You are currently viewing Empat Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Empat Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Hidup Sehat Ala Rasulullah – Kesehatan merupakan salah satu karunia Allah yang sering diabaikan atau dilalaikan oleh manusia. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang menyebutkan bahwa ada dua nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia, yakni nikmat sehat dan waktu senggang.

Padahal jika direnungi lebih dalam lagi, kesehatan merupakan mahkota yang tidak dapat dirasakan kecuali bagi mereka yang sakit.  Dengan demikian menjaga kesehatan akan jauh lebih baik daripada mengobati sakit yang sewaktu-waktu bisa kita alami.

Rasulullah SAW selama hidupnya disebutkan hanya mengalami sakit sebanyak dua kali. Pertama, ketika beliau kembali dari ziarah makam pahlawan di Baqi’. Kedua, ketika beliau mengalami susah tidur dan demam panas beberapa hari sebelum beliau wafat.

Kemudian setelah itu timbul sebuah pertanyaan, mengapa Nabi Muhammad SAW selalu sehat? Tentunya ada beberapa cara yang telah dicontohkan oleh rasul untuk tetap hidup sehat jasmani dan rohani. Berikut adalah beberapa tips hidup sehat ala rasulullah yang wajib sahabat ketahui.

Bangun di Waktu Subuh

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah senantiasa bangun di waktu subuh. Waktu subuh disini tidak sama dengan waktu pagi. Waktu subuh ialah setelah fajar menyingsing dan sebelum matahari terbit. Adapun waktu pagi ialah waktu matahari terbit, kurang lebih sekitar jam 07.00.

Allah SWT sering bersumpah dengan waktu, salah satunya waktu subuh. Adapun tujuannya adalah untuk menarik perhatian manusia khususnya mereka yang beriman pada-Nya akan pentingnya waktu bagi kesehatan fisik dan mental.

Bangun di waktu subuh merupakan salah satu gaya hidup sehat yang patut diteladani. Pasalnya pada waktu subuh kondisi udara masih sangat segar dan banyak mengandung zat asam yang sangat diperlukan untuk pernapasan manusia.

Tidak heran orang yang senantiasa bangun di waktu subuh dan selalu menghirup udara subuh sukar dihinggapi berbagai penyakit yang dapat menyerang paru-paru. Pernapasan orang itu teratur dan paru-parunya menjadi lebih kuat. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani, bangun diwaktu subuh juga bermanfaat bagi kesehatan rohani.

Selalu Menjaga Kebersihan

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Sedari kecil Rasulullah SAW senantiasa menjaga kebersihan  meskipun negerinya kekurangan air. Kemudian setelah diangkat menjadi rasul, perhatian rasul pada masalah kebersihan semakin besar.

Dalam ilmu fiqih, bab pertama yang dipelajari adalah bab thaharah atau bersuci. Dalam hal ini seluruh umat islam diwajibkan beribadah dalam keadaan suci khususnya ibadah shalat. Kemudian dalam sebuah penggalan hadits Rasulullah menyebutkan bahwa “Bersuci itu sebagian dari iman”.

Makan Secukupnya

Hidup Sehat Ala Rasulullah

Makan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi, bila tidak makan pada waktunya bisa jadi seseorang tidak akan memiliki energi untuk beraktivitas bahkan bisa mati kelaparan.

Memenuhi kebutuhan makan sangat dianjurkan, akan tetapi tidak dianjurkan untuk berlebihan.Untuk menjaga kesehatannya Rasulullah senantiasa menjaga pola makan dengan cara makan secukupnya. Rasulullah SAW bersabda: “Kami adalah kaum yang tak pernah makan sebelum lapar, dan bila kami makan tidak pernah sampai kenyang.”

Baca Juga : Anjuran Menjaga Kesehatan Bagi Seorang Muslim

Makan sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup, akan tetapi manusia hidup di dunia ini bukan untuk makan. Manusia yang hidup hanya untuk makan akan merosot nilainya menjadi seperti hewan. Dalam hal ini Sayidina Ali bin Abi Thalib RA berkata :  “Orang yang hidup hanya untuk mengisi perutnya, nilainya sama dengan apa yang keluar dari perutnya.”

Banyak Berjalan Kaki

Berjalan kaki memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berjalan kaki adalah suatu cara gerak badan yang sangat penting dan menyehatkan. Dengan sering berjalan kaki, pernapasan lebih teratur, urat-urat akan selalu tergerakkan, paru-paru akan menjadi kuat, dan darah menjadi bersih.

Leave a Reply