Hari Pohon Sedunia, Sudahkah Anda Menanam Pohon?

Hari Pohon Sedunia, Sudahkah Anda Menanam Pohon?

21 November diperingati sebagai hari pohon sedunia. Peringatan ini merupakan momentum pengingat betapa pentingnya peranan dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup, khususnya bagi manusia. Ditinjau dari kebermanfaatannya, banyak sekali manfaat dari pohon bagi kehidupan ini, dari mulai sebagai bahan pangan, sandang, membangun rumah, membuat perabotan dan persediaan oksigen.

Adapun tujuan dari peringatan hari pohon ialah untuk mengingatkan kepada manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk lainnya, untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir dan longsor, tempat hidup beragam jenis fauna, serta untuk menjaga dan membuat iklim mikro yang lebih baik.

Dilihat dari sejarahnya, hari pohon dunia diperingati untuk menghormati seorang aktivis lingkungan ternama yakni, Julius Sterling Morton seorang pecinta alam dari Amerika. Dalam hidupnya,

Morton begitu gigih dalam mengampanyekan gerakan menanam pohon dan sikapnya ini tentun memiliki alasan yang kuat, yakni setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi membutuhkan kontribusi pohon untuk bisa hidup.

Peringatan hari pohon sedunia tentunya harus menjadi momen bagi kita untuk mengingat kembali pentingnya pohon bagi kehidupan kita. Selanjutnya pada momen ini jua kita bisa kembali menumbuhkan semangat menanam pohon dalam kehidupan kita.

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan

“Menanam pohon” memberikan banyak sekali manfaat bagi planet yang menjadi tempat tinggal kita saat ini. Pohon juga merupakan solusi dari krisis iklim yang dialami. Dimana pohon ini menjadi teknologi yang paling hemat biaya dan terukur unttuk membantu memperlambat dan membalikkan perubahan iklim.

Selain banyak manfaat diatas, berikut adalah manfaat lain dari pohon yang bisa dirasakan dalam kehidupan.

1. Menyediakan pasokan oksigen atau udara segar

Pohon memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen alami. Dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon dan dibantu oleh sinar matahari, karbondioksida di udara akan diubah oleh pohon menjadi oksigen yang menjadi bahan utama untuk makhluk hidup bernafas.

Tanpa ada proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon, manusia dan makhluk hidup lainnya dapat dipastikan tidak dapat bernafas dengan lega. Kita bayangkan, ketika pohon berkurang dan jumlah populasi manusia terus bertambah mungkin kita akan kesulitan untuk bernafas dengan lega. Untuk itu, menjaga pohon sangat penting karena memang fungsi utama dari sebuah pohon adalah menghasilkan oksigen.

2. Mengendalikan suhu dan menyediakan air bersih

Pohon memiliki peran dalam mengendalikan suhu udara, dalam hal ini kita bisa membandingkan daerah perkotaan dan pedesaan. Dimana daerah perkotaan lebih panas dibanding daerah pedesaan yang sejuk dan segar. Hal itu dikarenakan dipedesaan lebih banyak pohon dibanding dengan daerah perkotaan, dengan demikian penting bagi kita untuk menanam pohon dimanapun itu.

Selanjutnya pohon juga memiliki sistem filtrasi yang dapat menyimpan dan memproses alami hampir seluruh posokan air bersih yang dibutuhkan oleh manusia.

3. Menenangkan jiwa dan pikiran

Manfaat selanjutnya dari pohon adalah dapat menenangkan jiwa dan pikiran. Ketika seseorang menghabiskan waktu dekat dengan alam dalam hal ini pohon-pohon yang rindang dapat membuat pikiran lebih tenang, positif dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan mendekatkan diri dengan alam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melihat manfaat pohon diatas tentunya hal ini harus menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk terus menanam, menjaga dan melestarikan pohon. Semoga peringatan hari pohon ini menumbuhkan semangat kita dalam menjaga dan melestarikan alam.