You are currently viewing Mengenal Hukum Infak dalam Islam

Mengenal Hukum Infak dalam Islam

Rahmatanlilalamin.or.id – Infak adalah salah satu bentuk pemberian yang dilakukan untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan ataupun hal-hal lain yang diperintahkan dalam ajaran Islam. Jenis pemberian ini dilakukan dengan cara mengeluarkan sejumlah harta yang dimiliki oleh seorang Muslim kepada orang disekitar terutama orang yang membutuhkan. Lalu, bagaimana hukum infak dalam Islam? Simak penjelasannya berikut ini.

Hukum Infak dalam Islam

Hukum berinfak terbagi menjadi dua yakni infak wajib dan sunnah. Infak wajib adalah jenis pemberian yang sifatnya wajib untuk dilakukan contohnya adalah membayar zakat, kafarat, nadzar dan lain-lainnya. Jumlah yang harus dikeluarkannya pun memiliki aturan atau kadar tertentu yang harus dipenuhi. Contohnya zakat yang memiliki jumlah tertentu yang harus dikeluarkan, selain itu pada zakat juga terdapat haul dan nishab yang harus dipenuhi.

Kemudian, infak sunnah adalah jenis pemberian yang hukumnya sunnah, artinya seorang Muslim yang mengerjakan akan mendapat pahala dan yang tidak mengerjakan tidak berdosa. Contoh jenis pemberian ini adalah infak kepada fakir miskin, korban bencana alam, donasi kemanusiaan, dan jenis pemberian atau bantuan lainnya. Tidak ada ketentuan mengenai jumlah dalam jenis pemberian ini, artinya ia dapat dikeluarkan kapan saja dan dalam jumlah berapa saja.

Dari sisi penerima manfaat, infak wajib dan sunnah memiliki perbedaan. Pemberian yang sifatnya wajib seperti zakat ia wajib diberikan kepada mustahik zakat yang terdiri dari 8 asnaf, kemudian pemberian yang sifatnya sunnah dapat diberikan kepada siapa saja misalkan korban bencana, kedua orang tua, anak yatim, anak asuh, dan lain sebagainya.

Keutamaan Bagi Orang yang Berinfak

Berinfak merupakan ibada sosial yang dapat dilakukan oleh seorang Muslim, seorang Muslim yang mengerjakannya akan mendapatkan berbagai keutamaan berikut ini.

1. Berinfak dapat membersihkan hati

Orang yang mengeluarkan hartanya untuk berinfak di jalan Allah akan dibersihkan hati dan hartanya dari hal-hal yang tidak baik. Dalam hal ini, seorang Muslim yang dengan ikhlas berinfak pada hakikatnya sedang membersihkan dirinya dari sifat negatif seperti kikir, rakus, tamak, hasad, dan sifat negatif lainnya.

2. Pahala berlipat ganda

Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-Nya yang dengan ikhlas berinfak atas harta yang dimilikinya. Dalam hal ini, kita dapat merujuk pada firman Allah Ta’ala berikut ini.

“Perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakannya bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas dan Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 261).

3. Menjadi sebaik-baik manusia

Berinfak menjadi salah satu cara agar mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi yang lainnya, yang mana manusia yang bermanfaat tersebut disebutkan dalam sebuah hadits sebagai sebaik-baik manusia. Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah r.a. Dishahihkan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitab: As-Silsilah Ash-Shahîhah)

4. Menumbuhkan rasa syukur

Infak yang pada umumnya diberikan kepada orang yang membutuhkan terkadang menjadi pembelajaran bagi penunainya untuk lebih bersyukur. Pasalnya, ketika melihat ke bawah ternyata masih banyak orang lain yang nasibnya tidak sebaik dirinya. Dengan bersyukur, seseorang akan terhindar dari sifat kufur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya.

5. Memberikan ketenangan hati

Infak juga dapat menjadi obat penenang hati. Selain karena telah mengeluarkan hak orang lain yang berada dalam harta kita, infak juga menjadi sumber ketenangan tersendiri.

Bisa jadi ketenangan tersebut berkat doa terbaik yang datang dari para penerima manfaat infak tersebut yang tulus mereka panjatkan kepada kita.

Program Infak Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengajak sahabat sekalian untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disalurkan pada berbagai program pemberdayaan dan bantuan sosial. Berikut adalah beberapa program sosial yang bisa sahabat ikuti bersama kami.

1. Infak Kemanusiaan

Infak kemanusiaan adalah program infak yang ditujukan untuk membantu berbagai masalah kemanusiaan seperti bantuan korban bencana, bantuan masyarakat pra sejatera, dan bantuan kemanusiaan lainnya.

2. Infak Pendidikan

Infak pendidikan ditujukan untuk mengadakan bantuan pendidikan terhadap yatim dan dhuafa guna mendapatkan akses pendidikan yang mudah.

3. Infak Kesehatan

Infak kesehatan ditujukan untuk penanganan kesehatan seperti cek kesehatan dan pengobatan gratis terhadap yatim dan dhuafa.

Mari luaskan kebermanfaatan dengan berkontribusi dalam program kami, sahabat dapat berinfak secara online dengan mengakses tautan di bawah ini.

Infak Sekarang

Leave a Reply