You are currently viewing Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengenali Kekurangan Diri Sendiri

Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengenali Kekurangan Diri Sendiri

Cara Mengenali Kekurangan Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali – Mengenali diri adalah hal utama yang dapat mengantarkan seorang muslim pada kesuksesan dunia dan akhirat. Dengan mengenali diri sendiri seorang muslim mampu mengoptimalkan kebaikan dalam dirinya serta berupaya menutupi segala kekurangannya dengan melakukan banyak perbaikan yang berkesinambungan.

Mengenali diri juga dapat menjadikan seorang mukmin jauh lebih bijak dalam segala hal, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Dalam sebuah hadits Nabi SAW bersabda : “siapa yang mengenal dirinya, ia mengenal Tuhannya”.

Cara Mengenali Kekurangan Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali

Sebagai makhluk yang tidak pernah luput dari dosa dan salah, kita dianjurkan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri kita. Hal itu dilakukan guna melakukan perbaikan diri dari waktu ke waktu agar tergolong ke dalam golongan manusia yang beruntung.

Jika mengenali kebaikan diri sendiri mudah untuk dilakukan, bagaimana dengan mengenali kekurangan diri sendiri? Tentunya hal itu akan sulit dan tidak dapat dilakukan oleh diri sendiri. Dalam hal ini dibutukan kejujuran yang tulus untuk mengakui kekurangan diri yang selalu merasa lebih baik.

Guna mengetahui segala kekurangan diri sendiri agar mampu optimal dalam melakukan perbaikan diri, Berikut adalah lima cara mengenali kekurangan diri sendiri menurut imam Al-Ghazali.

Meminta Pendapat Guru

Guru adalah penasihat yang jujur dan orang yang senantiasa membimbing kita dalam kebaikan. Untuk itu, cara pertama yang dapat kita lakukan guna mengenali kekurangan diri sendiri ialah dengan meminta pendapat guru. Duduklah bersama guru dan mintailah pendapatnya tentang kekurangan diri kita. Selanjutnya, mintalah nasihat dan bimbingannya agar senantiasa dibimbing dalam jalan kebaikan.

Cara Mengenali Kekurangan Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali

Meminta Pendapat Sahabat

Cara selanjutnya untuk mengenali kekurangan diri kita ialah meminta pendapat sahabat dekat. Pepatah arab menyebutkan “temanmu adalah yang berkata benar kepadamu, bukan yang membenar-benarkan kamu.”

Untuk itu mintalah pendapat sahabat untuk mengetahui kekurangan diri kita, sebab ialah orang yang sering bersama kita. Sepahit apapun sahabat akan tetap berkata jujur tentang sifat baik ataupun buruk yang ada pada diri kita.

Muhasabah Diri

Muhasabah atau merenungi segala hal tentang diri sendiri adalah cara selanjutnya agar kita mampu mengetahui kekurangan diri. Dengan merenung atau berpikir secara mendalam tentang diri sendiri, seseorang akan menyadari kekurangan yang ada pada dirinya sendiri.

Baca Juga : Berprasangka Baik Kepada Allah dan Sesama Manusia

Mendengar Pendapat Musuh

Musuh atau orang yang bertentangan dengan kita adalah orang yang selalu mencari-cari kekurangan tentang diri kita. Selain itu, musuh juga sering berkata jujur tentang kekurangan yang terdapat pada diri kita. Untuk itu, agar mengetahui kekurangan diri sebaiknya mendengarkan apa yang musuh kita katakan tentang kekurangan diri kita.

Lingkungan

Lingkungan menjadi salah satu pendorong seseorang dalam segala hal, jika berada dalam lingkungan baik maka seseorang akan selalu cenderung pada kebaikan. Sebaliknya, jika lingkungan yang ditempat kurang baik, maka orang yang berada didalamnya cenderung jauh dari kebaikan.

Cara mengetahui kekurangan diri seseorang bisa dilihat dari lingkungan tempat ia tinggal. Nabi SAW menyebutkan bahwa seorang mukmin bagaikan cermin bagi mukmin yang lainnya. Sehingga baik atau buruknya seseorang bisa dilihat dari lingkungan yang ia tempati.

Leave a Reply