You are currently viewing Cara Efektif Mengurangi Konsumsi Fast Food di Muslim Liburan

Cara Efektif Mengurangi Konsumsi Fast Food di Muslim Liburan

Rahmatanlilalamin.or.id – Saat musim liburan, memilih makanan fast food dinilai lebih praktis dan ekonomis, namun pada kenyataannya makanan fast food memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Simak cara menguranginya dalam artikel di bawah ini.

Dengan harga yang murah dan akses yang mudah, makanan fast food kerap menjadi pilihan keluarga saat berekreasi di musim liburan. Cheese burger, ayam goreng kriuk, kentang goreng, nugget ayam dan lain sebagainya sangat mudah didapatkan di mana saja kita berada.

Namun, meski dalam sauasana liburan kita harus tetap berhati-hati, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Berdasarkan itu, kita harus berupaya untuk menguranginya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Cara Mengurangi Konsumsi Makanan Fast Food

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi makanan fast food saat menjalani liburan.

1. Membawa menu makan sendiri dari rumah

Saat lapar di jalan, mampir ke tempat makanan cepat saji adalah kuncinya. Cara ini memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi sebaiknya dihindari.

Untuk mengindarinya, kamu dapat membawa bekal atau menu makan sendiri dari rumah sehingga saat perut lapar kamu hanya memerlukan cari tempat yang aman dan kemudian makan terlebih dahulu.

Caranya, buat rencana menu makan yang akan di bawah saat liburan dan siapkan sebelum berangkat. Dengan membawa bekal dari rumah sendiri dengan terencana, kamu diharapkan tidak akan tergiur untuk mampir ke tempat makanan cepat saji.

2. Pilih makanan yang cukup serat

Agar tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji, kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat sendiri dapat menjadikan perut cepat kenyang dan rasa kenyang tersebut dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama.

3. Konsumsi juga protein

Protein adalah jenis makronutrien yang dapat menjaga rasa kenyang lebih lama. Nah, untuk menghindarkan dari agar tidak tergoda makanan cepat saji kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan, kacang-kacangan, dan sayuran.

4. Jangan lupa bawa camilan sehat

Sediakan camilan sehat dalam perjalanan untuk menghindari keinginan mengonsumsi makanan cepat saji. Jika tidak tersedia camilhan sehat, kamu dapat menggantinya dengan konsumsi air putih sebagai pengganti camilan.

5. Tanamkan sugesti bahwa fast food tidak sehat

Untuk menghindari konsumsi makanan cepat saji, kamu sebaiknya memahami terlebih dahulu dampak negatif yang timbul saat sering mengonsumsi jenis makanan tersebut. Selain meningkatkan risiko obesitas, konsumsi makanan cepat saji berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolestrol dan potenis penyakit jantung.

Dengan pemahaman tersebut, kamu dapat memberikan sugesti dalam diri bahwa makanan cepat saji bukanlah pilihan utama dan tidak sehat jika sering kamu konsumsi.

Nah, gimana sekarang sahabat sudah tahu kan beberapa cara menghindari makanan cepat saji di musim liburan. Selain di musim liburan, kamu juga diajurkan untuk menghindarinya untuk konsumsi sehari-hari. Sebagai gantinya, sahabat dapat membeli makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan ragam camilan sehat lainnya.

Baca juga : Jenis Makanan Sehat dan Bergizi yang Dapat Kamu Konsumsi

Leave a Reply