You are currently viewing Dua Keutamaan Silaturahmi

Dua Keutamaan Silaturahmi

Dua Keutamaan Silaturahmi – Bersilaturahmi atau saling mengunjungi antar sesama memiliki nilai yang amat berharga dalam kehidupan ini. Selain bernilai pahala, silaturahmi juga dapat mempererat persaudaraan dan persaturan, menghindarkan segala bentuk prasangka yang dapat mendatangkan banyak madarat dalam hidup ini.

Silaturahmi adalah salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim guna menyambung tali persaudaraan. Silaturahmi dapat dilakukan kapan saja baik kepada keluarga terdekat, teman kerja, tetangga, dan orang-orang lainnya.

Di satu sisi, silaturahmi bermanfaat bagi diri kita sendiri untuk meningkatkan kapasitas diri dalam berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan orang sekitar, utamanya saat kita hadir di lingkungan yang baru.

Selanjutnya, telah disebutkan dalam firman Allah dan juga sabda Nabi bahwa bersilaturahmi memiliki beberapa keutamaan. Berikut adalah dua keutamaan silaturahmi yang insyaallah akan diraih oleh orang yang melakukannya.

1. Dimasukan ke dalam surga ‘Adn

Allah telah menjanjikan bagi hamba-Nya yang senantiasa menjalin silaturahmi berupa ganjaran yang istimewa yakni dimasukan ke dalam surga ‘Adn. Hal tersebut sesuai dengan firman-Nya sebagai berikut.

“Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk (akan dimasukan dalam surga ‘Adn),” (QS Ar-Ra’d: 21).

Sahabat, siapakah diantara kita yang tak menginginkan dirinya masuk surga? Tentu tidak ada satupun yang menginginkannya. Dengan demikian, yuk pererat kembali tali persaudaraan dengan suadara-saudara dan orang-orang di sekitar kita.

Dua keutamaan silaturahmi
Bahagianya makan bareng merupakan salah satu manfaat dari silaturahmi.

2. Diperluas rezeki dan ditunda ajal

Selanjutnya keutamaan silaturahmi ialah diberi keluasan atau kelapangan rezeki serta diberikan umur yang panjang. Rasulullah SAW, “Barang siapa yang ingin memperluas rezekinya dan ditunda ajalnya, maka hendaklah menyambung (persaudaraan) dengan saudaranya,” (HR Al-Bukhari).

Sahabat, betapa besarnya kasih sayang Allah terhadap hamba-Nya, setiap kebaikan yang dikerjakan oleh hamba-Nya diberikan pahala yang berlipat. Sungguh menunaikan kebaikan merupakan salah satu cara yang bisa kita tempuh untuk meraih pahala dan ridho-Nya dalam ketidaktahuan kita akan datangnya ajal.

Baca Juga : Empat Amalan Abu Bakar yang Berpahala Surga

Mari kita pererat lagi persaudaraan dengan saling mengunjungi ataupun bersilaturahmi serta penuhi hak-hak tetangga yang berada di sekitar tempat tinggal kita. Meski berada dalam kondisi pandemi, silaturahmi haruslah tetap bisa dilaksanakan dengan menggunakan berbagai alternatif misalnya dengan cara silaturahmi virtual ataupun layanan video call.

Leave a Reply