Ibadah Qurban Di Tengah Mewabahnya Pandemi
Kurban adalah salah satu ibadah yang paling utama di bulan Dzulhijjah

Ibadah Qurban Di Tengah Mewabahnya Pandemi

Tak lama lagi Hari Raya Idul Adha akan hadir menyapa, seluruh umat islam menyambutnya penuh suka cita dengan berkurban. Ibadah Kurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan kepada orang-orang beriman pada hari raya Idul Adha, selain itu ibadah kurban juga merupakan napak tilas dari perjalanan seorang ayah dan anak yang saling mencintai di jalan Allah yakni Nabi Ibrahim AS. dan Ismail AS.

Oleh karena itu diantara hikmah dari ibadah kurban selain melatih kerelaan seorang hamba untuk mengeluarkan harta yang dimilikinya dan menyembelih sifat kebinatangan dalam diri, juga merupakan mengandung nilai historis, pendidikan keluarga dan spiritualitas seorang hamba terhadap Allah swt.

Perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini jelas sangat berbeda, perjalanan Jemaah haji untuk saat ini dibatasi hanya untuk sebagian orang saja arenadikkan pandemi covid-19 yang mengancam keselamatan jiwa. Pupus sudah harapan jema’ah haji tahun ini untuk menjadi tamu Allah (dhuyufur rahman) yang telah menyiapkan diri sejak lama dan bahkan menabung bertahun-tahun lamanya.

Hal itu diperjelas dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang telah mengumumkan mengenai pembatasan jema’ah haji tahun ini serta Menteri Agama Republik Indonesia yang juga memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jema’ah haji tahun ini.

Mungkin tidak sedikit yang merasa sedih bahkan kecewa, namun dibalik itu semua kita harus melihat wabah ini dari kaca mata tauhid, bahwasannya segala bentuk musibah dan wabah datang dengan seizin Allah swt.

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” QS. Ath-Thagabun : 11

Selanjutnya sebagai seorang yang beriman kepada Allah swt. kita juga harus merenungi bahwasannya bisa jadi apa yang kita sukai ada kebaikan dan hikmah yang terkandung didalamnya.

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. QS. Al-Baqarah :216

Ketika para jema’ah haji gagal menunaikan ibadah haji pada tahun ini, mereka bisa menunaikan salah satu perintah agama yang sangat dianjurkan dan dicintai oleh Allah swt. pada hari raya Idul Adha yakni menyembelih hewan kurban.

Ibadah kurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama, khususnya bagi seorang muslim yang mampu. Rasulullahpun mengecam kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan dalam harta kemudiian enggan untuk melaksanakan ibadah kurban. Hal itu sebagaimana bterdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmada sebagai berikut.

Barang siapa mempunyai kelapangan untuk berkurban, tetapi ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”

Kurban Sebagai Sedekah

Pelaksanaan ibadah kurban selalu memberi kesan tersendiri bagi pekurban maupun bagi penerima manfaatnya. Terlebih ditengah masa-masa sulit di pandemi kali ini, berkurban merupakan salah satu cara untuk bersedekah serta saling meringankan beban dengan sesama.

Untuk itu bagi seorang muslim yang saat ini mampu untuk berkurban maka sebaiknya menunaikan kurban terbaiknya pada tahun ini. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu dan kemudian tetap berupaya untuk melaksanakan ibadah kurban ia akan diberikan ganjar yang berlipat ganda. “Apakah sedekah yang paling utama?” Baginda SAW menjawab, “Sedekah orang yang dalam kekurangan.” (HR an-Nasa`i).

Kurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Sebagai salah satu bentuk suka cita dalam menyambut hari raya Idul Adha, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengadakan program Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa’ dengan beberapa kegiatan berikut.

Menyediakan dan mengumpulkan hewan qurban dari partisipan dan para donatur yayasan

Melaksanakan penyembelihan hewan qurban

Medistribusikan hewan/daging qurban kepada kaum dhuafa’/fakir miskin dan anak-anak yatim binaan yayasan (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Karawan dan Pelosok Indonesia).

Yuk berkurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dan dapatkan berbagai kemudahannya.