You are currently viewing Hidup Berkah Penuh Ketenangan, Ini Manfaat Membaca Shalawat Kepada Nabi

Hidup Berkah Penuh Ketenangan, Ini Manfaat Membaca Shalawat Kepada Nabi

Manfaat Bershalawat Kepada Nabi – Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu amalan sunah, umat islam dianjurkan untuk memperbanyak dalam membacanya. Tak hanya manusia, Allah dan para malaikat juga senantiasa bershalawat kepada Nabi.

Allah SWT juga berfirman dalam Al Quran, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56).

Para ulama telah bersepakat atas banyaknya manfaat dan keutamaan dari membaca shalawat Nabi Muhammad SAW. Dimana manfaat dan keutaaman tersebut akan berpulang kembali kepada siapa saja yang membacanya.

Manfaat Bershalawat Kepada Nabi
Doa bersama rutin malam Jum’at Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah SWT akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak).”

Hadits diatas menjelaskan tentang keutamaan dari membaca shalawat bagi seorang mukmin. Dalam hadits ini disebutkan bahwa seorang yang senantiasa membaca shalawat kepada Nabi maka akan dihapuskan dosa serta ditinggikan derajatnya di surga kelak.

Selanjutnya, shalawat juga merupakan bentuk cinta seorang mukmin kepada Rasulullah SAW. Hal itu senada dengan apa yang dikatakan para ulama “Barangsiapa yang mencintai sesuatu maka dia akan sering menyebutnya.”

Masyaallah, betapa besarnya kasih sayang dan rahmat Allah kepada hamba-Nya. Siapa saja seorang mukmin dapat memperoleh ampunan dan derajat yang ditinggikan dengan ucapan yang penuh cinta yakni shalawat kepada Nabi SAW.

Sahabat, setiap waktu yang kita lalui tentunya tak ingin berlalu begitu saja tanpa pahala. Dengan demikian, sahabat bisa mengisi waktu-waktu shahabat dengan membaca shalawat. Berikut adalah beberapa manfaat diantara banyaknya manfaat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

1. Shalawat menjadi syarat dikabulkannya doa

Sahabat, diantara banyaknya manfaat shalawat ialah menjadi salah satu penyebab terkabulkannya doa. Hal itu dikarenakan shalawat ini menjadi salah satu syarat dikabulkannya doa.

Rasulullah SAW bersabda : “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Manfaat Bershalawat Kepada Nabi
Kegiatan doa bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Cabang Bogor.

2. Dikumpulkan di surga bersama Nabi

Jika memasuki surga menjadi cita-cita semua orang mukmin, maka betapa bahagianya seorang mukmin yang dikumpulkan bersama Nabi Muhammad SAW di surga kelak. Dimana memperbanyak bacaan shalawat dapat menjadi salah satu sebab berkumpulnya kita di surga bersama Rasulullah kelak. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa manusia yang berhak bersama nabi ialah orang yang paling banyak membaca shalawat kepada-Nya.

3. Mendapatkan syafaat Nabi

Setiap mukmin tentunya menginginkan syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad di hari akhir kelak. Adapun salah satu amalan yang dapat ditunaikan agar mendapat syafaatnya di hari akhir kelak ialah dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi.

Baca Juga : Doa Malam Jum’at yang Rutin Dibaca Rasulullah

4. Menghilangkan kesedihan

Hidup ini tak luput dari permasalahan dan persoalan, terkadang permasalahan dan persoalan tersebut mengantarkan kita pada jurang kesedihan yang mendalam. Merutinkan shalawat dalam keseharian tentunya dapat menghilangkan kesedihan dan mendatangkan ketenangan sehingga hidup yang kita jalani akan lebih bahagia.

Sahabat, diantara banyaknya amal yang dapat mendatangkan limpahan pahala dan ampunan Allah Ta’ala, shalawat dapat dijadikan sebagai amal keseharian yang dapat kita tunaikan. Semoga dengan memperbanyak shalawat kita semua mendapatkan kehidupan yang lebih berkah, dipenuhi ketenangan, serta mendapatkan syafa’at Nabi di hari akhir kelak.

Leave a Reply