You are currently viewing Jangan Boros, Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian

Jangan Boros, Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian

Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian – Setiap orang pasti menginginkan seluruh penghasilannya mendatangkan keberkahan dan kebaikan untuk dirinya baik untuk saat ini atau masa yang akan datang. Bagi orang yang beriman tentunya agar hidup ini berkah dan selalu berada dalam kebaikan maka segala aspek kehidupan yang dijalaninya harus dijalankan sesuai dengan ajaran dan syariat islam, termasuk mengatur keuangan.

Dalam hal ini, islam telah menetapkan ajaran-ajaran bagaimana seseorang mengatur keuangan yang mendatangkan keberkahan serta kebaikan. Tujuan dari penetapan ini adalah agar umat islam tidak salah dalam melakukan atau mengelola semua penghasilannya sehingga menjadikan hidup lebih sejahtera.

Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian

Salah satu bentuk dari kesalahan dalam mengelola keuangan ialah sifat boros. Sifat boros terkadang datang saat kita menerima penghasilan dan berpersepsi bahwa setiap yang diinginkan adalah sesuatu yang dibutuhkan. Sifat boros tentunya merupakan sifat yang tidak baik dan perlu dihindari karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang senantiasa dilakukan oleh syaitan.

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

Islam melarang segala segala sesuatu yang berlebihan, termasuk sifat boros. Sifat boros menjadi salah satu faktor tumbuhnya perilaku konsumtif dalam diri yang sangat merugikan.

Agar tidak boros, kita dianjurkan untuk membeli segala kebutuhan sesuai dengan kadarnya, tidak kurang dan tidak lebih. Kita juga dianjurkan untuk menghindari segala bentuk pembelian yang tidak diperlukan dan memanfaatkan apa yang ada untuk mencukupi kebutuhan diri terlebih dahulu.

Agar terhindari dari perilaku dan sifat boros, lakukan empat hal berikut ini saat kamu gajian.

1. Menyisihkan penghasilan investasi

Investasi menjadi salah satu hal yang bisa sahabat lakukan agar terhindar dari perilaku konsumtif dan boros. Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Selain itu, investasi juga merupakan sebuah langkah awal untuk membangun perekonomian, baik untuk diri sendiri maupun dalam ruang lingkup negara.

Banyak sekali manfaat dari investasi yang bisa didapatkan antara lain, membangun kehidupan masa depan, memiliki penghasilan tetap, memperkecil resiko terjerat hutang, dan membangun kebahagiaan hidup keluarga. Dalam berinvestasi sahabat bisa memilih tempat atau perusahaan terpercaya untuk menginvestasikan sebagian dari penghasilan sahabat.

2. Menabung

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

Tentunya kita semua mengingat slogan menabung pangkal kaya. Hal itu merupakan sesuatu yang benar adanya bahwa menabung memiliki banyak keuntungan untuk kehidupan kedepannya. Meski awalnya terasa sulit, manfaat menabung baru akan dirasakan jika uang yang ditabung sudah terkumpul banyak.

Lakukan Empat Hal Ini Saat Kamu Gajian

Dengan menabung, sahabat dapat memiliki uang cadangan yang bisa digunakan kapan saja. Untuk itu, mulailah menabung sedikit demi sediikit, misalnya Rp5000 perhari maka sebulan kita akan mendapatkan Rp150.000 dan setahun Rp1.8 juta. Tentunya jumlah tersebut lumayan besar dan bisa digunakan kapanpun saat diperlukan.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan menjadi salah satu faktor terpenting yang dapat menghindarkanmu dari sifat boros. Dalam hal ini, sahabat bisa mencatat seluruh kebutuhan sahabat sebelum berbelanja ataupun membuat skala prioritas agar bisa belanja dengan efektif. Dengan membuat skala prioritas sahabat bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, dan tentunya kebutuhan harus diutamakan daripada keinginan.

Baca Juga : Empat Amalan Ini Menjadi Magnet Penarik Rezeki, Apa Saja?

4. Sedekah

Sedekah menjadi salah satu instumen yang dapat mensucikan harta. Hal tersebut dikarenakan pada sebagian penghasilan kita terdapa hak orang lain yang wajib dikeluarkan, utamanya jika penghasilan kita telah mencapai nisab zakat maka kita wajib mengeluarkannya sebanyak 2.5% kepada orang-orang yang membutuhkan.

Oleh karena itu, sisihkanlah sebagian dari penghasilanmu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, baik secara langsung ataupun melalui lembaga penghimpun donasi yang berada di sekitarmu ataupun bisa donasi secara online di berbagai platform yang tersedia.

Sahabat, Yuk jadikan penghasilanmu lebih berkah dengan menunaikan sedekah. Sahabat bisa menunaikannya dengan cara mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply