You are currently viewing Tata Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri untuk Kabulkan Hajat
(Foto: Unsplash)

Tata Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri untuk Kabulkan Hajat

Hampir setiap orang menghabiskan waktu subuhnya di rumah, berikut adalah cara sedekah subuh di rumah sendiri sebelum mengerjakan berbagai aktivitas lain di luar rumah.


Rahmatanlilalamin.or.id – Sedekah merupakan salah satu amalan yang mudah untuk dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimana pun. Adapun salah satu waktu terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk menunaikan sedekah ialah pada saat waktu subuh.

Sedekah yang dilakukan pada waktu subuh sering juga dinamai sebagai sedekah subuh. Ada banyak manfaat dan keutamaan yang akan diperoleh seseorang yang menunaikan sedekahnya di waktu subuh.

Lebih dari itu, para penerima manfaat sedekah subuh juga akan mendapat kemudahan dan keringanan di waktu pagi sebelum menjalankan aktivitasnya di pagi hari.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri
(Foto: Pixabay)

Sedekah di waktu subuh adalah sedekah yang paling utama, disebutkan dalam ceramah mendiang Syeikh Ali Jaber bahwa sedekah subuh dapat mengabulkan doa dan hajat orang yang menunaikannya.

Waktu subuh sendiri merupakan waktu yang mulia karena pada waktu tersebut terjadi pergantian malam ke pagi hari serta bergantinya gelap ke terang.

Selanjutnya, pada waktu subuh malaikat turun ke bumi dan mendoakan orang-orang yang melakukan amalan baik (sedekah).

Berdasarkan hal itu, sedekah di waktu subuh merupakan amalan yang baik untuk mengawali hari. Kebanyakan orang menunaikan sedekah subuh dengan cara mengisi kotak amal di mesjid saat melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Namun demikian, tidak setiap orang bisa berangkat ke mesjid untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah dan menunaikan sedekah subuh karena berbagai kondisi dan alasan. Salah satu contohnya ialah wanita yang sedang haid.

Akan tetapi, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunaikan sedekah subuh meskipun tidak berangkat ke mesjid, salah satunya sedekah subuh di rumah.

Lalu, bagaimana cara sedekah subuh di rumah? Berikut adalah beberapa cara sedekah subuh di rumah yang bisa kamu coba jalankan.

1. Menitipkan Sejumlah Uang Kepada Anggota Keluarga yang Lain

Jika ada halangan untuk pergi ke mesjid untuk melaksanakan ibadah shalat Subuh berjamaah, kita bisa menitipkan sejumlah uang sedekah subuh kepada anggota keluarga yang lain. Misalnya orang tua, suami, adik, dan lainnya.

Meskipun secara fisik kita tidak bisa datang, namun sedekah tersebut akan sampai ke kotak amal mesjid atau penerima manfaat. Kemudian, pahala sedekah tersebut juga akan sampai kepada kita yang menitipkannya.

Berdasarkan itu, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk menunda niat untuk menunaikan sedekah subuh meskipun berhalangan berangkat ke mesjid.

Menitipkan sedekah kepada anggota keluarga lain merupakan cara termudah yang bisa kita gunakan untuk sedekah di waktu subuh tanpa mengurangi makna sedekah itu sendiri.

2. Memanfaatkan Platform Donasi Online

Tren donasi online yang menjadi salah satu culture atau kebiasaan saat ini juga dapat kita pilih sebagai cara sedekah subuh di rumah.

Melalui platform donasi online, koita dapat menunaikan sedekah subuh dari rumah tanpa mengurangi makna dan kebermanfaatan sedekah itu sendiri.

Cukup dengan menggunakan gadget di rumah, kita dapat menebar kebermanfaatan dan mengawali pagi dengan amalan terbaik.

3. Memasakan Sarapan untuk Orang yang Membutuhkan

Cara selanjutnya untuk sedekah subuh di rumah ialah memasakan sarapan untuk kemudian diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Dengan memberikan sarapan kepada orang yang membutuhkan, kita dapat mengurangi beban mereka untuk mencari atau menyiapkan makanan di pagi hari. Selain itu, kita juga telah memberikan kebutuhan gizi dan energi mereka untuk melakukan aktivitas.

Adapun menu sarapan yang kita masak dapat diberikan kepada saudara, tetangga, pondok pesantren, ataupun panti asuhan terdekat dari rumah kita.

4. Mengirimkan Uang Kepada Orang Tua atau Keluarga

Cara berikutnya ialah mengirimkan sejumlahn uang kepada orang tua atau keluarga di waktu subuh.  Dengan memberikan uang kepada keluarga di waktu subuh dapat memberikan rezeki bagi mereka dan juga kebahagiaan untuk mereka mengawali aktivitas di pagi hari.

5. Memperbanyak Dzikir

Sedekah pada dasarnya tidak hanya dikeluarkan dalam bentuk uang atau materi, sedekah juga dapat dilakukan dalam bentuk lain seperti amal shaleh dan dzikir.

Memperbanyak dzikir terhitung sebagai sedekah yang dapat membersihkan hati dan pikiran negatif. Memperbanyak dzikir termasuk perintah Allah, terlebih di waktu pagi dan petang.

Cara Sedekah Subuh Online di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur memiliki platform donasi online Indonesia Berbagi yang diharapkan dapat memudahkan sahabat untuk menunaikan kebaikannya. Nah, platform ini juga dapat kita gunakan untuk menunaikan sedekah subuh di rumah sendiri. Bagaimana caranya?

Berikut adalah cara sedekah subuh online di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin melalui platform Indonesia Berbagi.

1. Bukan laman https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

2. Pilih jenis donasi yang akan diberikan dan nominal uang serta bank pilihan.

3. Isi formulir donatur secara lengkap.

4. Klik tombol donasi sekarang.

5. Tunggu pesan konfirmasi dari admin Indonesia Berbagi.

6. Kirim bukti transaksi untuk konfirmasi donasimu.

7. Donasi selesai dan insyaallah akan disampaikan kepada penerima manfaat.

Manfaat Sedekah Subuh Secara Rutin

1. Mendapatkan Doa dari Malaikat

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”  (HR Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits diatas, kita dapat mengetahui bahwa di waktu subuh malaikat datang dan berdoa kepada Allah untuk memberikan pahala dan memberikan ganti kepada orang yang menunaikan sedekah di subuh hari.

Dengan demikian, kesempatan subuh ini jangan sampai terlewatkan begitu saja, mari manfaatkan dan raih pahala terbaik di pagi hari sebelum menunaikan aktivitas lainnya.

2. Dihapuskannya dosa

Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi bahwa sedekah dapat menghapus dosa seperti halnya air memadamkan api. Dengan demikian, sedekah merupakan amalan yang harus kita lakukan dengan ikhlas dan istiqamah setiap waktu termasuk waktu subuh.

3. Menolak Bala

Sedekah juga menjadi jalan untuk menghindari bala dan marabahaya. Dengan merutinkan sedekah subuh, maka hal tersebut dapat menjadi jalan kita untuk memohon kepada Allah agar dihindarkan dari segala musibah dan bencana. Sebagaimana apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut ini.

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR Tirmidzi)

4. Dilipatganakan harta dan pahala

Allah SWT berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Berdasarkan ayat diatas Allah menghendaki pahala dan harta yang berlipatganda bagi orang yang menunaikan sedekah, bahkan dengan jalan yang tidak disangka-sangka.

Dengan demikian, sedekah tidak menjadikan siapapun miskin, bahkan sebaliknya Allah akan membukakan pintu-pintu rezeki dari berbagai arah.

Leave a Reply