Biar Rezeki Makin Berkah, Sisihkan Sedikit Untuk Bersedekah

Biar Rezeki Makin Berkah, Sisihkan Sedikit Untuk Bersedekah

Sudahkah sahabat bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang telah diberikan oleh Allah swt. hari ini, bulan ini atau tahun ini? Dan sudahkan sahabat menyisihkan sebagian rezeki terbbaikmu untuk menunaikan sedekah guna membantu orang lain disekitar kita? atau juga sudahkah sahabat menyisihkan sebagian hartanya untuk meringankan beban hidup orang lain?

Kita semua mengenal istilah yang sangat popular “Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah”, Artinya ketika kita memberi maka kita telah menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Akan tetapi bagi sebagian ada yang merasa rugi ketika harus mengeluarkan sebagian kecil hartanya untuk bersedekah dan membantu orang lain yang berada disekitarnya, atau sekedar meringankan beban yang dipikul orang lain.

Padahal jika kita mengetahui pahala dan keutamaannya, pahala sedekah akan menjadi pelindung seseorang kelak pada hari kiamat, disaat semua orang dan sanak saudara, ayah dan ibu kita sibuk dengan urusannya masing-masing.

Sahabat, Banyak sedikit rezeki yang kita dapatkan setiap harinya, jangan pernah lupa apalagi sengaja melupakannya untuk menyisihkan sebagian untuk bersedekah. Semua orang dianjurkan untuk bersedekah, sebab sedekah tidak selamanya harus ditunaikan dengan harta. Segala bantuan yang diberikan dengan ikhlas, tulus dan hanya mengharap ridho dari-Nya merupakan sedekah.

Pahala Sedekah Berlipat Ganda

“Sedekah” merupakan kebaikan yang multipahala dengan kebaikan yang dilipat gandakan sampai 700 kali lipat, Allah swt. berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 262 sebagai berikut.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang mengeluarkan hartanya di jalan Allahadalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap  bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Ia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) Lagi Maha Mengetahui”.

Selain itu, pahala dari bersedekah juga akan menghapuskan dosa-dosa kita sebagaimana air yang memadamkan api, rasulullah saw. bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)”

Berdasarkan hadits nabi tersebut, bukan hanya sedekah sendiri yang kemudian bisa menghapuskan dosa, tapi sedekah yang juga disertai dengan taubat kepada Allah dengan taubat yang sesungguhnya dan juga diiringi dengan berbagai kebaikan yang insyaallah akan mendatangkan ridha dan ampunan dari-Nya.

Sedekah Jadikan Rezekimu Makin Bertambah

Jangan khawatir hartamu akan berkurang jika menunaikan sedekah, alih-alih berkurang, rezekimu akan terus bertambah dan semakin berkah ketika kita menunaikannya.  Bukankah Allah telah menjanjikan “rezeki yang berlipat ganda” ketika kamu mau bersedekah?

Disadari atau tidak, melalui sedekah yang kamu tunaikan, bisa jadi orang yang sahabat bantu atau orang yang menerima manfaat dari sedekahmu mendoakan segala kebaikan dan keberlimpahan rezeki untukmu. Sementara, do’a yang mereka panjatkan di ijabah oleh Allah swt.

Sahabat berbicara rezeki, tidak selamanya dengan nilai atau jumlah harta yang didapatkan serta dimiliki. Sahabat berbicara rezeki tak selalu berbicara tentang harta, tubuh yang sehat dan jauh dari berbagai resiko sakit, perasaan yang bahagia dan jauh dari segala kesedihan dan duka, serta kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan adalah bentuk rezeki yang wajib disyukuri serta dinikmati.

Selama sahabat tulus dan ikhlas dalam bersedekah. Percayalah Allah akan mengganti setiap sedekah yang sahabat berikan untuk membantu serta menolong orang lain, tentunya dengan ganti atau ganjaran yang berlipat ganda.

Jadi, masihkah sahabat ragu untuk menyisihkan sebagian rezeki untuk bersedekah? Semoga kita semua menjadi yakin dan mau untuk menunaikannya. Dan Semoga juga kita semua menjadi pribadi yang rajin bersedekah dan juga mensyukuri setiap rezeki yang didapat. Tentunya kita semua berdo’a semoga kita senantiasa diberikan rezeki yang berlimpah dan juga bermanfaat. Aamiin.