Dua Waktu Mustajab di Hari Jum’at, Yuk Amalkan!

Dua Waktu Mustajab di Hari Jum’at, Yuk Amalkan!

Hari Jumat bagi seorang muslim merupakan hari yang istimewa dan terdapat banyak keberkahan didalamnya. Ada banyak riwayat yang menyebutkan beberapa amalan utama yang bisa dilakukan pada hari jum’at ini seperti memperbanyak shalawat, dzikir, sedekah, membaca QS. Al-Kahfi, memperbanyak do’a dan amalan-amalan pelengkap lainnya.

Selanjutnya salah satu amalan yang sangat dianjurkan ialah memperbanyak do’a pada hari yang berkah ini, terlebih dalam keadaan pandemi dan serba tidak pasti ini kita semua harus memperbanyak waktu untuk memanjatkan do’a agar pandemi ini segera berlalu. Hari jum’at termasuk kedalam waktu mustajabnya do’a, sebagaimana terdapat dalam hadits nabi berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang ada seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, tetapi Allah akan memberi apa yang dia minta. ” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya)

Hadits diatas menerangkan bahwa jika seorang hamba memanjatkan do’a pada hari jum’at maka tak lain Allah akan mengabulkannya, Selanjutnya hadits diatas juga menjelaskan waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a pada hari jum’at, berikut adalah waktu-waktu mustajabnya do’a di hari Jum’at.

Pertama, yaitu pada saat duduknya imam dan sampai selesainya shalat Jum’at. Hal itu berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dan Abu Daud berikut. Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari. Ia berkata, “Abdullah bin Umar bertanya padaku, ‘Apakah Anda pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia mengatakan bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda“ Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat. ”

Kedua, waktu yang mustajab untuk berdo’a pada hari Jum’at ialah setelah waktu ashar, hal ini  berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad yang menjelaskan bahwa pada hari Jum’at ada suatu waktu bagi seorang hamba untuk memanjatkan do’a dimana Allah akan mengabulkan do’anya, adapun waktu tersebut ialah setelah Ashar.

Sahabat, Berdo’a merupakan amalan yang baik dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, adapun hari jum’at merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a, dan pada hari jum’at tersebut ada dua waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a pada hari jumat yakni pada waktu shalat Jum’at dari awal sampai akhir dan setelah waktu ashar. Yuk panjatkan do’a-do’a-do’a terbaik sahabat di hari yang berkah ini, semoga apa yang menjadi harapan sahabat semua dikabulkan oleh Allah swt. Aamiin.

Selanjutnya pada hari jum’at yang berkah ini sahabat juga bisa menyempurnakannya dengan amalan-amalan lain  seperti memperbanyak sedekah, membaca dzikir, membaca Surat Al-Kahfi, shalwat dan menyempurnakan ibadah shalat jum’at dengan melaksanakan sunnah-sunnah yang ada didalamnya.

Yuk Tunaikan sedekah jum’at terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, dengan mentransfer ke nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Permata Bank Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A/N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Selanjutnya, Klik disini untuk berdonasi.