You are currently viewing Jangan Cemas, Yuk Amalkan Doa Tolak Bala dan Wabah Berikut Ini

Jangan Cemas, Yuk Amalkan Doa Tolak Bala dan Wabah Berikut Ini

Doa Tolak Bala dan Wabah – Tidak sedikit diantara kita yang saat ini mungkin berada dalam kecemasan dan kekhawatiran karena meningkatnya angka penularan kasus Covid-19. Jika dulu kita mendengar orang yang terpapar adalah orang-orang lain yang jauh dari lingkungan kita, namun saat ini orang yang terpapar itu ialah tetangga, teman, bahkan orang-orang terdekat kita.

Indra pendengaran kita mungkin sudah tak asing dengan kabar duka yang diumumkan di masjid sekitar hampir tiap pagi. Semoga Allah melindungi diri kita dari wabah ini dan segera menyembuhkan saudara-saudara kita yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh, semoga juga para tenaga kesehatan senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan dalam mengemban tugasnya di garda terdepan dalam menghadapi wabah ini.

Dalam menghadapi masa-masa sulit saat dilanda wabah dan musibah, Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk senantiasa memperbanyak waktu untuk melangitkan doa.

Doa adalah sebuah permohonan dari seorang hamba kepada Allah dengan disertai kerendahan hati untuk mendapatkan pertolongan dan solusi dari kesulitan yang sedang dihadapi. Memanjatkan doa termasuk ke dalam amalan yang bernilai ibadah sehingga penting bagi kita yang hendak berdoa untuk menerapkan sikap khusyu atau bersungguh-sungguh.

Doa menjadi salah satu tanda ketaatan seorang hamba kepada Allah SWT yang dapat meningkatkan kedekatan dengan-Nya. Ia menjadi tolak ukur ketaqwaan seseorang kepada Penciptanya.

Bagi seorang muslim, doa adalah senjata terbaik dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Ia mampu meringankan apa yang sebelumnya berat, mendekatkan apa yang sebelumnya jauh serta menjadikan sesuatu yang mustahil menjadi mungkin.

Agar terhindar dari bala dan wabah, ada beberapa doa khusus yang bisa dipanjatkan oleh seorang muslim agar terhindar dari keduanya. Berikut adalah doa tolak bala dan wabah yang bisa kita amalkan agar terhindar dari berbagai musibah dan wabah.

Doa tolak bala dan wabah

“Dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali di waktu pagi dan tiga kali di waktu petang. Adapun keutamaan doa diatas ialah dapat menghindarkan seseorang dari musibah yang datang secara tiba-tiba.

Doa tolak bala dan wabah

“Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah Wahai sang pembedah kegelisahan, wahai Sang penyingkap kebingungan Wahai dzat yang mengampuni dan mengasihi para hambanya Wahai Sang Penolak Bala, Ya Allah Wahai Sang Penolak Bala, Ya Rohman Wahai Sang Penolak Bala, Ya Rohim Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah untuk baginda Nabi Muhammad dan para keluarga serta sahabatnya semua, Maha suci Tuhanmu, Yang Memiliki Keperkasaan (lzzah) dari apa yang mereka katakan. Keselamatan semoga dilimpahkan kepada para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa tolak bala dan wabah

“Ya Allah, hindarkanlaha dari kami kekurangan pangan cobaan hidup penyakit-penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.”

Selain mengamalkan doa-doa diatas, dalam menghadapi wabah virus Covid-19 yang melanda masyarakat dunia saat ini. Kita juga dianjurkan untuk menyempurnakan usaha kita dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, mengikuti himbauan-himbauan yang berlaku serta membantu orang-orang yang terdampak dengan sedekah,

Amalan Penolak Bala dan Wabah

Sahabat, selain membaca doa tolak bala dan wabah, kita juga dapat menyempurnakannya dengan mengerjakan amalan-amalan tolak bala untuk menangkal berbagai musibah, penyakit dan hal-hal yang tidak kita inginkan lainnya.

Tentunya dalam mengerjakan amal ini kita harus tetap meluruskan niat hanya untuk meminta ridha dan pertolongan Allah semata. Berikut adalah tiga amalan tolak bala yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Senantiasa Memperbaiki Kualitas Shalat

Shalat merupakan amalan utama bagi seorang muslim. Ia juga akan menjadi amalan pertama yang dihisab di hari perhitungan kelak. Selain itu, shalat juga merupakan amalan yang dapat mencegah berbagai macam bencana dan musibah. Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman, ” Jadikanlah sabar dan sahalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah ayat 45)

Dalam ayat diatas, Allah SWT menganjurkan untuk menjadikan shalat sebagai salah satu penolong kita. Untuk itu, langkah yang harus kita lakukan adalah memperbaiki kualitas shalat kita, dari mulai tepat waktu sampai khusyuk dalam menunaikannya.

Baca Juga : Berdoalah dalam urusan apapun

2. Memperbanyak Istighfar

Bala dan wabah yang melanda bisa saja merupakan dampak dari dosa yang diperbuat. Untuk itu perbanyaklah istighfar untuk memohon ampun atas segala dosa yang telah berlalu. Allah berjanji akan mengangkat bencana dari muka bumi dan tidak akan menyiksa suatu kaum jika mereka senantiasa beristighfar dan taubat pada-Nya.

3. Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang dapat menyelamatkan kita dari sakit, bencana dan berbagai musibah. Rasulullah SAW bersabda “Obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”. Untuk itu agar terhindar dari berbagai bala, wabah dan musibah marilah membiasakan diri sedekah mulai dari hal-hal yang kecil.

Leave a Reply