Hidup Mulia Bersama Al-Qur’an, Ini Caranya

Hidup Mulia Bersama Al-Qur’an, Ini Caranya

Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi umat islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Allah swt. memerintahkan kepada umat-Nya untuk mempelajari, memahami dan berpegang teguh pada Al-Qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan. Selain sebagai pedoman, Al-Qur’an juga merupakan obat hati dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Allah swt. berfirman :

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus : 57).

Al-Qur’an juga merupakan salah satu dari dua warisan Rasulullah Saw. bagi umat islam, barang siapa yang berpegang teguh kepadanya maka ia tidak akan tersesat dan sebaliknya. Segala sesuatu yang berhubungan dan berkaitan dengan Al-Qur’an pasti akan menjadi mulia dan dimuliakan oleh Allah swt. Sebagai umat muslim yang ingin menjadi mulia di sisi-Nya dan bahkan dikalangan lainnya, haruslah senantiasa dekat dengan Al-Qur’an.

Berikut adalah 6 cara yang bisa ditempuh untuk lebih dekat dengan Al-Qur’an dan mulia bersamanya.

Membaca

Membaca Al-Qur’an akan mendatangkan banyak kebaikan, salah satu yang paling utamanya ialah AL-Qur’an akan datang memberi syafa’at kepada pembacanya pada hari kiamat. Setiap huruf yang dibaca dalam Al-Qur’an akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan.

Selanjutnya, membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar juga dapat mendatangkan ketenangan dan kedamaian dalam hati dan jiwa serta menjadikannya merasa lebih dekat dengan Allah. Sebagai Asy-Syifa atau obat Al-Quran juga akan mengurangi kesedihan yang berlarut-larut bagi seorang hamba yang membacanya.

Membaca Terjemah dan Tafsir

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi seorang muslim, untuk memahaminya kita perlu membaca terjemahan dan tafsirnya sehingga bisa menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat membaca terjemahan dan tafsir dari seorang ulama yang berpengetahuan dan ahli dalam bidang tersebut. Tafsir juga membantu kita dalam mengungkap rahasia Al-Qur’an dan menjelaskan makna tersembunyi yang ada didalamnya.

Menghafal

Menghafal Al-Qur’an merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan agar lebih dekat dengan Al-Qur’an. Selanjutnya memiliki hafalan Al-Qur’an juga memungkinkan kita untuk bersenandung saat merasa sedih dan berdo’a sepanjang malam. Adapun bagi seorang hamba yang tidak memiliki hafalan sama sekali didalam hatinya, maka hatinya tersebut seperti rumah yang hancur.

Dari Abdullah Ibn ʻAbbas r.a. mengatakan Rasulullah SAW bersabda: “Dia yang tidak menghafal satu bagian pun dari Alquran, seperti rumah yang hancur,” (HR At-Tirmidzi).

Mendengarkan dengan Khusyu dan Penuh Perhatian

Mendengarkan ALQur’an dengan seksama ketika ada seseorang yang membaca atau menejelaskan isi dan maknanya merupakan salah satu cara terbaik untuk merenungkan Al-Qur’an. Allah swt. berfirman :

“Apabila dibacakan Al-Quran, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.” (QS. Al-A’raf :204).

Mengajarkan pada Orang Lain

Mengajarkan Al-Qur’an merupakan sesuatu yang mulia. Rasulullah saw. bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Mengaplikasikan  Dalam Kehidupan

Sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari kita, mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an merupkan sebuah keharusan. Selanjutnya kita juga sangat perlu untuk terus berpegang teguh pada Al-Qur’an.

Didalam Al-Qur’an terdapat berbagai panduan dalam menjalani kehidupan dari mulai memenuhi perjanjian, mengambil pinjaman, meninggalkan warisan, membalas kejahatan dengan kebaikan, pernikahan dan bahkan seruan untuk mendakwahkan islam.

Didalam Al-Qur’an juga terdapat prinsip-prinsip pengasuhan anak yang shaleh dan bersedekah. Semua tentang tata cara menjalani hidup damai telah dijelaskan dalam Al-Qur’an, semoga kita bisa memahaminya serta mengamalkannya.

Semoga keenam cara diatas dapat kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita bisa lebih dekat dengan Al-Quran dan mendapatkan berbagai keutamaannya. Semoga juga dengan kedekatan kita bersama Al-Qur’an mendatangkan kesehatan, keberkahan serta kemuliaan disisi-Nya. Aamiin.