You are currently viewing Jangan Tinggalkan Tiga Perkara Ini Walaupun dalam Kondisi Sulit

Jangan Tinggalkan Tiga Perkara Ini Walaupun dalam Kondisi Sulit

Jangan Tinggalkan Tiga Perkara Ini – Kehidupan yang kita jalani saat ini tak akan pernah terlepas dari kebahagiaan dan kesulitan. Saat ini kita mungkin merasa bahagia, namun esok hari bisa jadi kita berada dalam kondisi yang sulit atau sedih. Bahagia ataupun sedih, semuanya hanyalah sebuah ujian yang terpenting disini ialah bagaimana seseorang menyikapinya.

Pada dasarnya, apapun kondisi yang dihadapi bahagia ataupun sedih, keduanya harus kita hadapi. Bersyukur ketika diberikan kebahagiaan dan bersabar kala diberikan kesulitan.

Mungkin diantara kita masih banyak yang hanya bersyukur disaat diberikan kenikmatan yang manis seperti kesehatan, rezeki yang lancar dan lainnya. Namun, kita akan merasa kesal tatkala berada dalam kesulitan.

Sahabat, segala hal yang dijalani saat ini nyatanya harus selalu kita imbangi. Disaat diberi nikmat misalkan berupa kebahagiaan maka kita harus mengimbanginya dengan bersyukur. Selanjutnya, saat diberikan ujian dan cobaan, kita dianjurkan mengimbanginya dengan bersabar dan tetap ikhlas.

Tak  bisa dipungkiri bahwasannya kondisi sulit merupakan kondisi yang sangat kita hindari. Dan ada saatnya kondisi sulit itu akan datang pada setiap orang. Saat berada dalam kondisi yang sulit, jangan pernah tinggalkan tiga perkara di bawah ini agar kamu menjadi orang yang beruntung.

1. Sedekah

Meskipun dalam kondisi yang sempit, jangan meninggalkan atau berhenti untuk menunaikan sedekah. Meski menurut logika bahwa sedekah saat kondisi sempit dapat menjadikan pelakunya bertambah sengsara. Namun tidak menurut Allah, jika kamu bersedekah dalam kondisi yang sulit Allah akan menggantinya dengan kemudahan jalan rezeki dan bahkan melipatgandakannya.

Jangan Tinggalkan Tiga Perkara Ini
Tetap sedekah walaupun alam keadaan sulit.

2. Senyum

Kondisi sulit terkadang menjadikan suasana hati menjadi sedih dan hal tersebut merupakan salah satu yang sudah melekat pada manusia. Meski dalam kondisi sedih, tetaplah pancarkan senyuman di wajahmu. Cukuplah Allah dan dirimu sendiri yang mengetahui kondisi hatimu dan jangan sampai menjadi sesuatu yang dapat menyusahkan orang lain.

Lebih dari itu, saat kamu mampu tetap senyum dalam kondisi yang sedih, di saat itu juga kamu akan mampu menebarkan kebahagiaan pada orang lain. Selain bermanfaat bagi orang lain, menebar kebahagiaan juga dapat mendatangkan rasa bahagia pada diri sendiri dan menggantikan perasaan sedih dalam diri.

3. Berprasangka Baik

Saat diberi ujian berupa kesulitan, tetaplah berprasangka baik kepada Allah. Yakinilah bahwa ujian yang diberikannya jika dilalui dengan kesabaran akan menjadikan kita lebih kuat lagi di masa yang akan datang.

Selain itu, kamu dengan tetap berprasangka baik kamu juga akan memahami bahwa Allah memberikan coban berupa kesulitan tujuannya ialah agar kamu tidak terlena dalam urusan dunia. Hal itu dikarenakan jika kamu tidak diberi ujian, bisa jadi kamu akan terlena dengan urusan dunia dan bahkan melupakan Allah.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply