You are currently viewing Empat Tips Sarapan Sehat Ini Dipercaya Dapat Turunkan Kolestrol, Apa Saja?

Empat Tips Sarapan Sehat Ini Dipercaya Dapat Turunkan Kolestrol, Apa Saja?

Empat Tips Sarapan Sehat – Hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menjadi impian setiap orang, tidak sedikit orang yang berupaya untuk meraihnya dengan berbagai cara mulai dari mengonsumsi vitamin dan suplemen, berolahraga, istirahat yang cukup, mengatur pola makan dan lain sebagainya.

Untuk memulai hidup sehat tentunya kamu harus disiplin dan konsisten untuk meraih kesehatan yang maksimal. Salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk hidup sehat ialah dengan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh yang bisa kamu mulai dengan mengonsumsi sarapan pagi yang sehat.

Sarapan sehat dan seimbang merupakan hal penting bagi kamu untuk memulai aktivitas seharian. Hal itu tak lain karena sarapan mampu membantu tubuhmu untuk memproduksi energi yang berguna untuk aktivitasmu seharian.

Setiap orang dianjurkan untuk memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsinya di pagi hari. Utamanya bagi penderita kolestrol atau yang telah hidup berdampingan dengan kolestrol tinggi. Berikut adalah empat tips sarapan yang dapat membantumu untuk menurunkan kolestrol.

Empat Tips Sarapan Sehat
Hidup sehat dimulai dari menu sarapan sehat di pagi hari. (Foto: Pixabay)

1. Makan lemak sehat

Memilih jenis lemak yang tepat untuk sarapan memiliki pengaruh besar pada kolestrol dalam tubuh. Agar kolestrol dalam tubuh menurun, kamu dapat mencoba untuk membatasi lemak jenuh yang biasa ditemukan pada susu, makanan yang dipanggang, dan berbagai macam makan olahan. Sebaliknya, kamu harus mengonsumsi asupan lemak sehat yang terdapat pada kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh.

2. Makan lebih banyak serat larut

Serat larut dipercaya dapat menyeimbangkan kadar kolestrol. Serat larut biasa ditemukan dalam oatmeal dapat menguarangi penyerapan kolestrol dalam tubuh. Dalam sebauh peneletian menyimpulkan bahwa saat seseorang mengonsumsi 5-10 gram serat larut perhari dapat menurunkan kadar kolestrol LDL total dalam tubuh.

Dalam hal ini, agar dapat menurunkan kadar kolestrrol dalam tubuh kamu dapat mengonsumsi semangkuk oatmeal pada sarapan pagi dan menambahkan makanan kaya serat ekstra seperti apel dan buah beri.

3. Konsumsi asam lemak omega 3

Konsumsi asam lemak omega 3 secara tidak langsung dapat memengaruhi kadar kolestrol LDL dalam tubuh. Adapun cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan asam lemak omega 3 ialah dengan mengonsumsi kenari atau biji rami. Kamu juga bisa memasukan jenis makanan ini sebagai pelengkap yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothie.

Baca Juga : Empat Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Menambahkan whey protein

Menambahkan  bubuk whey protein saat sarapan diklaim sebagai salah satu cara untuk menurunkan kolestrol. Apabila kmau ingin mengonsumsi whey protein di pagi hari cukup menambhkan oatmeal dan buah beri.

Sahabat, diatas adalah empat tips sarapan sehat yang dapat kamu pilih untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuhmu. Jika ingin memulai hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kamu bisa memulainya dengan makan teratur dengan gizi yang seimbang.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply