You are currently viewing Empat Cara Sederhana Ini Dapat Jaga Kesehatan Tubuhmu, Apa Saja?
Sumber: Pixabay

Empat Cara Sederhana Ini Dapat Jaga Kesehatan Tubuhmu, Apa Saja?

Empat Cara Sederhana Jaga Kesehatan – Sahabat, kesehatan adalah amanah bagi setiap insan untuk tetap dijaga dan dipelihara. Tak hanya itu, kesehatan juga nikmat yang selayaknya kita syukuri dan manfaatkan untuk terus berbuat kebaikan. Kesehatan juga menjadi salah satu nikmat atau amanah yang pertama kali ditanyakan di akhirat kelak.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi Rasulullah SAW bersabda: “Nikmat yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya, “Bukankah Aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air yang menyegarkan?”

Namun, dibalik semua itu kita seringnya abai terhadap kesehatan diri sendiri. Bahkan, seringnya perbuatan dan aktivitas yang kita kerjakan banyak sekali yang membahayakan kesehatan kita seperti halnya makan sembarangan, jarang berolahraga, dan lain sebagainya.

Empar Cara Sederhana Jaga Kesehatan
Kesehatan adalah amanah dan nikmat yang harus dijaga (Foto: Pixabay)

Sahabat, seringnya kita merasa baik-baik saja tapi kurang memperhatikan apa yang dikonsumsi, istirahat dan tidur yang cukup, dan menjaga pikiran agar tetap tenang. Tentunya merasa baik-baik saja dalam kondisi yang demikian merupakan salah satu pola hidup yang salah. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita untuk tetap menjaga pola hidup sehat, berikut adalah empat cara sederhana jaga kesehatan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

1. Bersiwak

Bersiwak dilakukan guna menjaga kesehatan mulut dan gigi setelah bangun tidur. Siwak mungkin masih terdengar asing di sebagian kalangan dan saat ini mayoritas menggunakan sikat dan pasta gigi untuk membersihkan mulut dan gigi baik sebelum dan juga setelah tidur.

2.  Konsumsi madu dan air putih setiap pagi

Madu memiliki ragam manfata bagi tubuh seperti halnya membersihkan lambung, mengaktifikan usus-usus, serta menyembuhkan sembelit, wasir, dan peradangan. Madu juga memiliki dampak yang baik bagi daya tahan tubuhmu. Untuk itu,jangan lupa untuk konsumsi madu dan perbanyak konsumsi air putih untuk tetap menjaga kesehatanmu.

Empar Cara Sederhana Jaga Kesehatan
Madu memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pixabay)

3.  Sarapan pagi

Dalam sebuah riwayat ada yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW sarapan pagi dengan mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa. Sahabat bisa menjadian hal tersebut sebagai contoh untuk menjaga pola makan yang sehat, insyaallah dengan mengerjakannya kita akan mendapatkan manfaat dan juga keutamaan dari menjaga sunnah.

Baca Juga : Dua Keutamaan Silaturahmi

Bagi sahabat yang belum bisa mengonsumsi kurma di pagi hari karena berbagai alasan, sahabat bisa menjaga kesehatan dan pola makan dengan merutinkan sarapan pagi dengan cukup.

4.  Sempatkan istirahat di waktu dhuhur

Rasulullah menganjurkan kepada para sahabat untuk istirahat ataupun tidur di siang hari (qailullah). Berdasarkan ilmu kesehatan, istirahat atau tidur siang yang baik ialah sekitar 10-30 menit. Tak hanya itu tidur siang juga memiliki manfaat yang baik seperti mengembalikan mood kerja dan meningkatkan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply