. Semoga Allah SWT memberikan rahmat kepada kita untuk senantiasa mendermakan sebagian harta yang berada dalam kepemilikan kita. Aamiin

Leave a Reply