You are currently viewing Merasa Malas dan Berat untuk Beribadah? Mari Amalkan Doa Berikut Ini

Merasa Malas dan Berat untuk Beribadah? Mari Amalkan Doa Berikut Ini

Doa berlindung dari sifat malas – Sahabat, iman dalam hati kita tak selamanya berada dipuncak dan memberikan semangat untuk terus beribadah dan mengerjakan berbagai amal shaleh. Iman memiliki sifat bertambah dan berkurang sehingga seseorang dianjurkan untuk mencenderungkan diri dalam lingkungan yang baik.

Ketika hati kita berada dalam puncak keimanan, maka sebisa mungkin ia harus memperbanyak amal kebaikan. Sebab, imam akan bertambah seiring dengan banyaknya amal kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas.

Sebaliknya, ketika seseorang berada pada derajat iman yang rendah atau lemah, sebaiknya mengusahakan diri agar senantiasa berada dalam kebaikan atau berada dalam lingkungan yang baik agar tidak terjeremus pada sesuatu yang hina disisi-Nya.

Iman yang lemah terkadang mendorong diri kita untuk merasa malas dan pada akhirnya sulit untuk menunaikan ibadah. Kadang segudang alasan sering dibuat-buat hingga kewajiban-kewajiban perlahan kita lalaikan.

Iman yang lemah juga mendorong suasana batin kita terasa tidak dekat dengan Allah SWT, semakin merasa tidak dekat dengan-Nya maka rasa malas yang ada akan semakin mendorong kita untuk berleha-leha dan secara perlahan mengurang intensitas ibadah kita seperti sedekah, puasa dan bahkan shalat yang menjadi kewajiban kita sebanyak lima waktu dalam sehari.

Sahabat, meskipun rasa malas merupakan salah satu sifat manusiawi yang secara alamiah ada dalam diri kita, jangan sampai rasa malas itu menjadi penguasa dalam diri kita. Sebagai seorang hamba, kita patut menyadari bahwasannya tidak mungkin kita meninggalkan ibadah karena kelak kita akan dihadapkan dengan alam akhirat.

Sebab itu, kita harus senantiasa menguatkan iman setiap saat dengan cara mencari ilmu, mengerjakan banyak amal shaleh serta berdoa agar hati kita diberikan kelembutan serta keringanan dalam melaksanakan amal kebaikan.

Baca Juga : Doa Untuk Anak Agar Menjadi Anak yang Shaleh

Berikut adalah doa berlindung dari sifat malas yang dapat kita panjatkan agar terhindar dari sifat malas untuk mengerjakan kebaikan.

Doa Berlindung dari Sifat Malas

Sahabat, dalam pandangan islam rasa malas itu muncul dari godaan syaitan. Untuk itu, yuk kita amalkan doa diatas setiap hari. Selain memohon agar dihindarkan dari sifat malas, pada doa diatas juga terdapat permintaan agar kita diberi keselamatan dan terhindari dari sifat-sifat jelek yang disebutkan didalamnya.

Semoga hari-hari yang kita lalui menjadi hari yang produktif dan dapat diisi dengan berbagai amal kebaikan yang bermanfaat. Aamiin.

Leave a Reply