You are currently viewing Hikmah Sedekah Subuh, Tolak Keburukan dengan Menyegerakan Kebaikan

Hikmah Sedekah Subuh, Tolak Keburukan dengan Menyegerakan Kebaikan

Hikmah Sedekah Subuh – Sebagai amal shaleh yang memiliki banyak keutamaan, sedekah juga merupakan amal kebaikan yang menjadi salah satu cara untuk menolak malapetaka. Selanjutnya, Rasulullah juga menyebutkan bahwa sedekah menjadi tanda seseorang beriman kepada hari akhir.

Pada dasarnya sedekah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama serta dalam jumlah berapapun. Namun, salah satu ulama Indonesia ada yang menyerukan serta menjelaskan betapa utamanya sedekah di waktu shubuh. Sedekah subuh memiliki hikmah yang sangat besar bagi seorang muslim karena di waktu shubuh ada dua doa yang dipanjatkan malaikat.

Hikmah dari sedekah yang ditunaikan pada waktu subuh ialah akan mendatangkan doa yang baik dari para malaikat yang saat itu turun untuk mendoakan orang beriman yang menunaikan sedekah di waktu yang mulia tersebut.

Hikmah Sedekah subuh

Berkaitan dengan sedekah subuh, Rasulullah Saw bersabda dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim sebagai berikut.

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada dua malaikat yang turun, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Sementara yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383.

Salah satu hikmah yang dapat kita ambil dari sabda Nabi diatas adalah betapa dahsyatnya sedekah yang dilakukan di waktu subuh, ia menjadi salah satu wasilah datangnya kebaikan dan mencegah keburukan.

Sahabat, pada dasarnya sedekah merupakan perbuatan baik, Allah memerintahkan pada hamba-Nya untuk bersegera dalam berbuat kebaikan khususnya sedekah. Allah dalam firman-Nya menggolongkan orang-orang yang menyegerakan kebaikan dalam golongan orang yang khusyuk dalam berdoa.

Tidak ada satupun manusia yang mengetahui apa yang akan terjadi satu menit, satu jam, atau bahkan satu hari kemudian. Sebab itu, Rasulullah juga memerintahkan umatnya untuk bersegera dalam menunaikan kebaikan sebelum datangnya fitnah.

Baca Juga : Sedekah di Hari Jumat Pahalanya Sama Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan

Rasulullah bersabda “Bersegeralah melakukan amal saleh sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia.” HR. Muslim no. 118.

Bersegera dalam kebaikan dan sedekah, dalam hal ini menunaikan sedekah di waktu subuh merupakan salah satu cara untuk menolak keburukan dan menjemput kebaikan-kebaikan yang bisa saja hadir pada hari itu.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply