You are currently viewing Jangan Sampai Terlewatkan, Ini Lima Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Jangan Sampai Terlewatkan, Ini Lima Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan – Sahabat, sarapan pagi menjadi rutunitas yang teramat penting bagi seseorang sebelum menjalankan aktivitasnya. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang melewatkannya dengan alasan terburu-buru atau tidak nafsu makan di pagi hari. Padahal, jika ditinjau dari segi kebermanfaatannya, sarapan pagi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaatnya? Salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari sarapan pagi ialah menjadi sumber energi, yang mana energi tersebut akan menjadi penunjang seluruh aktivitas kita seharian.

Ibaratkan bahan bakar dalam kendaraan bermotor, sarapan pagi sangat diperlukan untuk mengembalikan kembali energi setelah semalaman tidur dan pada saat yang sama menyebabkan perut menjadi kosong.

Bagi seseorang yang merutinkan sarapan pagi secara teratur, ia akan memiliki kemungkinan yang besar untuk mengonsumsi cukup vitamin dan mineral. Lebih dari itu, masih ada beberapa manfaat sarapan pagi lainnya bagi kesehatan antara lain sebagai berikut.

1. Menghindarkan tubuh dari penyakit

Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah menghidarkan diri dari berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan seseorang yang terbiasa melewatkan pagi tanpa sarapan akan memiliki kadar kolestrol jahat yang tinggi dalam tubuh. Dengan demikian, sarapan menjadi penting dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Adapun menu yang dianjurkan saat sarapan pagi ialah gandum utuh atau biji-bijian dengan campuran susu. Hal itu dikarenakan makanan tersebut memiliki tugas untuk mengikat kolestrol jahat pada tubuh agar bisa keluar dengan cepat sebelum mencapai arteri.

2. Meningkatkan fokus

Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan

Penting bagi setiap orang untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitasnya, hal itu dikarenakan sarapan dapat membantu meningkatkan fokus dan kemudian mendorong seseorang untuk lebih produktif.

Adapun bagi seseorang yang melewatkan paginya tanpa sarapan, hal tersebut akan menjadi penyebab turunnya daya pikir seseorang. Akibatnya, aktivitas seseorang menjadi terganggu karena menurunnya produktivitas.

3. Menjaga dan menurunkan berat badan

Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan

Kebanyakan orang meninggalkan sarapan karena ingin menurunkan berat badan, namun pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang keliru sebab meninggalkan sarapan pagi bisa jadi pemicu bertambahnya berat badan. Saat seseorang mengonsumsi sarapan pagi, maka saat siang ia tidak akan terlalu merasakan lapar sehingga akan terhindar dari keinginan makan berlebih pada jam makan siang.

Lain halnya saat seseorang melewatkan sarapan pagi, ia akan bisa merasa sangat lapar di siang hari sehingga ia akan mengonsumsi banyak makanan di siang hari dan bahkan makanan yang dikonsumsinya bisa jadi tinggi kalori. Kondisi tersebut dapat menjadikan berat badan lebih cepat bertambah.

Baca Juga : Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan

4. Mencukupi kebutuhan  nutrisi dalam tubuh

Meninggalkan sarapan pagi akan menjadikan kebutuhan harian tubuh sesoorang sulit terpenuhi. Sebaliknya, orang yang rutin sarapan pagi akan lebih mudah terpenuhi kebutuhan nutrisu tubunya secara menyeluruh seperti asupan serat, kalsium serta vitamin.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif otak

Manfaat sarapan

Sarapan pagi merupakan asupan utama bagi seseorang setelah ia berpuasa selama satu malam penuh. Diantara manfaatnya ialah dapat meningkatkan konsentrasi pada otak. Hal itu dikarenakan pada saat sarapan pagi otak kembai mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya dalam bentuk glukosa dan glikogen.

Setelah itu, otak akan mengirimkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas pada hari itu. Perlu sahabat ketahui, ketika seseorang melewatkan sarapan pagi maka kebutuhan glukosanya memiliki kemungkinan tidak terpenuhi sehingga ia akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan merasa cepat lelah.

Leave a Reply