You are currently viewing Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah

Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah

Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah – Sahabat, salah satu tujuan dari penciptaan manusia ialah untuk beribadah kepada Allah. Ibadah dapat dipahami sebagai bentuk ketundukan atau ketaatan seorang hamba secara khusus kepada Allah. Dari segi perbuatannya, ibadah diklasifikasikan menjadi empat macam diantaranya ibadah Qalbiyyah (hati), ibadah qawliyyah (lisan, Ibadah Amaliyyah (amal/perbuatan), dan Ibadah Maaliyah (harta).

Setiap hari bahkan setiap waktu adalah kesempatan bagi seorang hamba untuk memaksimalkan ibadahnya serta memperbaiki ibadahnya dari waktu ke waktu. Sebab, salah satu tanda keberentungan seorang hamba ialah mampu menjadikan dirinya lebih baik dari hari sebelumnya.

erakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah

Hari Jum’at merupakan hari yang memiliki keutamaan dibandingkan dengan hari-hari yang lainnya. Hari Jum’at juga disebutkan sebaik-baik hari. Dalam sabdanya dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda :“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

Dalam islam, hari Jum’at termasuk ke dalam salah satu dari tiga hari raya. Jum’at menjadi hari raya yang mulia dan patut dirayakan selain Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri. Tentunya perayaan hari raya dalam islam merupakan momentum untuk memaksimalkan ibadah didalamnya, baik dengan cara shalat ied, sedekah dan shalat Jum’at.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditunaikan pada hari Jum’at ialah sedekah. Sedekah yang ditunaikan pada hari Jum’at lebih utama dibandingkan dengan hari lainnya. Ibnu Qayyim mengatakan “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya ibarat sedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.”

Diantara bentuk sedekah pada hari Jum’at yang bisa sahabat lakukan ialah sedekah makan siang. Sedekah makan siang dapat meringankan sedikit beban bagi saudara kita yang lebih membutuhkan. Selain itu, sedekah makan siang juga dapat dijadikan sarana untuk membangun kedekatan dan keakraban sehingga terciptanya ukhwah islamiyah yang lebih erat dan kuat.

Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah

Memberi makan terhadap sesama merupakan amalan sederhana yang dapat menjadi salah satu sebab bagi kita untuk mendapatkan surganya. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai manusia! terbarkan salam, berilah makan, shalatlah saat manusia tidur maka kalian akan masuk surga dengan kesejahteraan.” (HR Al-Tirmidzi, beliau nyatakan sebagai hadits shahih)

Alhamdulillah, dengan semangat berbagi terhadap sesama, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur menggalakan Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah. Dimana kegiatan ini berjalan setiap hari Jum’at untuk berbagi makanan terhadap mereka yang membutuhkan, mulai dari anak yatim dan dhuafa hingga para pejuang keluarga.

Gerakan sedekah makan siang jum’at berkah tentunya berjalan dengan lancar atas doa, dukungan, serta kepercayaan sahabat semua yang telah mendonasikan sebagian hartanya. Semoga kebaikan sahabat semua dibalasan dengan kebaikan yang berlipat ganda serta mendatangkan ridha dan keberkahan dari-Nya.

Baca Juga : Keajaiban Sedekah, Melindungi Diri dari Musibah

Sahabat, apa yang lebih utama jika amalan sederhana yang kita lakukan dapat mendatangkan banyak keberkahan dan pahala kebaikan dari-Nya. Sedekah makan siang yang dikeluarkan dari jiwa yang penuh empati dan ikhlas sepenuh hati semoga menjadi pembuka pintu-pintu kebaikan yang lainnya sehingga mengantarkan kita semua kepada surga-Nya.

Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah

Setiap amalan yang dianjurkan-Nya tentu tak pernah sedikitpun merugikan kita sebagai pelakunya. Begitupun dengan berbagi, meskipun kamu mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki tentu tak akan merugikanmu sedikitpun. Sebaliknya, hal itu justru akan menjadi pembuka pintu rezeki dan memperkaya hati.

Jangan berhenti untuk terus berbagi dan meraih manfaat yang tiada henti. Yuk terus ikut serta dalam Gerakan Sedekah Makan Siang Jum’at Berkah Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Sahabat bisa berdonasi paket makan siang dan mengirimkannya langsung ke kantor sekretariat kami  atau berdonasi sejumlah uang dengan mengakses tautan dibawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Leave a Reply