You are currently viewing Hikmah Sedekah Mampu Atasi Rasa Gelisah

Hikmah Sedekah Mampu Atasi Rasa Gelisah

Sedekah Mampu Atasi Rasa Gelisah – Sahabat, rasa gelisah bisa datang pada diri kita kapan saja dan dimana saja.  Diantara penyebabnya ialah kurang bersyukur dan banyaknya dosa. Dengan demikian, cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi atau supaya terhindari dari rasa gelisah ialah dengan meningkatkan rasa syukur dan melakukan amal baik.

Sedekah merupakan amal shaleh yang dapat menjadi wasilah diangkatnya rasa gelisah yang ada dalam hati seseorang. Sedekah sendiri memiliki arti suatu pemberian dari seseorang pada orang yang membutuhkan secara sukarela tanpa mengharap apapun kecuali ridha Allah Taala. Allah SWT berfirman :

“Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah : 274).

Hikmah Sedekah Mampu Atasi Rasa Gelisah
Santunan anak yatim di Pondok Bambu.

Ayat diatas menerangkan tentang anjuran untuk melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi serta salah satu manfaat sedekah yakni mengangkat rasa geliah atau khawatir yang ada dalam diri manusia.

Sahabat, disaat kita menunaikan sedekah pada orang yang membutuhkan, pada hakikatnya kita sedang berniaga dengan Allah dan tentu perniagaan ini tak akan mengantarkan kita pada kerugian. Berikut adalah beberapa alasan kenapa sedekah mampu atasi rasa gelisah bagi para penunainya.

1. Sedekah memberikan ketenangan jiwa

Ketenangan hati atau ketenangan jiwa merupakan kondisi yang diimpikan oleh setiap orang. Begitupun hikmah dari menunaikan sedekah ialah akan terhindar dari perasaan bingung atau perasaan bimbang karena urusan dunia.

Orang yang senantiasa bersedekah hatinya akan dihiasi dengan ketenangan dan katentraman sehingga hidup yang dijalaninya akan terasa aman dan damai.

2. Memberikan perasaan bahagia

Segala bentuk pemberian yang bermanfaat bagi orang lain tentunya akan mendatangkan perasaan bahagia pada orang yang melakukannya. Terlebih ketika seseorang memberikan bantuan pada orang lain dengan sedekah yang diberikannya, maka perasaan lega dan bahagia tersebut secara alami akan muncul karena sudah menolong orang lain.

3. Mendapat derajat yang tinggi

Sedekah tentu tak akan mengurangi harta dan menjadikan pelakunya jatuh miskin, sebaliknya Allah menjanjikan balasan yang berlipat ganda serta akan mengangkat derajat orang yang menunaikannya.

Baca Juga : Menyambut Tahun Baru 2022, Lakukan 3 Hal Ini

Sahabat, sedekah merupakan kebaikan yang amat dianjurkan oleh seorang muslim. Banyak kisah yang mengatakan bahwa suatu saat akan ada orang yang telah meninggal dunia dan meminta kepada Allah untuk dikembalikan lagi ke bumi walau hanya sesaat untuk menunaikan sedekah.

Sekecil apapun yang sedekah yang kamu tunaikan akan Allah catat sebagai pahala kebaikan. Di awal tahun ini, mari kita mulai membiasakan diri untuk istiqamah dalam menunaikan sedekah. Semoga di tahun ini seluruh harapan dan cita-cita sahabat semuanya dikabulkan oleh Allah. Aamiin

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply