You are currently viewing Empat Hal yang Menjadi Ciri Keberkahan dalam Hidup Seseorang

Empat Hal yang Menjadi Ciri Keberkahan dalam Hidup Seseorang

Berkaitan dengan keberkahan hidup mungkin kita sering bertanya apa saja yang menjadi ciri keberkahan dalam hidup seseorang? Mari kita ketahui ciri-ciri keberkahan dalam hidup serta makna berkah itu sendiri.


Rahmatanlilalamin.or.id – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah “berkah”. Selain itu, kata berkah juga sering menjadi bagian dari doa yang kita panjatkan setiap hari, “semoga hidup kita senantiasa berada dalam keberkahan”.  Mari kita pahami makna keberkahan dan ciri-cirinya berikut ini.

Makna Keberkahan

Dalam memaknai istilah berkah atau keberkahan, Imam Al-Ghazali memaknainya dengan bertambahnya kebaikan.

Selanjutnya, para ulama juga memkanai kata berkah dengan segala hal yang berlimpah baik dari aspek spiritual atau material, termasuk di dalamnya adalah kasih sayang, ketenangan, kenyamanan, ilmu, waktu, hingga usia.

Adapun dalam bahasa arab, istilah berkah berasal dari kata barokah yang memiliki arti nikmat. Dalam struktur bahasa lain, istilah barukah tersebut disebut juga Mubarak dan tabaruk.

Ciri-Ciri Keberkahan dalam Hidup

Ciri Keberkahan Hidup

Berkah dapat kita maknai dengan bertambahnya kebaikan. Berikut adalah ciri-ciri keberkahan dalam hidup yang dapat dirasakan oleh seseorang.

1. Merasakan Nikmat dalam Mengerjakan Amal Shaleh

Ciri keberkahan yang dapat dirasakan oleh seseorang yang pertama ialah merasakan nikmat dalam mengerjakan amal shaleh. Dalam hal ini, seseorang akan merasa ringan dalam mengerjakan amal shaleh tanpa ada perasaan tertekan, berat, atau merasa payah dalam menjalankannya.

Misalkan saat melakukan sedekah, kita akan merasakan keutamaan sedekah tersebut dan manfaatnya dalam kehidupan yang kita jalani. Hal itu kemudian kita akan ringan dalam mengerjakannya.

Adapun, hal itu terjadi karena kehendak Allah yang memberikan hambanya petunjuk. Sebagaimana dalam firman-Nya sebagai berikut.

“Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam” (QS: Al-An’am: 125)

Dari ayat diatas kita dapat mengambil hikmah bahwa keberkahan hidup dari Allah adalah dengan merasakan nikmat iman dan Islam sehingga mampu juga meraih kenikmatan saat menjalankan ibadah.

Baca Juga: Enam Amalan di Pagi Hari untuk Menjemput Keberkahan

2. Konsisten dalam Kebaikan

Salah satu cara agar kebaikan terus bertambah ialah dengan konsistem dalam mengerjakannya. Hal ini juga menjadi ciri seseorang yang hidupnya berada dalam keberkahan. Berkaitan dengan hal itu, Allah SWT berfirman:

“Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus” (QS Ali Imron: 101)

Berdasarkan ayat diatas, kita dapat mengambil hikmah bahwa salah satu tanda kita konsisten dalam kebaikan ialah dengan terus berpegang teguh pada perintah Allah dalam kondisi apapun.

Dan orang yang hidupya berada dalam keberkahan, akan senantiasa konsisten dalam mengerjakan kebaikan hinggai akhir hayatnya.

3. Merasakan Kerinduan pada Allah

Selanjutnya, orang yang hidupnya berada dalam keberkahan ia merasakan kerinduan kepada Allah. Ia juga menyadari bahwa segala nikmat yang ia rasakan di muka bumi ini merupakan bentuk pemberian dari Allah Ta’ala.

Berdasarkan hal itu, ia senantiasa meningkatkan ketakwaan dan selalu rindu kepada Allah di setiap waktu karena menyadari bahwa manusia di muka bumi ini tidak akan mampu melakukan apapun tanpa adanya pertolongan dari Allah.

Baca Juga: Hidup Penuh Keberkahan dengan Rutin Membaca Shalawat Nabi

4. Mampu Bersabar dalam Menghadapi Berbagai Ujian

Ujian merupakan bumbu kehidupan yang pasti akan dialami oleh setiap manusia dimuka bumi ini. Dan salah satu cara untuk menghadapi ujian ialah menghadapinya dengan penuh kesabaran.

Sabar dalam menghadapi ujian dalam hal ini menjadi salah satu ciri orang yang hidupnya berada dalam keberkahan.

Dengan limpahan keberkahan dari Allah SWT, orang-orang yang berpegang teguh pada jalan-Nya akan selalu diberikan kemudahan untuk terus bersabar dalam menghadapi berbagai ujian. Baik ujian dalam bentuk kebahagiaan ataupun kesulitan.

Dalam firman-Nya, Allah beberapa kali menyerukan umat-Nya untuk tetap sabar dalam berbagai kondisi, salah satunya anjuran bersabar dalam QS. Ali Imran ayat 200 sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung” (QS Ali Imran: 200)

Sahabat, demikianlah beberapa ciri orang yang hidupnya dalam keberkahan. Semoga sebagai manusia kita mampu menyukuri segala nikmat yang diberikan oleh-Nya sehingga menjadi berkah dalam hidup kita.

Salah satu cara untuk menambah keberkahan hidup ialah dengan menunaikan sedekah. Dengan menunaikan sedekah, rezeki yang merupakan nikmat yang diberikan Allah pada hamba-Nya akan bertambah nilai kebaikannya ketika kita mampu membagikannya kepada orang lain terutama pada orang yang membutuhkan.

Leave a Reply