Hari Sumpah Pemuda, Ini Karakter Yang Harus Dimiliki Pemuda

Hari Sumpah Pemuda, Ini Karakter Yang Harus Dimiliki Pemuda

Pada 28 Oktober 1928 atau bertepatan pada 92 tahun yang lalu Sumpah Pemuda diikrarkan oleh golongan muda dalam Kongres pemuda II yang dilaksanakan pada 27- 28 Oktober 1928 di Batavia. Pada ikrar yang bertepatan pada 28 Oktober 1928 tersebut seluruh pemuda yang mewakili berbagai wilayah Indonesia menyetujui dan sepakat satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yakni Indonesia.

Sumpah Pemuda dalam sejarahnya menjadi tonggak dalam pergerakan menuju Indonesia merdeka dan menjadi sebuah gagasan pemersatu bangsa dari sabang sampai merauke.

Saat ini 92 tahun setelah ikrar Sumpah Pemuda diucapkan, kita sudah berada di zaman yang berkembang dan serba maju. Sebagai pemuda penerus bangsa jangan membuat kita terlena dengan apa yang ada dimuka bumi ini, jangan terlena dengan berbagai kemudahan yang ada saat ini. Dalam kemajuan dan perkembangan zaman ini, pemuda harus lebih berperan dan banyak mengeluarkan ide kreatif dan inovatifnya agar bangsa ini menjadi bangsa yang maju, bersatu dan disegani bangsa-bangsa lain.

Sebagai tombak peradaban, pemuda tentunya menjadi harapan untuk memajukan bangsanya sendiri. Tentunya pemuda dikenal sebagai sosok yang kuat dan tanggah serta memiliki gagasan-gagasan besar kedepannya, dalam hal ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat yang dilontarkan oleh tokoh pahlawan bangsa yakni ir. Soekarno yang mengatakan “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan seluruh dunia”.

Dalam menjaga dan memajukan bangsanya, tentunya seorang pemuda harus memiliki karakter yang baik dan kuat sehingga dapat menjadi penunjang dirinya dalam berkarya dan menuangkan ide-ide kreatifnya. Ditengah kemajuan teknologi yang pesat ini, tantangan para pemuda tentunya begitu besar, lalu apa saja karakter yang harus dimiliki oleh para pemuda saat ini? Berikut adalah 5 karakter yang wajib dimiliki oleh pemuda saat ini.

1. Kuat

Salah satu ciri dari seorang pemuda yang wajib dimiliki ialah kuat, baik itu secara fisik maupun ide dan gagasan. Dalam menjaga serta memajukan bangsa pemuda harus kuat dalam pendirian dan tekadnya, sehingga ia mampu mewujudkan apa yang dicita-citakan bangsanya dimasa yang akan datang.

2. Rajin

Rajin merupakan salah karakter yang wajib dimiliki oleh pemuda, sebab ketika seorang pemuda malas maka hal tersebut akan menjadi kelemahan yang teramat berbahaya, terlebih ditengah kemajuan global saat ini yang penuh tantangan dan mewajibkan semua orang harus mengeluarkan ide kreatifnya. Bagi para pemuda, libatkanlah diri kalian dalam kegiatan-kegiatan positif ditengah masyarakat sehingga mampu memberikan peran didalamnya.

3. Berjiwa sosial tinggi

Wajib diketahui bahwasannya karakter bangsa Indonesia ialah “Gotomg Royong”, tentunya dalam hal ini pemuda harus menjaga karakter bangsa ini dengan menumbuhkan kepekaan sosial dalam dirinya. Dalam hal ini, pemuda bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti terjun dalam kegiatan baksos dilingkungannya masing-masing dan juga bertegur sapa dengan orang-orang disekitarnya.

4. Rajin membaca

Jika melihat tingkat baca Indonesia di dunia, tentunya hal ini cukup memprihatinkan, dimana budaya baca di Indonesia masih sangat rendah. Sebagai pemuda, ada baiknya kita mencoba untuk menjadikan membaca sebagai budaya kita. Adapun sisi positif dari membaca ialah meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan dan juga menambah wawasan sehingga pikiran kita menjadi tidak monoton.

5. Disiplin dan pekerja keras

Disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan, dimana dengan disiplin seseorang akan mampu menjalankan perannya dengan baik dan memiliki arah kedepan. Selanjutnya, disiplin juga harus dibarengi dengan kerja keras sehingga apa yang menjadi tujuan bisa tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan.