You are currently viewing Raih Keberkahan Waktu Pagi, Lakukan Enam Amalan Pagi Hari Berikut Ini

Raih Keberkahan Waktu Pagi, Lakukan Enam Amalan Pagi Hari Berikut Ini

Amalan Pagi Hari – Waktu pagi merupakan waktu yang memiliki banyak makna, tak hanya sekedar waktu terbitnya matahari yang ditandai dengan hadirnya suara kokok ayam jantan di antara merduanya suara nyanyian burung.

Hadirnya waktu pagi juga memiliki makna sebagai kabar bagi seluruh penghuni bumi bahwa layar dunia akan dimulai kembali dan seiring dengan itu, kehidupan akan berputar kembali. Tidak semua orang sadar bahwa pagi hanya datang sebentar dan kemudian pergi lagi. Lebih dari itu, tidak semua orang dapat menikmati serta meraih keberkahan di waktu pagi.

Tak hanya itu, pagi juga merupakan waktu terbukanya pintu rezeki, waktu pembagian dan waktu dimana keberkahan akan datang. Selanjutnya, Imam Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa pagi hari bagi seseorang itu seperti halnya waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tua.

Pada waktu pagi, umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh serta meninggalkan tidur di waktu pagi hari. Agar tetap semangat dan dapat meraih keberkahan di waktu pagi, lakukanlah beberapa amalan pagi hari berikut ini.

1. Memperbanyak Dzikir

Amalan Pagi Hari
Memperbanyak dzikir di pagi hari.

Berdzikir untuk senantiasa mengingat Allah SWT merupakan amalan yang dianjurkan pada setiap kesempatan. Akan tetapi, dzikir di waktu pagi merupakan salah satu salah satu amalan yang waktu dan anjurannya disebutkan dengan jelas dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Dengan demikian, dzikir menjadi amalan yang patut digalakan setiap hari. Selain menambah semangat dan keberkahan di waktu pagi, dzikir pagi juga menjadikan segala urusan dimudahkan oleh Allah SWT. Selanjutnya, dzikir pagi dapat dibaca saat masuk waktu subuh hingga terbitnya matahari.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah amalan yang paling mulia dan dianjurkan pada setiap waktu. Adapun waktu terbaik untuk membaca Al-Quran adalah waktu shubuh atau waktu pagi. Setiap huruf yang dibaca dalam Al-Quran akan dilipatgandakan pahalanya, lebih dari itu membaca Al-Quran juga disebutkan sebagai dzikir terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang muslim.

Amalan Pagi Hari
Tilawah Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan di pagi hari.

Membaca Al-Quran diwaktu pagi dengan penuh penghayatan akan membantu fokus otak dan hati untuk lebih siap menyudahai waktu pagi dengan kebaikan, ilmu dan iman yang lebih hidup. Terlebih diwaktu pagi udara masih bersih dan jauh dari kebisingan akan memudahkan akal, hati dan emos lebih cepat merasakan getaran dari ayat demi ayat yang dibaca.

3. Memulai Aktivitas

Kondisi pagi hari yang sejuk dan jauh dari kebisingan menjadikan badan lebih segar daripada waktu-waktu yang lain. Rasulullah dalam hal ini tidak menjumpai pagi melainkan bergegas dalam memulai aktivitas. Waktu pagi adalah waktu yang sebentar dan akan dengan cepat berlalu.

Bergegas dalam memulai aktivitas merupakan salah satu bukti kesungguhan diri dalam meraih apa yang diinginkan. Seperti halnya pepatah dalam bahasa arab yang mengatakan “Man jadda wajada” (Siapa bersungguh-sungguh dia dapat). Untuk itu, jadikanlah waktu pagi sebagai waktu untuk memulai semua aktivitas dengan penuh semangat. Setelah shalat shubuh,dzikir dan tilawah bergegaslah untuk memulai aktivitas lain serta hindarilah tidur di waktu pagi.

4. Menyegerakan Mandi

Segala hal baik tentunya akan jauh lebih baik jika disegerakan. Demikian pula mandi di pagi hari, jika memungkinkan untuk dilakukan dengan segera, maka hal tersebut akan lebih baik. Meskipun jam berangkat kerja atau kantor masih terbilang jauh, menyegerakan mandi tentunya bukanlah hal yang merugikan.

Amalan Pagi Hari
Menyegerakan mandi pagi.

Mandi di pagi hari tentunya akan memberikan kesegeran pada tubuh kita. Adapun jika mandi pagi disegerakan maka waktu untuk melakukan persiapan sebelum melakukan rutinias harian di luar rumah bisa dilakukan leih awal sehingga kita bisa berangkat lebih bagi dan santai tanpa takut kesiangan serta dikejar-kejar waktu.

Perlu sahabat ketahui, aktivitas di pagi hari sangat berpengaruh pada aktivitas di hari tersebut. Bersiap-sipa memulai aktivitas dan berangkat lebih awal akan menjadikan hati kita lebih rileks sehingga semua urusan akan dihadapi dengan tenang dan semuanya akan berjalan sesuai rencana.

Baca Juga : Sedekah di Pagi Hari dengan Shalat Dhuha

5. Sedekah di Pagi Hari

Memulai pagi dengan sedekah tentunya merupakan awal hari yang sangat baik. Bagaimana tidak, pada pagi hari malaikat datang dan mendoakan orang yang senantiasa berbagi atau bersedekah agar dilipatgandakan rezekinya. Untuk itu, awali pagimu dengan bersedekah dengan sesama, baik itu untuk keluarga tercinta ataupun orang-orang yang berada di sekitarmu khususnya orang yang membutuhkan.

6. Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Ibadah sunnah ini memiliki keutamaan-keutamaannya sendiri yang telah dijelaskan dalam sejumlah hadits. Diantara keutamaan shalat dhuha ialah mempunyai nilai pahala sebagaimana orang yang bersedekah. Bahkan, Allah akan membukakan pintu rezeki sehingga tercukupinya segala kebutuhan orang yang melaksanakan shalat dhuha.

Leave a Reply