You are currently viewing Jangan Lewatkan Dzikir Pagi dan Petang, Ini Manfaatnya

Jangan Lewatkan Dzikir Pagi dan Petang, Ini Manfaatnya

Jangan Lewatkan Dzikir Pagi dan Petang – Sahabat, tak ada lagi rasa aman yang paling membuat hati kita tenang kecuali berada dalam lindungan dari-Nya. Setiap insan tentu menginginkan dirinya berada dalam jaminan keamanan dari-Nya, dijauhkan dari segala bahaya, ketakutan, serta kelaparan.

Tidak ada ucapan yang menenangkan hati kecuali hanya dzikir yang dilantunkan untuk memuji dan mengagungkan-Nya. Rasa aman dan tenang keduanya merupakan  buah atas dzikir yang telah dilantunkan oleh seorang hamba.

Berdzikir mengingat Allah merupakan salah satu amalan ringan yang dianjurkan di setiap saat bagi seorang muslim, baik itu dalam kondisi duduk, berdiri, bahkan berbaring sekalipun. Berdzikir juga merupakan amalan yang dapat mendekatkan seorang hamba dengan Allah SWT. Sungguh, hidup ini akan semakin terasa tenang dan nyaman saat kita dekat dengan Allah.

Jangan Lewatkan Dzikir Pagi dan Petang
Doa bersama dan santunan rutin Yayasan Rahmatan Lil-Alamin.

Dalam melantunkan dzikir, ada dua waktu yang utama bagi seorang muslim untuk melantunkan dzikir yakni waktu pagi dan waktu petang. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42 sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Selanjutnya, Rasulullah juga menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa menggunakan waktu pagi dan petang untuk berdzikir serta melakukan ibadah lainnya.

 “Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah. (HR. Bukhari 39).

Waktu pagi dan sore adalah dua waktu yang memiliki keutamaan. Keduanya juga merupakan dua waktu pergantian hari, dari gelap menjadi terang dan dari terang menjadi gelap. Mengingat hal itu, manusia membutuhkan perlindungan dari Allah untuk melintasi waktu malam dan siang.

Mengenai waktu tepatnya, Allah telah sebutkan di dalam QS Thaha: 130. “Bersabarlah terhadap komentar yang mereka ucapkan, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari.

Sahabat, jangan lewatkan dzikir pagi dan petang. Banyak sekali keutamaan yang telah Allah janjikan bagi hamba-Nya yang senantiasa merutinkan amalan dzikir pagi dan petang seperti mendapat ketenangan, melapangkan hati, menghapus rasa gelisah, menghapus sifat hasad dan dengki dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kiat Mengelola Bisnis Ala Abdurrahman bin Auf

Ibnu Qoyyim mengatakan, “Zikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, dimana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.”

Sahabat, mari kita meluangkan waktu kita beberapa menit saja untuk merutinkan dzikir pagi dan petang. Semoga dengan melantunkan dzikir di waktu dan petang kita semua semakin dekat dengan Allah dan seluruh hajat kita dikabulkan oleh-Nya. Aamiin.

Leave a Reply