You are currently viewing Tata Cara Sedekah ke Anak Yatim Piatu Melalui Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Tata Cara Sedekah ke Anak Yatim Piatu Melalui Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Cara sedekah yatim yang dapat kamu lakukan antara lain dengan mengunjungi panti yatim atau menunaikannya secara online melalui platform sedekah online.

Rahmatanlilalamin.or.id – Pada dasarnya sedekah dapat dilakukan atau diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan tanpa ada batasan itu siapa serta batasan waktu. Dalam hal ini, kamu juga dapat memberikan sedekah kepada anak yatim yang berada di sekitarmu, terutama yang membutuhkan.

Cara sedekah yatim yang dapat kamu pilih antara lain dengan menunaikannya secara langsung ke panti asuhan ataupun melalui platform sedekah online yang tersedia.

Cara Sedekah untuk Anak Yatim

Cara Sedekah Yatim

Berikut adalah beberapa cara sedekah yatim yang dapat kamu lakukan agar sedekah yang dikeluarkan menjadi berkah dan penuh manfaat.

1. Meluruskan Niat

Niat menjadi penentu diterima atau tidaknya ibadah yang dilakukan seseorang termasuk sedekah yatim. Nah, sebelum menunaikan sedekah yatim kita dianjurkan untuk meluruskan niat terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara meluruskan niat? Untuk meluruskan niat yang pertama harus kamu lakukan ialah membuat itikad dalam diri bahwa sedekah yang diberikan semata-mata hanya untuk meraih keridhoan Allah, tanpa ada niat-niat lainnya yang dapat merusak nilai amalan tersebut.

2. Mengetahui jenis sumbangan yang dibutuhkan anak yatim

Agar sedekah yang kamu berikan memiliki nilai manfaat lebih, kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang mereka butuhkan.

Adapun kebutuhan anak yatim biasanya meliputi hal-hal berikut ini.

– Kebutuhan pokok, kebutuhan pokok yang dapat kamu berikan antara lain berupa beras, minyak, makanan sehat, gula, dan kebutuhan pokok lainnya.

– Peralatan sekolah, jenis peralatan sekolah yang dapat kamu sedekahkan antara lain buku, pensil, bulpoin, tas, seragam sekolah, sepatu dan lain sebagainya.

– Pakaian, jenis pakaian yang dapat kamu sedekahkan kepada anak yatim anara lain baju, celana, baju Muslim, sarung, dan lainnya.

– Alat mandi dan kesehatan, untuk alat mandi dan alat kesehatan kamu dapat memberikan sabun mandi, sampo, pasta dan sikat gigi, handuk dan lainnya.

Baca Juga: 8 Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim yang Dapat Dijadikan Opsi

3. Datang langsung ke panti yatim

Ketika kamu hendak sedekah kepada anak yatim, hendaknya kamu datang secara langsung ke rumah anak yatim tersebut atau jika ia berada di panti yatim maka kamu dapat datang ke panti yatim. Ada beberapa hikmah saat kamu datang langsung ke tempat anak yatim tersebut.

Misalnya, selain kamu memberikan sedekah berupa bantuan kebutuhan anak yatim, kamu juga dapat memberikan motivasi kepada mereka serta bercerita bersama-sama. Tentu hal itu pasti menyenangkan bukan?

4. Menunaikan dengan cara sedekah online

Jika kamu tidak memiliki waktu yang luang untuk datang ke panti yatim dan sharing bersama anak-anak, kamu dapat menunaikan sedekah terbaiknya melalui layanan sedekah online untuk anak yatim. Cara ini juga cukup efektif untuk sedekah kepada anak yatim, terlebih bagi kamu yang memiliki jadwal yang cukup padat.

Berapa Sedekah untuk Anak Yatim?

Cara Sedekah Yatim

Pada dasarnya tidak ada batasan jumlah bagi sedekah yatim yang akan kamu berikan. Syarat utama dari sedekah yatim ialah ikhlas dalam melakukannya tanpa ada niat-niat lain.

Dalam hal ini kamu dapat menyesuaikan dengan jumlah pendapatan dan kebutuhanmu setiap bulannya sehingga dengan bersedekah kamu juga masih bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Sedekah Yatim Melalui Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin merupakan lembaga sosial terpercaya yang menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf untuk membantu yatim, piatu, dan dhuafa yang membutuhkan. Yayasan juga saat ini mengelola empat panti yatim yang berlokasi di daerah Jabodetabek.

Yuk tunaikan sedekah terbaikmu melalui Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tombol di bawah ini.

Leave a Reply