You are currently viewing Empat Cara Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Apa Saja?

Empat Cara Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Apa Saja?

Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh – Sahabat, manusia di muka bumi ini terbagi menjadi dua tipe, pertama mereka yang suka makan banyak tetapi berat badannya tetap stabil. Kedua, mereka yang makannya hanya sedikit  bahkan hanya sesuap nasi saja, namun angka di timbangan berat badannya selalu bergerak naik.

Perlu sahabat ketahui, naik turunnya berat badan dipengaruhi oleh metabolisme tubuh seseorang. Orang yang metabolisme tubuhnya rendah atau lambat akan lebih cepat mengalami penggemukan. Sebaliknya, orang yang memiliki metabolisme tubuh baik atau tunggi berat badannya cenderung terjaga dan tetap stabil. Lalu bagi orang yang metabolismenya rendah, apakah ada cara untuk meningkatkan metabolisme tubuhnya?

Sebelum mengetahui cara meningkatkan metabolisme tubuh, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu metabolisme tubuh, perannya bagi tubuh serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Olahraga Merupakan salah satu cara sederhana meningkatkan metabolisme tubuh.

Metabolisme adalah proses pembakaran kalori yang dihasilkan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh yang kemudian menghasilkan energi.  Seluruh proses tersebut secara berkelanjutan menghasilkan dan membakar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai fungsi seperti bernapas, mengatur sirkulasi darah, menghasilan hormon, menyembuhkan luka, serta memperbaiki sel-sel yang rusak.

Agar kalori dalam makanan dapat diolah menjadi energi, nutrisi didalamnya perlu dipecah sehingga dapat diserap oleh tubuh. Misalnya, protein akan dipecah menjadi asam amino dan karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa.

Pada orang yang memiliki laju metabolisme tubuh tinggi, pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lebih cepat dan banyak. Semakin tinggi laju metabolisme, semaki banyak juga kalori yang dibakar sehingga tidak terjadi penimbunan atau penumpukan kalori dalam bentuk lemak. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa meningkatkan metabolisme tubuh dapat membantu penurunan berat badan.

Setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda, Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh pada seseorang adalah sebagai berikut.

Ukuran dan Komposisi Tubuh, Ukuran dan komposisi tubuh seseorang sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Orang berbadan besar serta memiliki otot yang lebih banyak bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan orang yang badan dan ototnya biasa saja.

Jenis Kelamin, Jenis kelamin menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Seorang pria biasanya memiliki lemak lebih sedikit dan otot lebih banyak daripada wanita. Dengan demikian, pria lebih memiliki potensi untuk membakar kalori lebih banyak dengan otot-otot yang dimilikinya.

Usia, Usia dapat mempengaruhi pembakaran lemak pada tubuh. Hal itu dikarenakan semakin bertambahnya usia, jumlah otot cenderung menurun dan lemak jadi lebih banyak. Hal itu memengaruhi pembakaran kalori jadi lebih lambat.

Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Usia merupakan salah satu faktor perbedaan metabolisme tubuh.

Sahabat, selain dapat menjaga berat badan agar tetap stabil, metabolisme tubuh yang tinggi akan menjadikanmu tetap energik dan merasa lebih baik sepanjang hari. Oleh sebab itu, menjaga metabiolisme tubuh agar tetap berjalan normal adalah langkah tepat yang bisa kita lakukan.

Agar mampu menjaga metabolisme tubuh tetap normal, ini empat cara sederhana menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab berkurangnya proses pembakaran kalori dalam tubuh serta peningkatan hormone stress yang memicu dapat meningkatkan penimbunan lemak serta memicu rasa lapar. Kurang tidur juga menjadi alasan kenapa orang mudah sekali untuk lapar dan kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Sebaliknya, tidur yang cukup dan berkualitas sering dikaitkan dengan pemulihan kondisi tubuh. Artinya, pada saat tidur tubuh akan mampu mempercepat proses metabolisme sehingga tubuh tetap berfungsi dengan optimal serta berat badan cenderung stabil. Agar metabolism tetap terjaga, disarankan untuk tidur antara enam sampai delapan jam selama satu hari.

Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Banyak minum air putih dapat tingkatkan metabolisme tubuh.

Perbanyak minum air putih

Cara sederhana untuk meningkatkan metabolism tubuh selanjutnya adalah banyak minum air putih. Berdasarkan beberapa studi, air putih utamanya air dingin dapat menjadikan tubuh lebih banyak membakar kalori.

Minum air putih sebelum makan juga akan menjadikan tubuh lebih cepat kenyang sehingga kita mampu mengontrol porsi makan. Meski demikian, manfaat air putih untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Lakukan olahraga rutin

Olahraga secara rutin dengan intensitas yang tinggi merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan metabolisme. Berolahraga dapat membakar kalori dalam tubuh kita sehingga semakin banyak kalori yang terbakar akan semakin banyak karbohidrat dan lemak diproses tubuh lewat metabolisme.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Imunitas Selama Pandemi

Latihan angkat beban merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan agar dapat meningkatkan metabolisme. Selain membakar kalori, latihan angkat  beban juga dapat membantu pembentukan jaringan otot. Semakin banyak atau semakin besar massa otot, tingkat metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi.

Konsumsi banyak protein

Pada dasarnya tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino sehingga dapat diserap oleh tubuh. Hal demikian menjadi alasan mengapa memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolism tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Lebih dari itu, makanan tinggi protein juga menjadikan perut kita merasa kenyang lebih lama dan mampu menekan nafsu makan sehingga membantu kita dalam menjaga berat badan.

Leave a Reply